Waspada dengan 11 Penyakit pada Bayi Baru Lahir

raratania

New member
Buat non yang sedang mempersiapkan kelahiran bayi, aku mau sedikit berbagi tentang berbagai penyakit yang biasa dialami ketika bayi baru lahir. Kenali ini yah agar non gak mudah panik saat adek bayi sakit, dan tetap waspada :

Batuk pilek
Biasanya karena virus apalagi sekarang musim nya lagi gak bagus. Jadi jaga kesehatan bayimu yah. Kalau sudah terserang segera bawa ke dokter apalagi kalau si batuk pilek ini membuat kemampuan minum bayi berkurang, dan gak sembuh-sembuh lebih dari seminggu.

Infeksi saluran napas
Infeksi yang menyerang saluran napas atas pada bayi atau ISPA, gak jarang juga saluran pernapasan bawah. Infeksi ini bisa terjadi pada bayi newborn (baru lahir)

Infeksi telinga tengah
Infeksi ini menyerang salah satu bagian telinga, yaitu telinga bagian tengah atau daerah sekitar gendang telinga.

Sembelit
Sembelit bisa terjadi karena bayi kekurangan cairan atau akibat perubahan makanan dan dimulainya pemberian makanan pertama. Jadi, waspada jika sembelit masih terjadi sampai lebih dari satu bulan.

Muntah
Bisa terjadi karena kekenyangan, terlalu banyak udara di lambung, dsb. Waspada jika bayi terus-terusan muntah tanpa berhenti.

Diare
Virus penyebab diare namanya rotavirus, dan perlu waspada kalau diarenya disertai darah.

Sesak napas
Bayi yang sesak napas akan mengalami kesulitan saat menarik napas. Terkadang napasnya berbunyi bahkan disertai batuk. Perlu waspada jika wajah bayi jadi kebiruan akibat kekurangan oksigen.

Apnea
Penyakit di mana seseorang gak bisa napas selama beberapa detik secara spontan saat tidur. Gak hanya orang dewasa, bayi yang baru lahir, khususnya bayi prematur bisa mengalami apnea.

Eksim susu
Ini salah satu masalah kulit paling umum ditemukan pada bayi. Banyak yang bilang ini karena ASI yang mengenai kulit di sekitar mulut bayi, jadi si bayi kena bercak merah yg disebut eksim susu itu.

Ruam popok
Penyakit yang membuat kulit bayi iritasi, biasanya ini karena jenis popoknya yang gak lembut atau pemakaian yang gak benar. Pilih popok bayi yang mengandung bahan yang lembut untuk kulit bayi, dan selalu ganti jika sudah penuh.

Penyakit kuning
Penyakit yang membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning. Non perlu waspada jika penyakit kuning gak kunjung hilang. Karena biasanya hilang yah sekitar 2 minggu paling lama.

sumber : ayahbunda
 
asal orang tua dengan teliti dan penuh kasih menjaga si buah hati, jangan takut datangnya penyakit... karena ibu pasti bisa menyembuhkannya :D
 
Back
Top