Kenali Kondisi Lidah Sebagai Cermin Kesehatan Tubuh

Kalina

Moderator
DREAMERSRADIO.COM - Lidah merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjukkan tanda-tanda penyakit dalam tubuh kita, seperti batuk, demam, sakit kuning, sakit kepala, bahkan diare. Lidah juga sering sekali membantu dokter untuk mendiagnosis keadaan pasien.

Lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda, bersih, dan berliur. Namun, jika lidah meradang, merah, hitam atau putih, bisa menjadi tanda dari kondisi lain seperti sariawan. Sementara lidah yang bengkak bisa menjadi reaksi alergi.

Sedangkan perubahan warna lidah yang menghitam merupakan indikasi perluasan penggunaan antibiotik, atau pertumbuhan jamur yang berlebih pada pasien HIV, kata para ilmuwan India. Sedangkan kerutan panjang dipermukaan lidah adalah tanda infeksi sifilis.

Lidah yang terlihat ‘gemuk dan halus’ dapat mengungkapkan vitamin B12, zat besi atau defisiensi folat, dan anemia. Ke kondisi yang lebih serius, luka atau benjolan pada lidah atau bahkan pendarahan bisa menjadi tanda kanker mulut, para peniliti kanker di Inggris memperingatkan.

Namun, bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil yang susah untuk mengakses dokter atau rumah sakit, tindakan sederhana memeriksa lidah ini tentu sulit dilakukan. Untuk mengatasi masalah ini, para ilmuwan di India sekarang telah mengembangkan tes baru.

International Journal of Biomedical Engineering and Technology melaporkan sebuah sistem diagnostik baru yang bekerja untuk menggabungkan gejala dengan analisis digital gambar lidah pasien.
 
Back
Top