Merawat Mesin Mobil

thimothy

New member
Mesin adalah komponen yang berperan penting dalam menggerakan mobil, memutar kompresor AC agar dapat mendinginkan kabin, dan masih banyak fungsi lainnya. Karena posisinya yang tertutup seringkali pemilik mobil kurang perhatian terhadap kondisi mesin. Meskipun mobil masih bisa berjalan, bukan berarti mesinnya dalam kondisi optimal. Oleh karena itu sudah selayaknya mesin mobil mendapat perhatian khusus agar kinerjanya terjaga dan tidak mengalami masalah saat di perjalanan. 

Perawatan mesin mobil sebaiknya dilakukan secara berkala, mengikuti anjuran yang terdapat di buku servis. Usahakan melakukan servis berkala tepat waktu agar penggantian oli mesin, pengecekan atau perbaikan suku cadang di mesin dapat segera dilakukan sebelum timbul keluhan pada mesin. Disiplin melakukan servis berkala juga menjaga agar garansi tetap berlaku pada mobil tersebut. 

Selain servis berkala sesuai petunjuk buku servis, pemilik mobil sebaiknya juga melakukan pengecekan rutin pada mobil. Pengecekan rutin oleh pemilik mobil sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali dengan tujuan mengetahui lebih awal jika ada kelainan pada mesin. Dengan mengetahui sejak dini, kerusakan pada mesin dapat segera diantisipasi sehingga kejadian mobil mogok saat sedang dikendarai dapat diminimalisasi. 

Pengecekan oleh pemilik mobil dilakukan dengan membuka kap mesin kemudian periksa komponen-komponennya. Periksa ketinggian air aki, air radiator, oli mesin, minyak rem, dan minyak power steering. Langsung tambahkan apabila kuantitasnya sudah berkurang dan Anda memiliki cadangan stok. Cek juga karet V-beltpulley (bagian mesin yang berputar), dan bagian mesin lainnya yang berputar. Kemudian cek kabel-kabel yang ada di ruang mesin apakah ada yang terkelupas atau digigit tikus. Kerusakan pada karet V-belt dan sistem kelistrikan mobil sebaiknya diperbaiki di bengkel resmi. 

Info Harga Toyota Surabaya:

www.toyota-surabaya.net
 
Back
Top