Resep Cara Membuat Soto Betawi Asli

resepmasakan16

New member
Soto Betawi yang merupakan masakan khas orang Jakarta ini banyak didambakan oleh sebagian besar para pecinta masakan Indonesia. Rasa kuah Soto Betawi yang memiliki rasa yang gurih merupakan perpaduan santan susu, daging sapi, dan jeroan. Rasanya akan sangat istimewa bila ditambah dengan perasan jeruk limau. Berikut ini silahkan simak tentang langkah-langkah cara membuat Soto Betawi
Soto-betawi-.Jpeg

Bahan Membuat Soto Betawi :
Babat sapi 150 gram
Paru sapi seberat 150 gram
Daging sandung lamur atau sengkel sebanyak 300 gram
Usus sapi 150 gram
500 ml Santan encer sebanyak
200 ml Susu sapi sebanyak
1/2 L air untuk merebus kira-kira 1,5 liter
3 sdm minyak, untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan :
3 bh Cabai merah besar
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
2 cm jahe
2 sdt jintan
1 sdt cengkeh
4 lembar daun salam
2 batang serai, yang sudah dimemarkan
Garam secukupnya
Bahan Pelengkap Soto Betawi :
Tomat merah potong potong menjadi 12 bagian
Sebatang daun bawang, iris serong halus
Sebatang daun seledri, rajang halus
Bawang goreng
Emping goreng
Sambal cabai rawit
Acar
Cara Membuat Soto Betawi :
Pertama rebuslah daging sengkel dan sandung lamur dengan air, rebus sebentar hingga daging berubah warna, kemudian tiriskan dan buang air rebusan pertama, kemudian rebus daging tadi dengan 1,5 liter air dan 1 sendok makan garam, rebus hingga daging sengkel dan sandung lamur lunak. Angkat tiriskan kemudian potong-potong dadu dan sisihkan air kaldunya.
Lalu rebuslah semua daging jerohan hingga empuk dan tiriskan, kemudian buang air rebusannya. Potong-potong babat, paru dan usus menjadi ukuran kecil.
Segera panasi kaldu daging dengan api sedang kemudian tumis bumbu halus, daun salam dan sereh dengan minyak goreng hingga matang dan wangi, segera masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu, aduk hingga rata. Masukkan potongan daging dan jerohan ke dalam air kaldu kemudian tambahkan air susu dan santan, aduk aduk hingga kuah mendidih tambahkan garam dan cicipi kuah hingga di dapat rasa yang pas Tips : sesudah santan masuk terus aduk aduk agar santan tidak pecah/pisah dengan air kaldu. Bila sudah matang matikan kompor.
Soto Betawi siap disajikan
Sumber : Resep Soto Betawi
 
Back
Top