Nih Dia Kebun Teh Paling Menakjubkan Di Jawa

ramaricarica

New member
Guys, lo tau kalau pulau Jawa selalu tekenal dengan perkebunan teh nya yang mempesona. Beberapa di antaranya menawarkan panorama alam ya luar biasa dan sangat menakjubkan. Yuk simak :

• Ciwidey, Jawa Barat
Di kawasan ini banyak perkebunan teh, seperti Rancabali, Malabar, Pangalengan, dan Gununghalu. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi oleh kebun teh Rancabali, terletak 50 km di sebelah selatan Kota Bandung. Lokasinya gak jauh dari objek wisata Kawah Putih dan Bumi Perkemahan Ranca Upas. Lo bisa nikmatin pemandangan kebun teh dengan melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali. Mulai dari proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai dengan pengolahan teh. Gak hanya itu sih, lo juga bisa melakukan Tea Walk dengan rute sejauh 2 km, 3 km, atau 4 km.

PERKEBUNAN-TEH-RANCABALI.jpg


• Puncak Bogor, Jawa Barat
Biarpun daerah Puncak sering macet, tapi masih banyak yang suka datang ke tempat ini. Dan di daerah ini ada Perkebunan Teh Gunung Mas. Lokasinya di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Perkebunan teh yang cantik dan serasi dengan jalanan yang meliuk membelah bukit-bukit. Kalau lo ada waktu senggang, coba deh jalan-jalan di kawasan perkebunan teh ini. Setiap wanita yang memetik teh nya masih pake cara tradisional. Di sana lo bisa belajar juga naik kuda, dan pas udah sore, pemandangannya keren banget, cahaya mataharinya tampak sangat cantik karena senja yang memerah. Dan lo bisa mengakhiri petualangan di hari itu dengan menikmati teh Gunung Mas yang ada di warung-warung sekitarnya.

Puncak6.jpg


• Brebes, Jawa Tengah
Biasanya kan Jawa Barat yang banyak terdapat perkebunan teh, tapi jangan salah di Jawa Tengah tepatnya di Brebes. Lokasinya ada di Desa Pandansari, Kecamatan Peguyangan. Di sana ada agrowisata yang kaya akan unsur sejarah. Kebun Teh Kaligua ini warisan pemerintah kolonial Belanda yang pabriknya dibangun tahun 1889. Perkebunan ini dikenal sebagai penghasil teh hitam (black tea) dalam kemasan celup dan serbuk. Kalau lo pengen ke sana, musti pake jaket dan sweater berlapis-lapis karena udaranya dingin banget. Di musim hujan ada suhunya bisa mencapai 8-22 derajat celcius, dan 4-12 derajat celcius di musim kemarau. Lokasinya ada di lereng barat Gunung Slamet bikin Kebun Teh Kaligua pemandangannya jadi terlihat mempesona. Hamparan kebun teh hijau tak pernah lepas dari kabut yang menggantung di atasnya. Dan di salah satu titik, lo bisa nikmatin keindahan puncak Gunung Slamet plus Gunung Ciremai yang ada di Kuningan, Jawa Barat.

wisata-kali-gua.jpg


• Wonosobo, Jawa Tengah
Wonosobo selalu terkenal dengan Dataran Tinggi Dieng. Tapi jangan salah, di sana juga ada agrowisata yang juga merupakan peninggalan kolonial Belanda. Di sana ada perkebunan teh tambi yang luasnya sekitar 829, 14 hektar. Perkebunan ini ada di lereng sebelah barat daya Gunung Sindoro, yah sekitar 16 km sebelah utara Wonosobo. Udaranya sangat sejuk, suhunya sekitar 15-24 derajat celcius. Kalau lo mau ke sana, lo bisa lakuin kegiatan Tea Walk dengan pilihan rute pendek (1-2 km), rute menengah (2-3 km) dan rute jauh (3-9 km). Pemandangannya juga keren banget. Di sana juga lo bakal diajarkan gimana proses memilih dan memetik daun teh, dan lo juga bisa lakuin Factory Tour, plus menikmati secangkir teh wangi.

DSC_0462.JPG


• Malang, Jawa Timur
Kebun teh Wonosari, salah satu agrowisata yang paling diminati di Malang. Letaknya persis di lereng Gunung Arjuna, dan ini membuat panorama yang ada di perkebunan terlihat sangat indah, kalau dari Malang sekitar 1, 5 jam perjalanan. Ada banyak fasilitas, mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, sampai taman bunga. Lo juga bisa beli aneka tanaman hias di kios bunga. Ada juga aneka fasilitas olahraga seperti All Terrain Vehicle (ATV). Setelah beraktivitas seharian, lo bisa duduk dan nikmatin teh di Tea Corner yang ada di dalam restoran. Ada juga penginapan berupa villa dan kamar kalau lo mau nginep dan nikmatin keindahannya bareng keluarga atau sohib lo.

kebun-teh-wonosari.jpg


sumber : lihat. co.id
 
Back
Top