Jangan Lupa Tanyakan Ini Saat Kontrol ke Dokter Kandungan

Status
Not open for further replies.

raratania

New member
Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu kaum wanita setelah menikah. Bener kan, non? Dan di masa ini biasanya kamu pasti kontrol ke dokter kandungan. Sebagai saran aja nih buat lo, untuk jangan lupa menanyakan hal ini saat lo kontrol yah :

• Kehamilan saya normal, dok?
Wajib ditanyakan saat ke dokter kandungan. Apakah kehamilan lo normal atau gak. Dengan patokan usia kehamilan, kemungkinan pertama yang wajib ada adalah munculnya kantong kehamilan. Kalau kantong kehamilannya gak berkembang sesuai dengan usia kehamilan dan gak ada janin di dalamnya, berarti ada kelainan yang dikenal dengan telur kosong.

• Sudah jalan berapa dok?
Ini pertanyaan pertama yang wajib ditanyakan. Dokter biasanya akan menentukan usia kehamilan dari 2 parameter, pertama dari pemeriksaan USG dan hari pertama haid terakhir. Dengan mengetahui hari pertama haid terakhir, apalagi kalau siklus haidnya teratur, dokternya akan lebih mudah menentukan usia kehamilan secara akurat. Tetapi kalau lupa kapan hari pertama haid terakhir, biasanya akan dilakukan pemeriksaan USG. Semakin dini pemeriksaan USG dilakukan, penentuan usia kehamilan akan lebih akurat. Paling meleset 1 atau 2 hari aja. Saat kontrol pertama, HPL biasanya sudah dapat diprediksi.

• Suplemen yang wajib dikonsumsi?
Dokter kandungan akan menyarankan lo mengonsumsi asam folat sejak 3 bulan sebelum kehamlan atau minimalnya sejak trimester pertama kehamilan. Asam folat sangat penting dalam mencegah cacat bawaan pada bayi yang dikandung. Selain itu, lo pun perlu bertanya kepada dokter apa ada suplemen lain yang perlu dikonsumsi agar pertumbuhan janin lebih optimal, dan bayi lahir sehat walafiat.

• Pemeriksaan apa yang wajib dilakukan?
Yang paling dianjurkan itu tes darah sejak awal kehamilan seperti cek darah rutin meliputi komponen HB, leukosit, trombosit, dan hematokritnya. Ini penting dilakukan untuk mengetahui status di awal masa kehamilan secara laboratorium. Selain untuk mengetahui kondisi darah, pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa ada atau tidaknya infeksi karena kaum hawa sering mengalami infeksi saluran kemih.

sumber
 
periksa plus konsultasi dong, itu harus apalagi saat hamil. terutama tuh konsultasi susu dan asupan nutrisi yang pas selama hamil
 
periksa plus konsultasi dong, itu harus apalagi saat hamil. terutama tuh konsultasi susu dan asupan nutrisi yang pas selama hamil
setuju... apalagi bagi wanita yang gaya makannya tidak sehat seperti biasa makan tanpa sayur dll, pastinya butuh sekali info itu
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top