Ini Makanan Khas Tahun Baru Di Jepang

ramaricarica

New member
Malam tahun baru kemaren lo ngapain? Ada makanan khas apa? Jagung bakar, atau lo justru masak nih bareng keluarga? Ternyata Jepang punya loh makanan khas buat nyambut tahun baru, mau tahu? Nih dia guys :

• Nanakusa gayu
Nanakusa itu tradisi yang biasanya dilakukan di tanggal 7 Januari di Jepang, dan semua orang di Jepang memakan bubur nanakusa (nanankusa gayu) yang merupakan campuran beras dengan 7 sayuran. Dan nanakusa gayu ini katanya sih dipercaya menjauhkan orang dari segala macam penyakit. Bubur ini biasanya dimakan saat tutup tahun.

nanakusa-gayu.jpg


• Osechi Ryori
Ini makanan biasanya disiapkan saat pergantian tahun. Disajikan dalam kotak-kotak kayu yang namanya Jubako. Lauknya macam-macam dan warnanya menarik, gan. Makanan di Jubako melambangkan kesehatan, kesuburan, panjang umur, kebahagiaan, dll.

mg_4753-2.jpg


• Konbu
Konbu ini ganggang laut yang biasanya dikonsumsi orang Asia Timur. Di Jepang sendiri si konbu ini dipakai dalam masakan Jepang sebagai bahan dasar kaldu yang juga disebut dashi yang nantinya bakal dimasak dengan sayur dan daging, atau juga diproses jadi makanan olahan sebagai lauk teman makan nasi. Makanan ini mirip dengan rumput laut yang melambangkan sukacita, dan biasanya disajikan saat tahun baru.

zpt1366038537.jpg


• Mochi
Warga Jepang juga punya tradisi unik loh saat jelang tahun baru namanya mochitsuki yang artinya tumbuk mochi. Mochi tuh makanan penggantu nasi selama tahun baru, gan. Dan mochi imut ini dijadikan hiasan buat tahun baru yang juag disebut kagami mochi. Manis dan cute yah.

Kue-Moci.jpg


• Soba
Eh soba juga ternyata turut meramaikan pesta tahun baru di Jepang loh. Mie Jepang dari gandum hitam ini unik. Bisa dimakan panas ataupun dingin, sama enaknya. Soba dianggap memiliki kekuatan dan ketahanan, ini karena gandum hitam terkenal kuat diterpa angin kencang sekalipun.

p16i79e1361u8l1ekl1098v93k1d3.jpg


Unik juga yah makanan khas tahun baru di Jepang ini. Sayangnya gak ada ocha yah? Teh asal Jepang yang terkenal itu buat dihidangkan di malam tahun baru? Hmmm, apa ocha gak unik yah?

sumber
 
Back
Top