Lezatnya Mie Koclok Panjunan, Kuliner Asli Cirebon

timothyganda

New member
Guys, Cirebon gak hanya identik sebagai kota batik juga kota udang. Tapi Cirebon juga terkenal dengan kulinernya yang lezat. Apa yang ada di pikiran lo soal kuliner Cirebon?

Eits, bukan hanya empal gentong saja loh kuliner lezat dari Cirebon. Ada satu lagi kuliner lezat yang gak boleh lo lewatin kalau lo ke Cirebon. Bandung boleh punya mie kocok, Palembang dengan mie celornya, di Manado ada mie cakalah, dan Wonosobo ada mie ongklok. Tapi, Cirebon juga punya mie andalannya, namanya mie koclok.

Kalau lo mau mampir ke warung mie koclok, ada satu yang lumayan enak, kedai mie koclok Panjunan. Kedai mie koclok ini gak pernah sepi oleh pembeli. Sajian mie koclok yang satu ini boleh dibilang unik.

Mie yang direbus, dan disajikan bersama tauge, irisan kol, dan kemudian disiram dengan kuah berwarna putih kental. Habis itu, di atasnya ditaburi suwiran daging ayam, bawang goreng, dan daun bawang yang yummy banget.

20131020_165842.jpg


Yang lebih enak lagi, mie koclok ini ditambah dengan potongan telur ayam udah direbus. Kuah warna putih ini bisa lezat karena memakai campuran kaldu ayam, tepung maizena, merica, dan juga santan kental.

Rasa gurih dan asinnya terasa banget pas lo masukin ke mulut, begitu nyampe lidah aja gue yakin lo bakal ketagihan apalagi kalau lo seruput kuah mienya. Tekstur dan rasanya yang unik plus lezat ini bikin mie koclok jadi sangat spesial.

Soal harga, satu porsi mie koclok Panjunan lo cukup keluarin duit 15 ribu, dan yah cukup ngenyangin lah, karena satu porsinya lumayan banyak gan. Sekilas mie koclok Cirebon ini hampir sama dengan mie celor khas Palembang.

Bedanya mie celor aroma udangnya lebih kerasa, nah kalau mie koclok ini yang lebih terasa itu aroma ayam. Aneh? Ya gue juga ngerasa gitu.

Lokasi kedai mie koclok ini adanya di ruas Jalan Pekarungan yang kecil. Walau lokasinya nyempil, tapi yang datang buat makan ini ruame banget menurut temen gue yang tinggal di situ. Ini kedai bukanya dari jam 3 sore sampe jam 9 malem doang.

sumber
 
wah penasaran sama mie koclok, padahal dirumah tia kanan kiri isinya orang cirebon semua, tapi ga pernah ada yang bahas soal mie koclok ini, bahkan ga ada yang pernah bikin >:l
 
Back
Top