TREN BATU AKIK (Bahas di SINI!!)
 
Go Back   Home > Lifestyle & Fashion

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #1   Report Post  

TREN BATU AKIK (Bahas di SINI!!)



Aslikah batu akik koleksi Anda? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi banyak orang, mengingat mudahnya mendapatkan batu akik yang sudah jadi di pasaran.

Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguji apakah batu mulia tersebut asli atau palsu. Batu akik palsu merupakan batu sintetis hasil olahan pabrik yang dibuat menyerupai batu asli.

Pertama kita bisa mengujinya dengan memperhatikan urat-urat alam yang tampak dalam batu. Untuk melihatnya diperlukan kaca pembesar atau mikroskop karena serat-serat tersebut kadang kala sangat kecil. Bila asli, serat pada batu nampak seperti retak-retak karena dipastikan tidak ada batu mulia yang mulus tanpa serat.

Selanjutnya menguji tingkat kekerasan batu dengan menggunakan alat yang disebut hardness set pensil. Anda juga bisa mengujinya dengan cara memeriksa kadar beratnya dengan timbangan air. Terakhir menggunakan refraktometer untuk mengetahui pantulan sinar batu.

Selain dengan cara di atas bisa juga menguji dengan cara sederhana seperti jika dilekatkan di pipi maka batu akan terasa dingin, artinya batu tersebut asli. Jika dibakar batu akan cepat panas dan kembali cepat dingin, beda dengan kimia plastik atau kaca aspal, yang mampu menyimpan panas lebih lama.

Batu-batu sintetis umumnya memiliki ciri-ciri tampak bening seperti kaca, tidak terlihat serat di dalamnya. Massanya lebih ringan untuk ukuran batu yang sama dengan. Terjadi perubahan bila Anda membakarnya dan mudah tergores atau lecet jika terjatuh dan tergesek benda keras

Sumber : Batu Akik Asli Indah
resepmasakanindo
resepmasakanindo resepmasakanindo is offline
National Level

Post: 674
 
       





    #2   Report Post     Original Poster (OP)

Batu Akik bertuah yang indah dan Cantik



Benda-benda mistik atau pusaka, atau azimat, atau benda bertuah adalah kata yang tak asing dikeseharian kita. Iklim masyarakat Indonesia yang heterogen memungkinkan budaya zaman Megalithicum atau apapun budaya masa lampau masih lestari berkembang ditengah masyarakat yang serba modern dengan segala kecanggihan sistem telekomunikasi dan Internet. Hal-hal yang nyata dan hal-hal yang Gaib adalah ibarat sendok dan garpu alias mereka berdampingan dalam kehidupan manusia. Kembali kepada manusianya, jalan mana yang dipilih dalam menyikapi Qodrat Illahi ini. Benda-benda bertuah atau apapun namanya seperti yang sering kita dengar memiliki banyak ragam jenisnya. Ada yang terbuat dari batu, kayu, logam, kain, kulit dan kertas. Tuah/Khasiat/Kegunaannya pun beragam. Yang menjadi pertanyaan adalah apa sebenarnya rahasia dibalik benda benda mistik tersebut sehingga memiliki kekuatan ghaib?, bahkan ada yang bentuknya sangat mustahil untuk dipercaya bahwa memiliki tuah mistis yang ampuh, misal berbentuk sehelai benang seperti yang biasa kita lihat di tukang jahit, atau batu kecil yang tak memiliki penampilan yang memikat baik warna, tekstur, dan keindahan yang lain.


Sebagai pengetahuan pembaca, info didapatkan bahwa yang disebut jimat/azimat/benda bertuah/benda mistik ada 6 (enam) jenis :
1. Audha, atau perlindungan. Biasanya digunakan utk kekebalan atau penangkal serangan ilmu hitam, atau digunakan sebagai pelindung negara dalam jangkauan yang lebih luas.
2. Hijab, atau pembatas/pemeleh. Biasanya dipakai untuk membuat musuh
tidak melihat keberadaan kita atau tidak melihat rumah/bangunan yang dimaksud, selain itu dipakai utk memblok serangan ilmu hitam
3. Hirz, atau penjaga dari Syaitan. Digunakan oleh para pemburu binatang dihutan atau sebagai Azimat penjaga rumah
4. Nafra, berguna utk mengusir mahluk halus jahat. Biasa dipasang di kalung anak kecil agar tidak sering mengganggu anak-anak atau sebagai Jimat rumah
5. Wadh, berguna untuk memperjelas sebuah perkara. Dipakai utk membuka mata batin utk sementara guna dipakai melacak suatu perkara yg cukup rumit.
6. Tamima, berguna untuk melengkapi. Azimat ini biasanya digunakan untuk melengkapi unsur bathin seseorang yg tidak lengkap misal seorang pimpunan daerah.
Segala ilmu dan kekuatan adalah berasal, dan bertasbih pada Allah SWT

Sumber : batu akik bertuah
resepmasakanindo
resepmasakanindo resepmasakanindo is offline
National Level

Post: 674
 





    #3   Report Post     Original Poster (OP)

Cara Membedakan Batu Bacan Asli Dan Palsu



Batu bacan saat ini menjadi salah satu jenis batu mulia favorit para kolektor. Awalnya, batu bacan dihasilkan di Pulau Kasiruta. Tetapi, batu ini lebih dikenal dengan sebutan batu bacan karena Pulau Bacan lah tempat batu ini diperdagangkan.

Karakteristik batu bacan sangat menarik. Sebab, serat batu yang banyak secara perlahan akan membuat batu bacan menjadi lebih bersih atau bening dan mengkristal dalam waktu yang cukup lama dengan sendirinya.

Bukan hanya itu, batu bacan pun mampu untuk menyerap senyawa lain di dekatnya. Misal, batu bacan dilekatkan dengan tali pengikat berbahan emas, maka lama kelamaan bahan emas tersebut akan diserap oleh batu bacan sehingga bagian dalam batu akan bintik-bintik emas.
Dengan keistimeswaan tersebut, batu bacan sangat digandrungi banyak orang dan saat ini harganya terbilang sangat mahal, yaitu ada yang mencapai sekitar ratusan juta rupiah. Untuk itu, jika ingin membeli batu bacan, Anda harus berhati-hati. Jangan sampai batu bacan yang dibeli itu palsu. Lantas bagaimana cara mengetahui batu bacan palsu atau tidak?

Dikutip dari situs resmi pariwisata Indonesia, Indonesia Travel pada hari Rabu (10/12/2014), cara paling mudah untuk melihat apakah batu bacan yang sudah memproses secara alami akan terlihat mengkilat dan keras ketika sudah diasah. Selain itu, usahakan juga hindari batu bacan "mati", yaitu batu bacan yang telah dibentuk menjadi mata kalung atau mata cincin. Sebab, jika sudah dibentuk dikhawatirkan proses alami pada batu tidak lagi berjalan.

Selain itu, beberapa cara lain untuk mengetahui batu bacan asli atau palsu adalah sebagai berikut:

1. Gesekkan pada kaca. Batu bacan asli dapat menggores kaca ketika digesekkan.
2. Bakar. Saat dibakar, permukaan batu bacan asli akan terlihat seperti minyak dan akan hilang ketika dibersihkan. Sedangkan batu bacan palsu akan meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan.
3. Ditimbang. Timbang dua batu bacan dengan ukuran yang sama. Batu bacan yang lebih ringan kemungkinan besar adalah batu bacan palsu.
4. Disenter. Saat disenter, batu bacan yang terkena cahaya akan terlihat serat-serat khas yang tidak mungkin ada pada batu bacan palsu.
5. Perhatikan perubahan batu. Batu bacan yang asli lama kelamaan akan berubah warna. Dari hitam, batu bacan akan berubah menjadi hijau dan seterusnya hingga menjadi batu yang berwarna bening.

Sumber : Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu
resepmasakanindo
resepmasakanindo resepmasakanindo is offline
National Level

Post: 674
 





    #4   Report Post     Original Poster (OP)

Keren!! Batu Akik Ini Harganya Rp 5 Miliar



Warga Wonosobo baru-baru ini dihebohkan dengan kemunculan sebuah batu akik bergambar Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Hebatnya, batu asli dan cantik ini memiliki harga yang cukup fantastis dan hampir sama dengan harga sebuah rumah mewah yaitu Rp 5 Miliar. Batu asli Wonosobo ini bisa dilihat di Pameran Pesta Batu di Pasar Kita Pamulang Kota Tangerang Selatan.

Krisna adalah si empunya dari batu cantik ini. Sepintas, batu milik Krisna ini hanyalah sebuah batu yang memiliki warna-warna cantik di dalamnya, namun jika dilihat secara seksama, perpaduan warna-warna alam tersebut ternyata menyerupai sosok Nyi Roro Kidul yang tengah menari.
Krisna yang juga merupakan seorang seniman melihat keindahan batu yang dimilikinya pun akhirnya menorehkan pada sebuah kanvas. Ia melukis sosok Nyi Roro Kidul di atas kanvas berukuran 10 R yang kemudian lukisan tersebut ia pajang tepat di depan stand-nya.

"Saya melukis ini setelah saya melihat batu Nyi Roro Kidul ini," ungkapnya sembari membandingkan batu Rp 5 miliarnya dengan lukisan hasil tangannya.

Krisna mengaku, awalnya mendapatkan bongkahan batu gambar Wonosobo ini pada 1995. Dia membelinya dari Pasar Jati Waringin, yang kemudian dia bawa pulang karena warnanya menarik. Namun saat dilihat, perpaduan warna seperti membentuk sosok. Kemudian dia buktikan dengan gosokan dan memotong batu seperti gantulan kalung.

"Ini gambar asli dari alam. Tidak saya lukis, gambar, apalagi pahat. Silahkan saja pegang," ujarnya sembari menunjukan lebih dekat.

Keaslian batu milik Krisna ini pun dibuktikan dengan hasil uji sky gemonological laboratory pada tahun ini. Setelah diuji selama 11 jam, akhirnya batu bergambar Nyi Roro Kidul itu bersertifikat keaslian lengkap dengan pengakuan kalau batu tersebut asli Indonesia.

Sumber : Batu Akik
resepmasakanindo
resepmasakanindo resepmasakanindo is offline
National Level

Post: 674
 





    #5   Report Post  

Re: Keren!! Batu Akik Ini Harganya Rp 5 Miliar

mantabbbb 5 miliarnya,,
klo punya gue udah gue jual ajah itu mah,,,
satriaekamulya
satriaekamulya satriaekamulya is offline
Continent Level

Post: 3.174
 
Reputasi: 55

__________________
buktikan semangatmu!






    #6   Report Post  

Re: Keren!! Batu Akik Ini Harganya Rp 5 Miliar

wah di pamulang ya, deket tuh dari ciputat kapan2 liat sat hehee
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






    #7   Report Post  

Re: Batu Akik bertuah yang indah dan Cantik

masih aja percaya ama ilmu2 gituan
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






    #8   Report Post  

Re: Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu

wah gampang-gampang susah bedainnya ya
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






    #9   Report Post     Original Poster (OP)

Harga Batu Giok Aceh Termahal Laku Rp 2,5 Miliar



Batu giok Aceh yang berasal dari Nagan Raya berhasil terjual dengan harga fantastis, Rp 2,5 miliar, dalam pameran “Indonesia Gamestone” di Jakarta. Batu yang sudah diolah dalam bentuk mata cincin berbagai ukuran itu diborong oleh pengusaha Taiwan.

Teuku Fadli, sang pemilik batu, mengatakan, itu adalah penjualan rekor tertinggi untuk batu giok Aceh. “Pembelinya dari Taiwan. Mereka borong semua koleksi batu Aceh yang kalau disatukan seluruhnya memiliki berat 2,5 kg,” kata Teuku Fadli yang dipanggil “Kopral Jendral” saat ditemui di Plaza Batu Jatinegara, Jakarta.

Sejak 2013, batu giok Aceh mulai berkibar di kancah batu nasional. Ini ditandai dengan diraihnya predikat juara dalam pameran “Gamestone Indonesia” dan diikuti juara dua dalam pameran serupa pada 2014.

Teuku Fadli menjelaskan, perjuangan masuknya batu Aceh di kancah batu nasional dilakukan sejak 2008. Tapi baru berhasil pada 2013. “Dulu batu Aceh tidak pernah dilirik. Selalu disebutkan batu ‘sungai dare’ dari Sumatera Barat. Padahal batu Aceh lebih unggul dari batu Sumbar,” kata Teuku Fadli.

Hasil penelitian laboratorium, batu Aceh memiliki keunggulanuntuk dua hal, yaitu kekeristalan dan kekerasannya, mencapai 7 skala, sedangkan batu Sumbar 6,5 skala mouse. Teuku Fadli sedang memperjuangkan masuknya giok Aceh ke dalam Gemologis International of America, yaitu lembaga yang mengakui batu dunia. “Sampai sekarang Indonesia belum masuk dalam data mereka,” kata Fadli.

100 Ton
Teuku Fadli yang rutin menggelar ‘open house giok’ di Jakarta mengatakan, batu yang didagangkan di Jakarta berasal dari Nagan Raya. Ia memprediksi saat ini di Ibukota terdapat 100 ton batu giok, tapi yang benar-benar kelas super masih terbatas.

Fadli menyarankan batu yang dibawa ke Jakarta sebaiknya diolah di Aceh. Fadli sendiri menggosok batunya di Banda Aceh. Dekgam dan Win, adalah dua orang penggosok batu terbaik yang berdomisili di Punge Banda Aceh. “Jangan lupa, penggosok batu terbaik ada di Aceh,” katanya.

Sumber : Batu giok termahal
resepmasakanindo
resepmasakanindo resepmasakanindo is offline
National Level

Post: 674
 
Reputasi: 7


Recent Blog:





    #10   Report Post     Original Poster (OP)

Giok Aceh Abu Usman Ditawar Rp 150 Juta



Dua buah cincin bermahkota batu giok Aceh ditawar masing -masing Rp 100 juta dan Rp 50 juta. Tapi pemiliknya, Ir Muhammad Usman, yang akrab disapa Abu Usman, menginginkan harga Rp 300 juta dan Rp 150 juta.

"Saya tidak ingin melepas dengan harga begitu. Saya ingin hara terbaik untuk kedua cincin giok itu," kata Abu Usman di arena pameran batu mulia indonesia atau "Indonesian Gemstone" di Manggadua Squere, Jakarta.

Abe Halim, yang menaruh minat memiliki koleksi giok cincin milik Abu Usman, mengatakan, cincin tersebut benar-benar indah dan menakjubkan. "Saya minta Rp 100 juta dan Rp 50 juta, tapi belum bwrsedia dilepas," kata Abe Halim, salah seorang penggemar dan pengusaha batu mulia yang memliki gerai penjualan mal batu mulia, di Rawa Bening, Jakarta Timur.

Abe Halim salah seorang "penggila giok Aceh" dan mengaku sudah menjelajahi Sungai Lumut Aceh Tengah dan Nagan Raya. "Giok Aceh benar-benar istimewa. Terutama giok dari Lumut," katanya. Abe Halim sebelumnya membeli cincin giok Aceh seharga Rp 30 juta.

Abu Usman, lahir 1964, alumnus Fakultas Teknik Unsyiah menggeluti dunia batu mulia dari Aceh sejak 30 tahun silam. Batu giok miliknya berhasil memenangi kontes batu mulia dalam oameran Indonesian Gemstone tahun silam dengan merebut juara satu sampi juara harapan dua.

"Lima sertifikat juara saya raih sekaligus. Sejak kemenangan itu, batu giok dari Aceh merajai batu mulia Indonesia," kata Abu Usman yang juga pengasuh pesantren salafi Assunah, Lampeuneuruet, Banda Aceh dengan jumlah santri 100 orang.

Ia mengaku bahagia, karena perjuangannya memperkenalkan batu giok Aceh mulai membuahkan hasil dan menumbuhkan usahawan-usahawan batu dari Aceh.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan industri batu mulia Aceh makin berkibar dan memberi manfaat bagi rakyat Aceh," kata Abu Usman yang dikenal tak suka gembar-gembor promosi ini.

Dalam pameran batu mulia kali ini, Abu Usman, juga menyertakan koleksinya untuk dinilai tim juri. "Batu milik saya yang menang sebelumnya saya beri harga Rp 200 juta," jelas Abu Usman, yang juga menjabat Ketua Pembina Gabungan Pecinta Batu Mulia Aceh.

Sumber : Harga Jual Batu Giok
resepmasakanindo
resepmasakanindo resepmasakanindo is offline
National Level

Post: 674
 
Reputasi: 7


Recent Blog:
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.