Bisnis dengan Keluarga? Intip Tips Suksesnya Guys

johnnypetot

New member
Tertarik menekuni bisnis keluarga sebagai pilihan menginvestasikan penghasilan kamu dan ingin sukses? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Remeh tapi ini justru akan jadi masalah kalau tidak diterapkan :

1. Bikin perjanjian tertulis
Bila perlu minta notaris untuk membantu. Seperti contoh om saya berbisnis dengan ayah saya. Karena tidak ada perjanjian tertulis, saat terjadi masalah, susah ngaturnya. Akhirnya sekarang pakai notaris agar aturan bisnis yang berjalan jelas, dan transparan termasuk soal uang. Penting tuh, jangan karena keluarga akhirnya dibiarkan saja dengan alasan toh sudah tahu sama tahu. Eits, justru itu bisa bahaya, guys untuk perkembangan bisnis kamu, boro-boro sukses, bertahan saja udah bagus.

2. Tetap objektif dalam penilaian
Sisi positifnya bisnis keluarga adalah kepercayaan. Tapi kadang susah memperlakukan karyawan secara objektif apalagi kalau yang misalnya nih yang jadi bawahan anak bos. Waduh, mau marah atau negur aja mikir seribu kali dulu. Salah dalam penyampaian bisa fatal. Jadi, sekalipun harus menegur pakai cara yang professional tetap fleksibel yah. Anggap dia seperti sahabat, teman agar saat ditegur pun dia tetap merasa dihargai.

3. Seimbangkan profit dan keharmonisan keluarga
Bisnis pastinya mengutamakan profit dong, itu udah pasti. Tapi keharmonisan keluarga juga harus tetap terjaga. Jangan sampai karena mengejar profit, keharmonisan dalam keluarga terlupakan. Jaga keduanya agar tetap seimbang.

4. Jaga ciri khas bisnis
Bisnis kalau mau sukses tentunya harus terus berinovasi dan mengikuti trend yang sedang berkembang. Tapi ciri khas dalam bisnis jangan sampai hilang. Contohnya bisnis makanan mie ayam deh. Inovasi pada penambahan menu dan rasa, tetapi ciri khas dan citarasa aslinya jangan hilang sama sekali. Atau kamu ingin berinovasi pada sistem delivery dan pelayanan boleh saja, ingat ciri khasnya tetap dijaga.

Sukses bisnis keluarga kuncinya kepercayaan yang harus dijaga, dan kalau kamu terapkan tips suskes di atas, bisnis keluarga yang kamu jalankan dapat mendatangkan kebebasan finansial buat keluarga kamu. Pelajari strategi bisnis untuk jalankan bisnis keluarga kamu ini dari simulasi strategi bisnis dan investasi #DBSSmartMoney.
 
Bisnis keluarga ada yang sukses dan gagal. Poin pertama itu penting, kalau gak ada perjanjian berarti lo gak serius jalaninnya.
 
Nah poin yang kedua itu juga musti diperhatikan tuh. Misalnya nih generasi penerusnya kebetulan anak bos, jangan sampai jadi anak emas tuh.
 
he emang repot bgt yuaaa...klo usaha atau kerja bareng sm saudara...bnyakan gk akurnya...he :)
 
Back
Top