Aman dan Nyaman berkendaraan

Rangga79

New member
Aman dan Nyaman Berkendaraan

Ketika anda melakukan perjalanan dengan sepeda motor gunakan selalu perlengkapan yang layak seperti helm (standar DOT atau yg lebih baik) pelindung mata ( face shield, googles atau full coverage yang anti pecah), kaos lengan panjang atau jaket, sarung tangan yang full fingered, celana panjang (denim atau kulit), dan sepatu yg menutupi sampai atas matakaki dengan sol yang anti slip. anda akan lebih merasa lebih nyaman , lebih aman, dan bahkan bisa lebih enjoy selama perjalanan.
pada malam hari, jangan mengabaikan lampu depan (headlight). buatlah diri anda se-terlihat mungkin oleh pengemudi lain dengan memakai baju/jaket yang berwarna cerah atau yang memiliki efek pantulan (reflective clothing). selain itu pengecekan sebelum jalan, harus diketahui bagaimana melakukan minor maintenance dan servis thd motor anda, penting khususnya sebelum melakukan perjalanan jauh. bacalah buku manual pemilik sepeda motor dan ikuti petunjuk yang diberikan.
ketika melakukan pengereman gunakan kedua rem secara bersamaan. tapi pada kondisi tertentu anda harus jeli dalam memvariasikan penggunaan kedua rem tersebut. ketika kita harus belok melewati jalan yang licin dan berbatu misalnya, dominasi rem depan akan sangat berbahaya pada situasi seperti ini. pada umumnya dikatakan, dalam kondisi bagus 2/3 kekuatan pengereman berasal dari rem depan. seberapa besar tekanan rem yang digunakan tergantung dari kemahiran anda, kondisi motor anda, dan keadaan sekitar.
kurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan/belokan. lihat kearah belokan dan akselerasikan gas dengan lembut dan perlahan ketika melewati belokan. akselerasi lembut ini menghasilkan kestabilan akan tetapi tidak akan tercapai tanpa ditunjang lebih dulu oleh pengereman yang layak saat memasuki belokan.
lumpur, pasir, air, dan yang lainnya dijalanan memerlukan penanganan khusus. Sebelum mencapai permukaan yang licin kurangi kecepatan motor, meluncur perlahan. usahakan tidak mengurangi kecepatan dengan mendadak saat memasuki area berbahaya tersebut.
ingat bahwa beberapa menit pertama saat hujan turun adalah kondisi yang paling berbahaya. pada saat itu adalah saat dimana air bercampur dengan minyak/oli, debu, dan cairan2 lainnya diatas jalan yang tadinya kering sehingga saat itu jalan akan menjadi benar2 licin. sebisa mungkin hindari berkendaraan disaat seperti ini.
berdiri pada footstep dapat membantu anda untuk menjaga kendali dan keseimbangan saat kondisi jalan kasar , berbatu dan banyak lubang atau rintangan lainnya. jaga agar lutut dan siku anda tetap menekuk dan jangan lurus. Awasi bahaya yg ada di arah tujuan anda dan maju dengan kecepatan yg teratur.
Rencanakan segala sesuatunya- anda tidak akan pernah tahu masalah apa yang bakal muncul nantinya. Anda harus sudah mengetahui apa yg akan anda lakukan jika tiba2 anda jatuh tergelincir, pecah ban, tali kopling atau tali gas putus dan lainnya. pikirkan dan persiapkan segala sesuatunya.
membawa boncenger akan mempengaruhi tingkat keseimbangan dan kendali motor. pastikan boncenger anda memakai perlengkapan yg layak pula. boncenger harus tau dimana dan bagaimana duduk, dimana mereka harus meletakkan kaki dan tangan dan bagaimana mencondongkan badan ketika menikung. ingatlah bahwa boncenger adalah tanggung jawab anda karenanya harus ter-edukasi sebaik2nya, agar layak dan siap sebagai boncenger yg aman (ngga nyusahin)
Jangan pernah berkendaraan jika anda sedang mengkonsumsi obat2an yg menyebabkan antuk, apalagi narkoba, alhkohol, atau sejenisnya. senjata utama anda diatas motor, yaitu KESADARAN, akan melemah dan kemampuan bereaksi terhadap sesuatu menjadi lambat.
jika ada barang bawaan, pastikan terikat aman di motor dan jaga supaya objek/barang tidak merusak pusat gravitasi
(center of gravity) motor anda. jangan menaruh barang ditempat2 yang bisa menggangu kemudi dan kendali anda.
(dari berbagai Sumber)
 
Back
Top