Belanja Online dengan Cara Cerdas Seperti Ini

johnnypetot

New member
Saat ini sedang marak tren belanja online. Menurut data dari Trend Mirco rata-rata konsumsi belanja online menghabiskan dana sekitar US$ 400 dalam setahun. Dengan meningkatnya tren belanja online, kejahatan di dunia cyber mulai mengincar dunia bisnis online.

Kamu yang termasuk penggila belanja online harus hati-hati dan lebih bijak dalam berbelanja. Nah supaya kamu gak terkena imbas kejahatan cyber saat belanja online, baca nih cara cerdas saat belanja online:

• Belanja di situs belanja terpercaya dan aman
Cek situs belanja yang ingin kamu masuki. Lihat apakah di situs tersebut dicantumkan alamat, nomor telepon, nama facebook/blog/website dari situs belanja tersebut. Cek juga di google tentang situs belanja tersebut, informasi apapun mulai dari nomor rekening, nomor telepon, dan nama situs belanja, dan akun sosmed situs belanja tersebut. Ini penting untuk mengetahui track record dari situs belanja itu

• Bookmark situs belanja
Sebagai informasi penting saat ingin melakukan belanja online. Ini untuk meminimalisir kemungkinan tertipu dengan situs buatan peretas.

• Cek nomor resi dan komentar pembeli
Cek ke website kurir nomor resi yang ada di album testimoni buat tahu itu resi palsu atau asli. Cek juga komentar dan foto-foto dari pembeli sebelumnya, di sini kamu bisa bedain mana pembeli palsu atau asli.

• Hati-hati dengan link tawaran di e-mail
Misalnya ada link tawaran barang atau diskon menarik lewat e-mail kamu harus hati-hati. Jangan sampai kamu tergoda yang akhirnya membawa kamu ke link palsu atau attachment yang isinya bisa menginfeksi PC, laptop atau tablet milik kamu.

• Gunakan fasilitas pembayaran COD
Beberapa situs belanja online menyediakan fasilitas pembayaran COD untuk meminimalisir pembelian barang online. Tapi kalau tempat tinggal kamu jauh dari COD, bisa milih bayar dengan kartu debit atau kartu kredit. Dan kalau kamu terpaksa pake kartu kredit, jangan pernah kasih nomor kartu di e-mail untuk menghindari penipuan dengan kartu kredit.

Dunia online memang membuat kamu jadi memiliki hidup bebas terutama soal belanja. Tapi kamu jangan jadi kalap. Apalagi hanya dengan kartu kredit kamu sudah bisa belanja dan mendapatkan barang yang diinginkan. Kamu harus tetap mampu mengelola finansial dengan tepat agar mampu meraih #KebebasanFinansial.

sumber
 
pesen aq ciii...
jangan mudah/suka belanja. jadilah manusia produktip!
blajar hair-cut, jahit, gali kreatipitas dg gunakan bahan2 limbah.. dls!
beli kalo bener2 butuh. trus? ya duitnya kirim pa transfer ke rekeningku!

- n1 -
tak tanggung amal yg ada bakalan dibales! cxixixixi... ngiklan!
 
Back
Top