Jika harus menerobos banjir, apakah yang harus dilakukan?

acamitraca

New member
Banjir dimana-mana …. Banjir lagi, banjir lagi….. itulah komentar yang keluar dari mulut banyak orang menghadapi musim penghujan yang kian tinggi intensitasnya. Semua pengendara selalu siap sedia jika terjadi hujan deras dan menemukan genangan air di jalan dan sedapat mungkin para pengendara akan menghindari genangan air apalagi daerah banjir, namun apa daya kadang kita tidak punya pilihan dan harus melewatinya.

Beberapa tips yang dapat Anda gunakan jika harus melewati banjir atau genangan air:

Matikan AC
Tujuannya untuk mengurangi beban kinerja mesin dan mencegah terjadinya korsleting pada sistem kelistrikan mobil. Namun, setelah melewati genangan air yang tinggi, AC dapat dinyalakan kembali. Apabila saat menyalakannya kembali Anda mendengar suara decit dari V-belt yang terciprat air, jangan khawatir. Karena dalam hitungan detik suara tersebut akan hilang.

Gunakan gigi 1 dan lakukan setengah kopling saat melewati genangan air (pada mobil matic pindahkan ke L atau 1), mengapa?
Untuk mencegah agar mesin tidak mati, pada transmisi manual tahan setengah kopling dan besarkan gas mobil hingga 2.500 rpm. Aksi tersebut dapat meminimalkan air yang masuk ke dalam mesin melalui knalpot atau lubang filter udara.

Jangan paksakan lewat jika genangan cukup tinggi, sebaiknya berhenti atau putar haluan
Saat harus melewati banjir jangan ngebut tujuannya untuk menghidari cipratan berlebih yang dapat masuk ke ruang mesin dan juga terkena filter udara yang dapat mengakibatkan mogok
Lakukan pengereman
Jika mobil sudah melintasi genangan air, permukaan piringan dan kanvas rem menjadi basah sehingga dapat mengurangi jarak pengereman / rem menjadi licin pada mobil Anda. Untuk mengeringkan permukaan di sekitar rem dan mengembalikan kinerja rem, lakukan pengereman sekitar dua hingga tiga kali secara halus. Demi keamanan Anda, hal ini perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa rem mobil Anda tetap berfungsi dengan baik. .

Hilangkan bau apek
Jika air masuk ke dalam mobil pada saat melintasi banjir, ini tentunya harus dikeringkan segera agar tidak menimbulkan bau apek, selain juga untuk mencegah kerusakan pada beberepa komponen di mobil Anda. Jika Anda tidak sempat untuk melakukannya sendiri, bawalah ke salon mobil favorit Anda.

Cuci mobil anda
Sebaiknya setelah melewati genangan air, sebaiknya mobil anda dicuci terutama semprotkan hingga bersih bagian bawah mobil Anda untuk mencegah terjadinya karat. Air hujan cenderung memiliki tingkat oksidasi yang tinggi dan dapat merusak

Akhirnya Anda sendiri yang dapat menilai amankan mobil Anda jika harus menerobos banjir? Jika terjadi kerusakan dan biayanya harus ditanggung sendiri maka perlu dipikirkan kembali namun ada cara yang paling aman setelah menerobos banjir dan terjadi kerusakan maka ada pihak lain yang menanggung biayanya yaitu melalui asuransi mobil ACA. Asuransi mobil ACA memberikan layanan menyeluruh bagi keperluan perlindungan mobil Anda. Hubungi Gaby Yong di 0856-7177-306 atau Sharon Tio di 0818-888-107 . Atau kunjungi web www.mitracaonline.com atau www.asuransirumah.org
 
Back
Top