Kuliner Unik dari Garut, Burayot

timothyganda

New member
Indonesia memang kaya akan alamnya, tapi jangan salah, kulinernya juga unik dan istimewa. Salah satunya kuliner unik di Garut bernama Burayot. Sekilas kalau dilihat sih gak menarik, bentuknya keriput berwarna coklat, hampir mirip dengan batagor.

Tapi jangan salah biarpun keriput dan jelek, buraot enak, manis, legit, krenyes pas digigit. Kuliner burayot terkenal enak karena legitnya gula merah. Di Garut memang jajanannya semua manis, seperti halnya dodol dan chocodot. Cara buatnya juga unik.

Dinamain burayot karena berasal dari kata ngaburayot yang artinya gelantungan. Jadi pas kue ini matang dan ditiriskan keliatan bagian bawah makanannya numpuk kayak gelantungan gitu. Bahan dasar burayot ini beras merah, kacang merah, plus gula merah.
Sebelum dicampur bahan lain, beras merahnya ditumbuk dulu sampai jadi tepung beras. Sedangkan si kacang merahnya disangrai dulu sebelum ditumbuk sampai halus.

Setelah halus si tepung beras dan kacang merah yang udah halus itu dicampur dengan gula merah yang udah cair dan dingin. Setelah itu adonannya diaduk sampai rata, bentuk bulat jadi bola lalu dipipihkan.Adonan yang sudah pipih digoreng dengan minyak panas smapai kecoklatan dan angkat.

Yang unik lagi burayot ini gak diangkat dengan sodet tapi dengan bambu yang ditusuk di kulit kue dan ditiriskan. Burayot ini lezat dan legit kalau dinikmatin panas-panas. Kalau lo mau beli burayot banyak kok dijual di toko oleh-oleh khas Garut.

sumber
 
Back
Top