CEGAH BAHAYA KEBAKARAN AKIBAT KORSLETING LISTRIK

acamitraca

New member
Banyaknya kebakaran yang terjadi sejak dahulu hingga saat ini adalah disebabkan oleh korsleting listrik. Biasanya terjadinya korsleting listrik berasal dari keteledoran atau kelalaian dari si pemakai listrik. Untuk itu diperlukan informasi dan pengetahuan yang cukup agar peristiwa yang sangat merugikan dan mengerikan ini tidak terjadi pada rumah ataupun property milik kita. Kejadian kebakaran akibat korsleting listrik ini dapat terjadi kapan saja dan dimana saja dan pastinya menimbukan kerugian dan kerusakan yang sangat dalam bagi para pemilik bangunan bahkan tak jarang juga menimbulkan korban jiwa.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat peristiwa korsleting listrik:


Pemasangan instalasi rumah / bangunan
Percayakan pemasangan instalasi rumah/bangunan pada instalatir yang terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. Secara legal instalatir mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi.

korsleting listrik
Jangan menumpuk steker atau colokan listrik kebanyakan
Yang sering dilakukan adalah menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat akibatnya sambungan seperti itu akan terus menerus menumpuk panas yang akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik.

Jangan gunakan material listrik tidak standard
Penggunaan material listrik sebaiknya dilihat dari mutu dan standarisasinya, bisa jadi harganya lebih mahal namun lebih terjamin mutunya. Oleh karena itu jangan menggunakan material listrik sembarangan yang tidak standar walaupun harganya murah namun pilih yang telah memiliki sertifikat Sistim Pengawasan Mutu (SPM) yang tertera pada produk tersebut.

Jika sering putus jangan menyambungnya dengan serabut kawat yang bukan fungsinya karena setiap sekring telah diukur kemampuan menerima beban tertentu.
Pemeriksaan rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel
Apabila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis agar segera dilakukan penggantian. Gantilah instalasi rumah/bangunan yang ada secara menyeluruh minimal lima tahun sekali dan pekerjaan pemeriksaan dan penggantian sebaiknya dilakukan oleh instalatir anggota AKLI dan terdaftar di PLN.

Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.
Matikan segera listrik dari kWh meter.
Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik, matikan segera listrik dari kWh meter.

Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik.
Hubungan arus pendek atau korsleting adalah kontak langsung antara kabel positif dan negatif yang biasanya dibarengi dengan percikan bunga api, dan bunga api inilah yang memicu kebakaran. PLN telah memasang MCB yang terpadu dengan kWh dan OA Kast yang berfungsi sebagai pembatas bila pemakaian beban melebihi kapasitas daya sekaligus sebagai pengaman bila terjadi hubungan arus pendek.

Hindari pemakaian listrik secara illegal karena disamping membahayakan keselamatan jiwa, tindakan itu juga tergolong tindak kejahatan yang dipidanakan.
Karena itu hati-hatilah terhadap bahaya kebakaran yang mengintai dan dapat terjadi kapan saja. Lebih baik lindungi rumah anda dan semua barang property anda dengan asuransi rumah atau asuransi kebakaran atau asuransi property agar ada rasa aman dan nyaman karena ada yang memberikan perlindungan ekstra bagi Anda.

Asuransi rumah / asuransi property memberikan perlindungan menyeluruh dari bahaya kebakaran, banjir, huru hara, gempa bumi, kemaligan, pembongkaran dan hal lainnya. Dapatkan informasi lebih lanjut di www.mitracaonline.com | www.asuransirumah.org atau hubungi Gaby Yong di 08567177306 atau Sharon Tio di 082198207682.
 
Back
Top