Tips Jitu Mengatasi Hidung Bayi yang Tersumbat

mpokbibah

New member
Non, pernah mengalami gak saat bayi hidungnya tersumbat? Pasti dia kesulitan bernapas dan dia jadi rewel. Nah, mpok punya tips nih gimana caranya mengatasi hidung tersumbat pada bayi :

• Pake larutan garam
Larutan air garam dapat membantu mencairkan ingus yang menyumbat hidung, membantu melancarkan pernapasan hidung yang tersumbat, juga dapat membuat kelembaban alami di selaput yang ada di bagian dalam hidung kembali seperti semula. Cara buatnya mudah. Campurkan 1 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Non masukin larutan tadi ke botol habis itu semprotin ke hidung. Selain itu, non juga dapat menggunakan pipet khusus bayi. Nah, habis itu teteskan larutan dua kali ke lubang hidung. Lakukan 3 kali sehari, ingus di hidung akan jadi lebih encer, jadi lebih mudah dikeluarkan.

• Penguapan yang alami
Ada cara lainnya nih untuk mengatasi hidung tersumbat yakni dengan cara penguapan atau inhalasi. Inhalasi ini bisa non lakukan secara sederhana di rumah menggunakan uap panas yang sebelumnya sudah ditetesi dengan minyak telon. Letakkan ember kecil berisi air panas dan minyak telon di sudut kamar. Biarkan uap air panas itu memenuhi ruangan agar dapat dihirup oleh bayi. Uap itu yang akan membantu bayi melegakan hidungnya. Bunda juga dapat menggendong bayi dengan posisi menelungkup dan posisikan wajah bayi di atas ember yang berisi uap hangat agar bayi dapat dengan mudah menghirup uap itu.

• Menghangatkan bayi
Hidung yang tersumbat bisa terjadi salah satunya karena bayi merasa kedinginan. Untuk membantu melegakan pernapasan hidung bayi dan membuatnya merasa nyaman, non dapat menghangatkan bayi dengan memandikannya air hangat, menjemur bayi di matahari pagi atau mengoleskan tubuhnya dengan minyak telon di dada, punggung dan telapak kaki sambil dipijat dengan lembut.

• Memijat hidung bayi
Non juga dapat memijat hidung bayi dengan lembut di bagian atas hidung dan juga alis dengan minyak telon. Ini dapat membantu meredakan hidung bayi yang tersumbat. Kalau non ingin mengeluarkan lendir, berikan tekanan yang lembut dengan cotton bud atau sapu tangan di lubang hidung bayi. Asal jangan terlalu dalam memasukkan cotton bud ke hidungnya.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi yah.

sumber
 
Back
Top