Ini Dia Maksudnya Bila Pasien Diberi Gelang Saat Dirawat di RS

tiaseptiani

New member
054345100_1414073570-gelang_pasien.jpg

Meski belum semua rumah sakit di Indonesia menggunakan teknologi gelang, tapi alat ini ternyata masih menjadi tren dan cukup menarik karena membantu dokter menangani pasien.

Seperti disampaikan Direktur Utama Rumah Sakit MMC Hospital sekaligus mantan Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) 2003-2009, dr Adib Abdullah Yahya, gelang RS dibuat khusus dengan barcode yang menyimpan banyak riwayat kesehatan pasien. Sehingga alat ini cukup membantu dokter atau perawat.

"Gelang itu ada barcodenya yang menyimpan medical record. Sangat membantu. Jadi kalau ada pasien alergi obat amoxilin misalnya, nanti akan dilihat apakah sudah sesuai dengan data RS. Kalau nggak sesuai, maka akan muncul warning kalau obat yang diberikan itu bisa membuatnya alergi," jelasnya.

Selain itu, gelang ini juga memberikan informasi yang berkaitan dengan informasi pasien masuk dan keluar RS.

Disamping itu, kata Adib, teknologi lain yang menarik adalah sinyal (tak terlihat) yang berada di dekat tempat tidur pasien. Menurut Adib,
ketika seorang pasien kakinya turun atau jatuh, saat itu juga perawat akan mendapatkan sinyal dan bisa segera membantu pasien.


sumber : Liputan6.com
 
Back
Top