Cara Membuat Resep Dorayaki Enak Sederhana Khas Jepang

tiaseptiani

New member
Resep-Dorayaki.jpg

Bahan bahan Resep Doriyaki Jepang Enak

1. Seperti membuat martabak, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kadar protei sedang. Siapkan kurang lebih sebanyak 150 gram tepung halusnya.
2. Garam dapur beryodium sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh.
3. Margarin secukupnya untuk olesan kue dorayakinya.
4. Gula pasir putih sebanyak kurang lebih tiga sendok makan.
5. Susu cair kurang lebih sebanyak 175 ml.
6. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs.
7. Mentega tawar kurang lebih sebanyak 35-40 gram. Lelehkan mentega sampai cair.
8. Baking powder kurang lebih sebanyak satu sendok teh.
9. Bahan isi kacang merah adalah kacang merah kering kurang lebih sebanyak 50 gram (rendam dulu dengan air kurang lebih selama 2-3 jam supaya lebih empuk kemudian tiriskan), gula pasir putih sebanyak 35-40 gram dan susu cair sebanyak 75 ml.
10. Bahan isian untuk versi keju adalah 50 gram keju parut dan susu kental manis secukupnya, bisa ditambahkan kacang sangrai matang yang sudah dipotong kecil kecil dan coklat butir.

Cara Membuat Resep Dorayaki Sederhana

1. Langka pertama yang harus kita lakukan adalah membuat rotinya dulu. Ambil satu wadah untuk tempat adonan utama.
2. Masukkan 150 gram tepung terigu protein sedangnya, baking powder, gula pasir putih dan garamnya. Aduk dan campur semua bahan sampai benar benar tercampur rata.
3. Masukkan mentega tawar yang sudah dilelehkan dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan utama. Lakukan sambil diaduk sampai rata dan semua mentega cair habis.
4. Ambil wadah lagi untuk mengkocok telurnya. Pecahkan telur yang sudah disiapkan dan kocok sebentar. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan utama sambil tetap diaduk sampai tercampur rata.
5. Masukkan susu cair ke dalam adonan utama sampai habis. Seperti memasukkan mentega, susu dimasukkan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk sampai rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
6. Siapkan cetakannya dan panaskan dengan api sedang kecil. Jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
7. Masukkan adonan secukupnya sampai cetakan terendam kurang lebih 3/4 bagian. Masak sampai bagian bawah matang berwarna agak kecoklatan. Tidak perlu dibalik. Ulangi semua sampai adonan habis.
8. Ambil dua bagian dorayaki yang sudah matang. Beri satu bagian dengan keju parutan, coklat, butiran coklat dan bahan lain kemudian beri sedikt siraman susu kental manis. Tutup dengan dorayaki satunya dan tekan agak kuat sampai menempel. Disini sebenarnya tidak perlu dimasak lagi, tetapi kalau perlu kue dorayaki bisa dimasak sebentar saja.
9. Untuk membuat isian kacang merah caranya adalah rebus kacang merah yang sudah direndam sampai matang. Tiriskan kemudian haluskan. Masak lagi ditambah dengan gula pasir yang sudah disiapkan dan masukkan susu cair. Aduk aduk sampai mengental.

Bagaimana menurut teman teman resep membuat dorayaki enak diatas? Cukup sederhana dan tidak susah kan. Kue khas dari negeri Sakura ini selain bisa disantap untuk pengisi perut juga cocok untuk teman nonton Televisi atau teman minum kopi dan teh disaat pagi atau sore hari. selamat mencoba :)


sumber : resepcaramemasak.info
 
Back
Top