Memilih Hewan Peliharaan Terbaik Untukmu!!

Status
Not open for further replies.

tiaseptiani

New member
Tentunya untuk sebagian kalangan, memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Bahkan, menurut seorang peneliti dan guru besar Universitas New York di Buffalo, Karen Allen. Binatang kesayangan dapat menurunkan tingkat stress karena dapat menghadirkan “Non Judgmental companionship”. Komunikasi yang diberikan satu arah, namun dapat memberikan ketenangan yang berbeda dari pasangan ataupun orang tersayang.

“Sebesar apapun kita meyakini seseorang berada di posisi kita, selalu ada penilaian dan evaluasi” kata Allen. Tapi jangan salah karena kamu harus berhati-hati memilih binatang peliharaan, karena semua binatang peliharaan adalah mahluk hidup yang membutuhkan ekstra perhatian. Maka, biar nggak salah pilih. Ada beberapa point yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sahabat terbaikmu ini:


1. Keterampilan

Sebelum memutuskan untuk membeli atau mengadopsi binatang, pastikan bahwa kamu adalah orang yang terampil dan mau belajar untuk merawatnya. Jadi tidak hanya sekedar suka, karena kasian dengan binatang peliharanmu jika memang akhirnya kamu lalai merawatnya.

Bila memang kamu malas dan memiliki uang lebih, alternatif menyewa pengurus binatang bisa jadi pilihan.


2. Tempat Tinggal

Ini adalah point penting lainnya sebelum membawa binatang pilihanmu ke rumah. perhatikan apakah kamu memiliki tempat yang memadai untuk kehadirannya, karena ada beberapa karakter binatang yang membutuhkan halaman yang luas agar dapat bermain, tidak hanya sekedar ditaruh di kandang.

Bahkan, ada beberapa jenis binatang yang mudah stress jika hanya kamu taruh di kandang tanpa diajak jalan-jalan. Jika memang kamu tidak memiliki tempat yang memadai, menitip ke rumah penampungan dengan menyumbang sejumlah uang rutin ke mereka bisa menjadi pilihan.


3. Pehatikan Gaya Hidupmu

Ingatlah bahwa semua binatang memiliki karakter yang berbeda saat mengurusnya. Mintalah pendapat dengan orang terdekat yang serumah denganmu tentang keinginanmu, karena tidak semua orang suka dengan binatang. Jangan sampai, kehadirannya mengganggu orang lain.

Perhatikan juga, apakah kamu akan sering meninggalkannya di rumah atau tidak. Bila memang iya, carilah binatang yang tidak membutuhkan ekstra perhatian seperti mengajak jalan-jalan sore setiap minggu dan sering mengajaknya bermain.


4. Faktor Usia

Tanyalah secara detail usia binatang yang ingin kamu bawa, pilihkan yang masih berusia muda. Karena, mereka akan mudah untuk dibentuk dibandingkan usia yang sudah tua.

Hal ini akan membantumu saat mengajarinya membuang air. Tentunya kamu tidak mau memiliki binatang peliharaan yang kencing atau pup sembarangan.


5. Peranakan

Pelajari jenis peranakan yang kamu pilih dengan sertifikasi yang jelas, apalagi jika kamu memang mau mengikuti kontes binatang. Pastikan, kamu mendapatkan ilmu yang cukup jika mengambil jenis peranakan yang sulit dan mahal. Karena, itu akan membantumu memberikan perawatan maksimal saat mengikuti kontes. (AR)


sumber : tukarposisi.com
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.
Back
Top