Larangan Impor Kain Motif Batik

kyb26

New member
7565420_20150117034356.jpg


Ada berita baru ni kayaner’s di dunia batik

Bahwa pemerintah melarang impor kain yang memiliki motif seperti batik masuk ke Indonesia. Ini salah satu upaya pemerintah dalam menjaga produk batik nasional

7565420_20150117034433.jpg


"Produk kain batik merupakan ikon negeri ini, dan kebijakan pemrintah melarang tekstul yang punya desain seperti batik, jangan masuk Indonesia untuk jaga produk batik," kata Rachmat Gobel

Kebijakan ini demi melindungi batik dalam negeri yang sudah menjadi ikon Indonesia yang diproduksi oleh masyarakat secara khas Hal ini untuk mengamankan pasar batik di dalam negeri.

Menurut Mendag, larangan impor kain bermotif batik ini untuk mengamankan pasar batik produk Indonesia di dalam negeri. Ia menyebutkan, potensi pasar dalam negeri harus diselamatkan dan diamankan bersama, karena output-nya untuk kesejahteraan.

“Kita akan tegas dalam mengamankan pasar dalam negeri,” kata Mendag pihak Mendag telah membekukan atau membatalkan sekitar 3.000-an izin impor karena tidak melakukan kewajiban dan prosedur yang benar.

“Mengapa itu dilakukan, karena pasar dalam negeri harus dijaga, dan komitmen untuk mendorong sektor potensial di dalam negeri seperti pertanian dan memanfaatkan produk kita sendiri,” ujar Mendag.

Langkah kongkret yang dilakukan dalam mengamankan pasar antara lain penguatan pasar sendiri, stabilitas pasokan pasar, logistik dan perdagangan daerah.

7565420_20150117034459.JPG


Selain itu fihaknya juga mengusung pemerataan produk untuk memenuhi Standarisasi Nasional Indonesia (SNI). Hal itu sebagai bentuk kendali kualitas produk termasuk desain.

"Tapi banyak poduk itu tak masuk pasar, konsumen indonesia banyak dirugikan oleh produk sendiri akibat tidak punya SNI dan labelisasi oleh industri, itu harus dibenahi," katanya.

7565420_20150117034534.jpg


Dalam menjaga pasar dalam negeri, menurut Menteri Perdagangan juga perlu meningkatkan apresiasi budaya sendiri. Menurut dia, para pengusaha termasuk para pengusaa muda untuk mengambil kesempatan dan peluang dari kekayaan budaya Indonesia.

"Satu jawabannya harus bisa, membangun industri baik besar maupun kecil dilandasi nasionalisme," kata Menteri Perdagangan menambahkan.

Nah sudah sepatutnya kan kayaner’s kalau penghentian impor kain bermotif batik ini dihentikan ,sebab ini dapat mengurangi jumlah peminat Batik Indonesia.. Bolehlah harga kain motif batik lebih murah, tapi sama saja kita tak menghargai warisan dari leluhur kita

Lebih baik kita memakai batik bangsa yg dibuat oleh tangan kreatif rakyat Indonesia. Harga relative mahal memang karna dibuatnya dengan tangan bukan mesin, kalau ingin yang lebih murah bisa kok memilih batik cap yang harganya ringan di kantong.

Yuk kita sama-sama mencintai produk milik negri sendiri dan bangga akan keanekaragaman batik Indonesia

Sumber info : setkab.go.id Artikel : www.kayanabatik.co.id
 
setuju... Batik kan asli dari indonesia, masa harus impor batik lagi??? sama aja menjilat ludah sendiri dong namanya
 
walaupun d larang tapi tetap aja akan ada yg mengimpor. masalahnya krn ga ada sangsi berat bagi pelakunya
 
Back
Top