Pernah Melakukan Kesalahan Ini Saat Mengejan?

raratania

New member
Hai, non. Gimana kabarnya? Oh ya aku mau sedikit berbagi khususnya buat calon ibu yang sudah mendekati HPL nih. Faktor yang menentukan saat bersalin adalah mengejan. Tapi faktor ini terkadang masih ada saja calon ibu yang melakukan beberapa kesalahan.

Coba cek buat yang sudah punya baby apa pernah melakukan ini? Buat yang sedang persiapan jadikan panduan yah dan jangan sampai dilakukan.

• Serabutan saat bernafas
Gak bermanfaat saat proses mengejan. Justru yang paling baik itu menarik napas yang benar, karena ini justru dapat mengurangi rasa sakit dan dapat menjadi sumber tenaga mengejan. Pelajari teknik bernafas saat ikut kelas senam hamil atau persiapan persalinan.

• Mengejan sebelum diperintah dokter
Nah ini juga yang ngaco, karena akan membuat pola mengejan tidak teratur, tenaga yang terbuang juga percuma, dan jalan lahir membengkak karena saat mengejan ada cairan yang keluar di jalan lahir. Akibatnya ###### bengkak dan sulit dijahit. Kalau memang sudah gak tahan ingin mengejan, sementara pembukaannya belum lengkap dan belum ada instruksi dokter, lakukan saja pernapasan penting (pendek-pendek dan cepat). Teknik napas ini juga bisa dilakukan di sela atau jeda mengejan, dan untuk menghilangkan lelah sesudah mengejan.

• Mengejan Ditahan
Nah ini kebalikan dari yang tadi. Banyak dari para calon ibu justru menahan mengejan karena takut feses ikut keluar dari anus. Supaya feses gak ikut keluar kosongkan usus 24 jam sebelum bersalin, baik secara alamiah atau anema.

• Berteriak
Niatnya sih ingin menyalurkan rasa sakit dan emosi. Paling sebel yang ini apalagi kalau pas nonton film gitu ada adegan bersalin. Tapi teriak-teriak gitu justru gak efektif. Selain buang-buang tenaga, tenggorokan juga jadi kering, batuk, serak, suasana di ruang bersalin juga jadi panik dan tegang. Yang lebih parah jadi gak jelas dengar instruksi dokter. Kalau merasa sakitnya gak nahan pas kontraksi, lemasin otot dulu biar relaks, tarik napas panjang, dan embuskan perlahan. Simpan tenaga untuk mengejan.

• Tutup mata
Dengan menutup mata mengakibatkan tekanan pada mata, sehingga pembuluh darah di selaput bola mata pecah. Mata jadi merah, biarpun bisa sembuh sih beberapa hari setelahnya. Tapi lebih baik buka mata dan arahkan pandangan ke perut.

• Angkat pantat dan panggul
Membuat robekan perineum lebih lebar sehingga perlu lebih banyak jahitan. Jadi lemaskan panggul saat mengejan.

Jadi apa yang udah punya baby pernah melakukan kesalahan ini saat mengejan? Yang belum jangan dilakukan yah.

sumber
 
semoga nanti kalau istriku udah mau HPL semuanya lancar dan sehat walafiat






promosi di signature saja
 
Last edited by a moderator:
Back
Top