Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Mengasuh Anak-Bayi] Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

Non, tau skizofrenia gak? Ada berita nih, kalau saat masih menjadi janin pun sudah rentan terkena skizofrenia. Buat yang gak tahu skizofrenia, gue kasihtau aja yah skizofrenia itu gangguan mental yang ditandai dengan adanya kelainan persepsi atau ungkapan realitas.

Biasanya si penderita akan merasakan adanya halusinasi pendengaran. Gak jarang penderita skizofrenia ini dianggap gila atau menderita gangguan jiwa. Menurut seorang psikiater dan peneliti khusus skizofrenia, Edwin Fuller Torrey, MD kalau polio, varisela-zoster, campak, rubella, dan toxoplasma yang diderita ibu hamil, diduga akan meningkatkan resiko terjadinya skizofrenia bagi anak mereka nantinya.

Dan yang musti diwaspadai, skizofrenia pada bayi dalam kandungan juga akan meningkat tujuh kali lipat kalau bunda menderita influenza di trimester pertama kehamilan. Walaupun faktor resiko ini tergolong kecil, tapi sebuah penemuan menunujukkan sekitar 97% anak yang lahir dari ibu yang terserang influenza sangat beresiko mengalami skizofrenia saat dewasa.

Tidak hanya itu, janin yang mengalami hipoksia atau kadar oksigen rendah dalam tubuh, ternyata itu pun dapat menjadi faktor resiko terjadinya skizofrenia. Jadi, saran buat yang sedang hamil penting untuk mengetahui kondisi hipoksia.

Tanda kalau janin mengalami hipoksia :
• Denyut jantung janin kurang dari 120 denyutan/menit
• Akselerasi denyut jantung janin memanjang lebih dari 160
• Mengalami apnea atau kondisi di mana nafas berhenti dalam beberapa waktu, plus sulit untuk bangun dari tidur
• Memiliki skor apgar yang rendah (kisarannya antara 0-3)
• Kejang-kejang di hari pertama setelah dilahirkan
• Memiliki pH yang rendah

Solusi skizofrenia

Untuk mencegah terjadinya gangguan ini, perhatikan dan jaga kondisi fisik ibu hamil terutama selama masa trimester pertama dengan cara memenuhi kebutuhan gizi dan menghindari potensi stres menjadi salah satu cara yang harus non tempuh untuk menghindari kondisi bayi mengalami gangguan skizofrenia. Non tetap harus yakin bahwa skizofrenia ini bisa dicegah atau bahkan bisa disembuhkan.

Tapi gak perlu khawatir, saat ini sudah ada suatu komunitas yang peduli dengan Skizofrenia, namanya KPSI. Komunitas ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat kalau skizofrenia ini gangguan medis yang bisa banget disembuhkan, dan bukan karena diguna-guna atau gila.

Komunitas ini bisa jadi ajang tukar informasi untuk memberi kemudahan dalam perawatan dan pemulihan bagi si penderita skizofrenia.

sumber
mpokbibah mpokbibah is offline
National Level

Post: 584
 
Reputasi: 42

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

wah ngeri juga ya, gimana kalau kondisi sang ibu memang tubuhnya lemah sejak kecil, jadi mudah terserang influenza?
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.770
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

berarti musti sering2 memperhatikan kesehatan si bayi saat masih di dalam perut yah, hehehe
raratania raratania is offline
City Level

Post: 479
 
Reputasi: 21

__________________
Popok Bayi Lembut





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

klo hamil memang harus rutin cek kedokter kandungan,untuk tau perkembangan janin si ibu ia,,,,tp pasti mahal ia????
satriaekamulya
satriaekamulya satriaekamulya is offline
Continent Level

Post: 3.174
 
Reputasi: 55

__________________
buktikan semangatmu!






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

iya tia juga bingung, kalau ke dokter kandungan kan biasanya cuma cek USG aja kan? gimana kalau nau cek kesehatan ya? apa ada biaya tambahan lagi? soalnya katanya ngecek virus yg ada dalam kandungan aja bisa 1 jutaan
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.770
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

Pas USG itu bukannya emang termasuk cek kesehatan janin ya non? Dulu ane nganter kakak ane soalnya dia sampe dicek detak jantung, panjang, gitu-gitu deh
garula garula is offline
City Level

Post: 224
 
Reputasi: 3






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

wah,,harus punya tabungan banyak ia,,emm,,apalagi saiia suka liat di berita klo yg pakai kartu gtu,ada RS yg bedain or no 2 in,,yg lebih di perhatiin yg tunaiiii
satriaekamulya
satriaekamulya satriaekamulya is offline
Continent Level

Post: 3.174
 
Reputasi: 55

__________________
buktikan semangatmu!






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

Kartu BPJS kali maksudnya ya den? Itu parah den antrinya...
garula garula is offline
City Level

Post: 224
 
Reputasi: 3






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

tapi katanya kalau BPJS ga?
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.770
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Hati-hati Janin Rentan Terkena Skizofrenia

Gak bisa USG gitu non kalo pake BPJS? Wah kurang fleksibel juga ya berarti...
garula garula is offline
City Level

Post: 224
 
Reputasi: 3

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Hati-hati! Memuji Anak Justru Bisa Berdampak Buruk, Ini Sebabnya spirit Keluarga & Berumah Tangga 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.