Di Musim Hujan, Waspada dengan Penyakit Khas Anak-anak Ini

mpokbibah

New member
Di musim hujan sekarang, biasanya muncul berbagai penyakit terutama yang terjadi pada anak-anak. Apa saja sih penyakit yang diderita anak-anak di musim hujan sekarang, dan gimana pencegahannya?

Diare
Penyakit ini berhubungan erat dengan pola konsumsi makanan si kecil. Biasanya disebabkan virus atau kuman yang mencemari makanan dan minuman. Cara mencegahnya cukup dengan menjaga kebersihan setiap makanan dan minuman yang masuk ke mulut.

Demam dan flu
Ini dua penyakit yang paling rentan menyerang di musim hujan. Sebaiknya jangan disepelekan apalagi jika menyerang anak-anak. Cara mencegahnya cukup dengan jaga asupan makanan si kecil. Berikan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, dan jangan lupa oleskan minyak telon yang hangat untuk menjaga suhu tubuhnya.

Demam tifoid
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Sumber penularannya dari air dan makanan yang terkontaminaasi bakteri salmonella typhi. Penyebaran bakterinya terjadi akibat aktivitas cuci tangan yang kurang bersih saat setelah berkemih atau BAB. Cara mencegahnya dengan menghindarkan anak-anak dari jajan sembarangan dan selalu cuci tangan sebelum makan.

DBD
Masuk di musim hujan seperti ini, si nyamuk penyebar DBD ini mulai merajalela. DBD ini penyakit infeksi virus yang disebabkan gigitan si nyamuk Aedes Aegypti. Si nyamuk ini menyerang sistem pembekuan darah. Untuk mengetahuinya bunda bisa melihat apakah kadar trombosit si kecil menurun atau tidak. Dan darah yang tidak bisa membeku akan mengakibatkan perdarahan. Pencegahannya dengan menghindari perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti lewat 3M.

sumber
 
Kalau musim hujan anak anak saya tak pernah melewatkan main hujan hujan. Saya sebagai orang tua hanya mencegah supaya tidak sakit dengan makan yang banyak dan habis hujab hujan seluruh badan harus diolesi minyak. Lalu menyarankan untuk tidur.
 
Benar, harus extra hati2 saat musim hujan seperti ini, klo iklan lifebuoy kuman semakin berkembangg :)
 
Benar, harus extra hati2 saat musim hujan seperti ini, klo iklan lifebuoy kuman semakin berkembangg :)
....
musim hujan perlu waspada, musim kemarau perlu waspada, musim pancaroba perlu waspada...
gak perlu waspada tu saat musim semi sama musim gugur ya?
ntar ada musim durian juga waspada, musim mangga juga!
sialan tu wasapada! kapan2 waspada tak minta urban ke bulan pa mars gitu.. biar aman2 anak gak perlu dijaga.
 
Back
Top