Strategi Bebas dari Hutang Ndak Pake Lama

ariyawiyana

New member
financial-planner-q-a-how-do-you-invest-your-own-money.jpg


Secara umum, orang pasti berfikir bahwa semakin cepat bayar hutang akan makin baik. Namun apakah hanya cara itu saja yang dapat membuat diri kita menjadi pribadi yang bebas hutang? Mungkin bagi mereka yang tiba-tiba mendapat rejeki mendadak adalah yang sangat oke. Tetapi bagaimana jiga Anda termasuk orang dengan pendapatan yang flat setiap bulan dan jumlahnya cenderung pas-pasan?.

Sebenarnya strategi membayarr hutang tidaklah sulit. Yang sulit adalah bagaimana mengalahkan diri Anda sendiri!, bukan pada hutangnya. Berikut beberapa strategi yang perlu Anda coba.

Stop Berhutang
Sangat jelas dan tegas, bahwa jika Anda sudah berhutang ya jangan berhutang lagi!. Tinggalkan konsep “gali lobang tutup lobang” yang akan membuat hidup Anda semakin suram. Jika Anda semakin banyak berhutang, maka hutang Anda akan terus tumbuh menggelembung dan akhirnya sampai pada titik dimana Anda sudah tidak sanggup membayarnya.

Urutkan hutang Anda
Sangat baik jika Anda mempunyai urutan hutang beserta bunganya, sehingga dari situ Anda dapat member prioritas mana yang harus diselesaikan dulu. Jangan sampai karena Anda terlambat membayar dan terkena bunga yang tinggi, akhirnya hutang Anda semakin membengkak.

Bayarlah lebih dari minimum
Semua hutang memiliki minimum yang Anda harus bayar per bulan. Jika Anda ingin segera terbebas dari lilitan hutang, maka Anda harus membayar lebih dari minimum. Untuk mempunyai uang lebih untuk membayar diatas minimum, Anda harus mau-tidak mau, mengorbankan pengeluaran tidak penting, seperti pergi ke bioskop, atau menekan pengeluaran, misalnya beli lebih sedikit voucher pulsa.

Minta pertolongan keluarga
Anda juga bisa meminta keluarga atau teman dekat Anda dengan menanyakan apakah mereka bisa memberi pinjaman uang. Anda bisa menawarkan untuk membayar bunga atas pinjaman mereka, namun dengan level yang lebih rendah dibanding bank. Walaupun Anda meminjam dari keluarga, Anda tetap harus membayar kembali huntang Anda dengan telaten karena Anda bisa menciptakann masalah baru jika gagal membayar.
 
- piara tuyul.
- ke hutan. buat rumah disana.
- kerja di tokone te Kalina.
- gantung baju.(sekalian isinya)
----------------------------------------

- n1 -
pinjam di bank, dikumpulan rt/arisan jadi rentenir.
 
Memang cara-cara praktis untuk terbebas dari hutang ini perlu diceritakan kepada pembaca supaya kalau memang bisa ya bebas begitu dari hutang. Kerja keras untuk bayar hutang itu lebih penting
 
Biasanya kartu kredit nih yang bikin begini.. mendingan nabung baru beli barang daripada ngutang deh
 
ngutangmah ga apa,mungkin wajar juga karna kita tinggal di negara yg penuh koruptor jd wajar aja,yg penting brtanggung jawab bayarnya.

yg ga wajar cepet ngutang karna keinginan belaka,padahal ga perlu perlu amat.
 
biasanya den kalo udah sekali ngutang ntar ketagihan dan keenakan den.. ujung-ujungnya kebablasan dah
 
Kalau mau bisnis memang utang adalah sebuah cara yang baik untuk mendapatkan modal tetapi harus perlu menguasai tepat waktu untuk pengembalian.
 
- piara tuyul.
- ke hutan. buat rumah disana.
- kerja di tokone te Kalina.
- gantung baju.(sekalian isinya)
----------------------------------------

- n1 -
pinjam di bank, dikumpulan rt/arisan jadi rentenir.

kayaknya yg pas tuh piara tuyul. Ga repot. Ga usah beliin baju buat tuyulnya
7647.gif
 
Back
Top