Mindset Entrepreneur

andrgiov

New member
Berpikir seperti seorang pengusaha

Jika anda ingin merubah dunia, rubahlah mindset anda. Mungkin anda pernah mendengar istilah keyakinan yang benar menghasilkan kehidupan yang baik. Penghalang terbesar manusia untuk berkembang adalah rasa takut untuk merubah cara pandang, cara berpikir dan melihat sesuatu. Berniat ingin menjadi pengusaha tetapi anda tetap berpikir sebagai konsumen konsumtif, maka anda tidak akan pernah menghasilkan apa-apa. Untuk menjadi pengusaha, anda harus berpikir seperti seorang pengusaha.

1. Memiliki mata yang tajam untuk peluang
Pengusaha sukses memiliki satu kesamaan – mereka memiliki mata yang tajam untuk melihat peluang. Ketika seorang pengusaha melihat dunia, ia melihatnya secara berbeda. Dia melihat ‘peluang bisnis’. Seorang pengusaha memiliki kepekaan untuk memberikan solusi bagi kesusahan orang lain. Sebagai contoh, ada kelompok masyarakat mengeluh sulit mendapatkan air bersih, seorang pengusaha dengan cepat ia membantu masyarakat tersebut menyediakan air bersih yang sudah diolah. Ia menjawab rasa sakit orang-orang tersebut, dan ia mendapatkan keuntungan dari penjualan air bersih itu. Seorang pengusaha adalah seorang yang sangat peka terhadap kesusahan orang lain dan menjadi solusi bagi mereka.

2. Praktek optimisme hati-hati
Jadilah optimis. Ini berarti bahwa Anda harus memiliki pandangan yang positif. Positif berpikir menumbuhkan banyak kemungkinan. namun, optimisme dapat menyebabkan masalah jika disalahgunakan. Jangan biarkan ‘optimisme’ buta membutakan Anda terhadap masalah hanya karena Anda ingin memiliki cara berpikir positif. Menjadi optimis. Namun, Anda harus bisa membedakan optimesme buta dan optimisme hati-hati

3. Praktek pesimisme positif
Tidak semua pesimisme buruk. Dalam bisnis, ada manfaatnya. Pesimisme memungkinkan seseorang melihat masalah potensial bahkan sebelum terjadi. Sepertinya ini tidak waras, tapi pengusaha harus berlatih beberapa tingkat pesimisme. Namun, pesimisme ini hanya boleh digunakan untuk ‘mengidentifikasi masalah’. Sebagai pengusaha anda harus berlatih pesimisme dengan pikiran positif bahwa masalah yang akan timbul akan diselesaikan. Pengusaha yang memiliki mata yang tajam untuk risiko memiliki kemampuan ini.

4. Berpikir ke depan
Orang biasa hanya melihat saat ini. Tapi pengusaha berpikir jauh ke depan dan membayangkan dalam pikirannya apa yang hari-hari berikutnya di pasaran. Dan untuk melakukan hal ini, seorang pengusaha menempatkan ke dalam hal-hal seperti situasi saat ini berita, tren, pola perubahan, dan semacamnya. Karena pengusaha tahu apa yang harus mengantisipasi, ia juga tahu bagaimana untuk mengambil keuntungan dari situasi untuk kepentingannya sendiri (ex. Sebuah pengusaha membeli sebidang tanah dengan harga murah. Dia melakukan ini setelah mengetahui bahwa daerah akan segera dikembangkan. Pembangunan akan menyebabkan nilai tanah meningkat di masa mendatang).

5. Kehati-hatian
Seorang pengusaha tidak pernah mengambil langkah tanpa memikirkan hal-hal di atas terlebih dahulu. Ini adalah disebut kehati-hatian. Seorang pengusaha tidak sembarangan terjun ke bisnis. Dia tidak membuat keputusan bisnis berdasarkan kehendak atau pun emosional thinking. Seorang pengusha melakukan penelitian, dan memikirkan hal-hal di atas sebelum mengambil tindakan. Mereka bertindak dengan alasan yang kuat.

Miliki mindset entrepreneur.
 
Bagiku, minset seorang entrepreneur harus, SMP: Sikap Mental Positif. mentasi persoalan dengan kepala dingin. Kalau ada masalah tidak spaning lebih dahulu.anti tambah pusing bro kalau spaning
 
Sebenarnya saya memiliki bakat untuk menjadi seorang pengusaha yang bisa menjadi pengusaha nomor 1 di Indonesia, namun karena saya tidak memiliki modal dan saya saat ini hanya bekerja diperusahaan kecil. Sehingga saya tidak bisa mengembangkan bakat bisnisku ini


Promosi di signature saja
 
Last edited by a moderator:
Yang ada alam pikiran seorang enterpreneur adalah profit. Karena profit itulah maka ia selalu berpikiran bahwa segala sesuatu dapat diatasi. Semua ada jalan. Ketika ada masalah pun dia tidak pernah mundur dan selalu berusaha menjacri jalan keluarnya
 
Intinya, bagi seorang wirastaswan, apa pun kondisinya semuanya itu memiliki peluang untuk maju. Katakan saja seorang pedagang megalami kerugian dalam usahanya, itu sebenarnya dia sudah dekat pada kondisi untung, maka tidak perlu menyerah.
 
Intinya, bagi seorang wirastaswan, apa pun kondisinya semuanya itu memiliki peluang untuk maju. Katakan saja seorang pedagang megalami kerugian dalam usahanya, itu sebenarnya dia sudah dekat pada kondisi untung, maka tidak perlu menyerah.
betul den, gagal adalah sebuah awal dari keberhasilan :D
 
Thread ini menarik dan perlu kita dukung melalui postingan - postingan untuk menyebarluaskan konsep tentang kewiraswastaan kepada banyak orang. Kurikulum 2013 menempatkan satu mapel kewirastaan di stuktur kurikulumnya.
 
saya tambahin sedikit om,
yaitu "konsistensi"

entrepenur harus mempunyai konsistensi yang kuat, jangan mudah pindah2 bisnis, baru mengalami kegagaln sekali, sudah menyerah X_X
 
Back
Top