APARTEMEN MURAH DI HONG KONG

daivomaradenna

New member
Ada fenomena unik di pasar real estat Hong Kong diskon sampai 50% bagi mereka yang mau tinggal di apartemen yang pernah menjadi lokasi pembunuhan. Kematian tak wajar biasanya menyebabkan diskon sewa apartemen 10% sampai 20% dan potongannya bisa dua kali lipat bila kematian diakibatkan pembunuhan, kata Sammy Po, kepala departemen hunian firma real estat Midland Holdings. Orang China percaya bahwa tempat-tempat yang dikenal sebagai hung jaak, istilah Kanton untuk apartemen berhantu, bisa membawa sial. “Orang-orang China begitu perhatian mengenai hal ini,” ujarnya.

Sewa apartemen di properti mewah seperti J Residence di Wan Chai yang pada 1 November lalu menjadi lokasi pembunuhan dua perempuan asal Indonesia oleh seorang bankir investasi asal Inggris, mencapai HK$ 29.000 atau setara US$ 3.740 per bulan. Harga itu mungkin bakal anjlok setengahnya setelah unit apartemen itu dibebaskan dari status tempat kejadian perkara, dibersihkan, disewakan lagi, kata direktur sebuah perusahaan pemilik apartemen yang disewa tersangka Rurik Jutting itu. Apabila unit itu dijual, maka harga jual apartemen tersebut bisa turun menjadi HK$ 6 juta dari harga awal HK$ 9 juta.

Tahun ini, Hong Kong memiliki hampir 190 apartemen atau rumah yang menjadi lokasi kematian tak wajar, termasuk pembunuhan dan bunuh diri menurut data yang dikompilasi oleh Square Foot. Situs itu mendaftar tanggal insiden, alamat, dan distriknya, beserta penjelasan singkat mengenai kasus kematian. Dari daftar terbaru adalah apartemen tempat seorang pelajar berusia 18 tahun tewas karena jatuh dengan kantong plastik di kepalanya, apartemen tempat pasangan paruh baya yang terkena kesulitan keuangan melakukan bunuh diri dengan menghirup asap pembakaran batu bara, dan apartemen yang seorang ibu penghuninya tewas ditikam tetangga yang mengalami gangguan kejiwaan ketika melindungi dua putrinya.

hongkong.jpg


Hong Kong adalah pasar properti termahal di Asia. Harga jual hunian yang telah melonjak lebih dari dua kali lipat sejak 2009 telah mencapai rekor pada Oktober meskipun pemerintah sudah melakukan berbagai kebijakan untuk mengerem laju permintaan. Sebagai perbandingan untuk pasar yang pasokannya terbatas seperti New York, kejahatan atau peristiwa buruk biasanya tak memiliki banyak pengaruh pada harga properti, kata Jonathan Miller, presiden penilai real estat Miller Samuel. Di Inggris, negara yang aksi kejahatan bisa membuat sebuah properti tak bisa dijual, maka solusinya adalah pembongkaran dan pembangunan kembali rumah itu, kata Richard Sexton, direktur E.surv, penilai properti terbesar di negeri itu. “Sama halnya dalam cerita rakyat,” kata dia, “rumah dengan hantu yang baik kadangkala justru bisa dipasarkan dengan lebih baik.”

C S Group, firma layanan properti di Hong Kong, telah melelang apartemen kategori hung jaak seluas 32 meter persegi dengan harga HK$ 1,91 juta pada November atau 14% lebih tinggi dari harga awalnya. Namun, itu berarti 16% diskon dari harga pasaran apartemen dengan luas dan lokasi sama yang terjual bulan lalu menurut data Midland. “Permintaannya masih ada, apakah dari investor yang ingin menyewakannya atau dipakai sendiri,” kata Alger Cheng, manajer umum departemen lelang C S Cgroup. Selain itu, kalangan ekspatriat juga tak begitu mempedulikan tinggal di “apartemen berhantu,” kata Asif Ghafoor, pendiri situs daftar properti Spacious.

Takhayul masih begitu kuat di Hong Kong yang orang-orangnya juga menghindari tinggal di lokasi dekat kuburan, rumah sakit, dan gereja, yang dianggap membawa sial. Bangunan tinggi biasanya melewatkan lantai keempat karena angka itu bunyinya mirip dengan karakter China untuk kematian, sama seperti bangunan di Amerika Serikat tak memiliki lantai ke-13. Perusahaan properti juga mengandalkan feng shui, ajaran untuk menyelaraskan desain bangunan dengan energi sekitarnya. “Bagi mereka yang besar di Hong Kong, feng shui telah ditanamkan ke pikiran, bahkan jika Anda tak mempercayai atau memahaminya,” kata Ng Wai-pok, mantan pengajar feng shui Universitas Hong Kong. “Bagian terbesarnya adalah psikologis, namun juga ada metafisika.”ples”.
 
Back
Top