Beda Topan Dan Angin Puyuh?

Megha

New member
Belom lama Abis nonton Film Twister eh.. kepikiran terus :D Ampe bingung

Kebanyakan orang tuh biasanya sering nyamain fenomena Badai dengan topan. Padahal, dalam bahasa inggris, badai alias Strom dibedakan menjadi dua jenis yaitu,hurricane dan typhoon. kalo dai artiin kebahasa indonesia hurricane itu berarti Anginm Ribut atau angin puyuh sedangkan typhoon itu ya Topan. LAntas apa bedanya? kan sama-sama angin gede dan muter-muter (?_?)
 
Menurut wikipedia...*dan aku sendiri XD* hurricane dan typhoon adalah jenis angin ribut yang sama2 merusak cuma beda nama...
justru yang harus diketahui, kedua angin ini termasuk tropical cyclone

Angin cyclon adalah angin yang berputar diakibatkan karena ada 1 daerah yang bertekanan sangat rendah dikelilingi oleh daerah yang bertekanan sangat tinggi...dan sesuai dengan sifatnya, angin akan bergerak dari tekananan tinggi ke tekanan rendah.

Akibat dari tekanan udara yang "sangat" ini..angin akan bergerak lebih cepat sehingga membentuk suatu pusaran yang sangat kuat dan tenaga na dapat membuat kerusakan besar.

Fun fact
Akhir2 ini di Amerika sangat banyak angin ribut yang terjadi, setau ku ada 27 *salah satu na..tau donk katrina* akibat na... para peneliti kehabisan nama untuk menamai angin2 ribut ini sampe akhir na mereka harus menggunakan penamaan huruf Greek...

btw...angin2 ribut ini jgua bsia terjadi karena pemanasan global loh...
 
Back
Top