Langkah Tepat Hadapi Tingginya Curah Hujan dan Banjir

acamitraca

New member
attachment.php


Saat ini, hampir diseluruh kawasan Jabodetabek tiap hari diguyur hujan. Tingginya curah hujan yang turun pun berdampak meluapnya air sungai dibeberapa tempat di Jabodetabek. Nah, bagi Anda yang mengendarai mobil setiap beraktivitas, perlu mengetahui beberapa tips berikut untuk menghadapi banjir:

  1. Bisa dipastikan, Anda harus mempersiapkan kendaraan dengan kondisi full tank, jadi bila harus muter-muter mencari jalan alternatif tidak perlu repot cari SPBU.
  2. Bila nantinya Anda terpaksa melewati medan yang tergenang air, pastikan kita mengenal medannya. Jangan sampai kita terperosok pada lubang atau got dipinggir jalan.
  3. Jika Anda ingin menerobos genangan air, pastikan posisi knalpot diatas genangan air.
  4. Periksa kondisi bearing roda, dan rem. Jika terkena air keringkan. Untuk rem dengan sistem ABS, jika terjadi masalah bawa ke bengkel terdekat.
  5. Periksalah silinder dengan cara membuka busi, jika terdapat air maka keluarkanlah dengan cara start engine dalam kondisi busi terbuka semua. Jangan lupa bersihkan busi dari kotoran dan air. Untuk komponen kelistrikan seperti starter, alternator, dan ECU, keringkan dengan hairdryer.
  6. Jika saat menerobos genangan air tiba-tiba mesin mati, jangan mencoba menstarter. Karena jika dipaksa akan merusak mesin. Lebih baik mobil didorong ketempat yang aman.
  7. Selalu update info daerah mana yang rawan banjir, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu dengan nekat menerjang daerah rawan banjir.


Semoga tips ini bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan perlindungan asuransi bagi mobil kesayangan anda dari berbagai macam kerugian yang sewaktu - waktu dapat menimpa anda. Untuk informasi mengenai asuransi mobil dapat menghubungi sharon 082198207682 atau Gaby Yong di 08567177306 | www.mitracaonline.com
 

Attachments

  • Banjir-Jakarta.jpg
    Banjir-Jakarta.jpg
    81.6 KB · Views: 239
Back
Top