Tips Mengembangka Kecerdasan Balita Untuk Otak Kanan Melalui Mainan

erika2

New member
lego.jpg


Promomainan - Mainan untuk otak kanan balita 2-5 tahun sangat efektif untuk meningkatkan perkembangan otak kanan pada anak. Tidak seperti otak kiri, otak kanan merupakan pengontrol kemampuan artistik. Seseorang yang otak kanannya lebih dominan cenderung lebih menyukai seni, kreatif and spontan. Bukan berarti perkembangan otak kiri tidak penting, tetapi kita perlu menyeimbangkan perkembangan otak kanan dan kiri. Nah, di artikel ini akan kita bahas beberapa mainan untuk balita usia dua sampai lima tahun.
Pentingnya Mainan Untuk Otak Kanan Balita 2-5 Tahun

Pendidikan anak usia dini sangatlah penting. Dalam hal mengembangkan otak kanan, balita seringkali sulit diajak untuk belajar, maka dari itu mainan sangat penting. Mainan akan sangat menyenangkan bagi balita dan mereka bisa belajar sambil bermain. Apalagi, dunia anak adalah dunia bermain, jadi penggunaan mainan sangat tepat untuk mengembangkan otak kanan balita.

Mainan untuk otak kanan balita 2-5 tahun tidak harus rumit dan mahal. Jika Anda bermaksud membeli, memang banyak sekali beredar di pasar mainan sejenis ini. Namun, dalam pemilihan juga harus jeli, karena mainan yang ada mungkin tidak tepat untuk anak Anda yang berusia 2-5 tahun. Dalam hal ini orang tua harus juga berperan dalam memilih dan mengajarkan jenis mainan kepada anak. Orang tua harus membimbing secara sabar dan rutin dalam menggunakan mainan agar mainan tersebut benar-benar meningkatkan perkembangan otak kanan balita Anda.
Ragam Mainan Untuk Otak Kanan Balita 2-5 Tahun

Ada beberapa mainan yang bisa Anda pilih. Pada dasarnya, mainan untuk usia 2-5 tahun berbeda dengan mainan usia di bawah dua tahun. Seiring perkembangan otak, balita usia 2-5 tahun sudah waktunya diberikan jenis mainan seperti mencocokkan bentuk, menghubungkan balok, menggabungkan balok, dan lain-lain. Mainan-mainan seperti ini sangat sederhana dan tidak memerlukan biaya yang mahal untuk membelinya.

Pada usia dua sampai lima tahun, balita juga sudah mulai bisa berbicara. Maka, ada juga mainan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengar yang secara tidak langsung meningkatkan perkembangan otak kanan balita Anda. Dongeng adalah salah satunya. Meskipun ini bukan seperti mainan, namun pada dasarnya orang tua bisa membuat sejenis cerita yang menyenangkan balita dan mendidik. Dongeng terbukti bisa meningkatkan perkembangan otak kanan pada balita usia dua sampai lima tahun, dalam hal ini khususnya kemampuan berbahasa. Anak akan bermain sekaligus belajar. Maka, dengan adanya mainan untuk otak kanan balita 2-5 tahun, pertumbuhan otak kanan anak akan optimal.

Sumber : Here | mainan anak
 
Last edited by a moderator:
Back
Top