Resep Cara Membuat Bolu Kukus Mekar

resepmasakanindo

New member
Resep-Bolu-Kukus-Mekar-Sederhana.jpg


Resep kue bolu kukus
Bahan

telur dua butir
gula putih 226 gram
terigu 251 gram
ovalet 1 sendok teh
peewarna makanan 2 jenis
soda 150 mili liter

Cara pembuatan
Batu Marjan sangat signifikan terutama antara Batu Jahanam Mediterrania dengan India dimana harganya sangat mahal karena Batu badar emas dipercayai mempunyai kekuatan batu mustika. Orang Yunani mengimpor Batu Alam dari India untuk digunakan batu bulu macan sebagai pajangan batu blue safir atau sebagai perhiasan pada pedang dan perisai mereka model cincin kawin. Karena permintaan yang sangat besar itu, Batu Marjan sempat menjadi sangat langka dan harganya Batu cincin Tunangan melebihi berlian sekalipun. Pada masa Batu Nilam, dahan dari karang merah digunakan sebagai kalung bagi anak-anak untuk menghindarkan mereka dari batu lapis lazuli.

kocok telur menggunakan mixer otomatis. beberapa saat kemudian, masukan gula. tunggu sampai 30 menit. sesaat pengocokan hampir selesai, tambahkan ovalet.
saat proses pengocokan yang otomatis di kerjakan oleh mixer, bunda bisa meluangkan waktu untuk mempersiapkan cetakan. yaitu memasukan kertas bolu kedalam cetakan yang berlubang
jika pengocokan mencapai waktu yang telah ditentukan, silahkan bunda masukan soda. lalu kocok lagi, kira kira 3 menit.
ayak tepung terigu, supaya lebih bersih dan mudah diaduk. lalu masukan kedalam kocokan diatas. aduk dengan spatula sampai menyatu dengan semua bahan
pisah adonan menjadi tiga bagian, berikan warna yang berbeda beda pada setiap bagian tersebut. untuk adonan warna putih tidak perlu pake pewarna. pewarna yang dibutuhkan, masing masing 1 tetes.
Lalu masukan adonan kedalam cetakan yang sudah disiapkan. cara memasukan adonan, yaitu diselang seling supaya nanti wana bolu seperti pelangi.
pada saat bunda memasukan adonan dalam cetakan, sebaiknya ketika itu sudah mulai menyalakan kompor. agar saat bunda selesai mengisi cetakan, tempat mengukus sudah benar benar panas dan beruap.
Jadi langsung saja dikukus, sedangkan waktu yang bunda butuhkan untuk metangkan bolu, adalah 15 menit.

Tips agar bolu kukus mekar

kita semu tau fungsi soda yaitu membuat adonan mampu mekar dengan baik saat dikukus. jadi gunakanlah soda yang masih sempurna, artinya masih baru atau belum pernah dibuka
kecepatan mixer saat mengocok adonan, tentu sangat berpengaruh terhadap adonan. jadi kalo ingin mekar maksimal, gunakan kecepatan yang paling tinggi
Cetakan ayng bunda gunakan pun sangat berpengaruh. yang bagus adalah cetakan yang berlupang, karena cetakan tersebut memberi jalan agar adonan terkena uap yang lebih panas.
Saat mengukus, biasanya menimbulkan uap yang akan menetes ke bolu. sehingga membuat bolu kukus tidak mekar maksimal. makadari lapisi pengukus dengan kain bersih untuk menyerap uap.
Sedangkan temperatus atau panas kukusan juga berpengaruh, semakin banyak uap atau semakin panas, ini lebih bagus
Jika lama pengukusan belum mencapai waktu yang ditentukan, jagnan pernah membuka tutup pengukus

Sumber : Resep Bolu Kukus Mekar
 
Last edited:
Back
Top