Jika Kekurangan Kalsium, Ini Akibatnya Non

Status
Not open for further replies.

mpokbibah

New member
Selama lo hamil, zat gizi yang penting dan perlu mendapat perhatian adalah kalsium. Dari sekitar 1200 gram kalsium yang ada di dalam tubuh, sekitar 90% berada di dalam jaringan keras yakni tulang dan gigi, sisanya sekitar 10% berada di jaringan lunak dan darah.

Tanpa kalsium, otot gak bisa berkontraksi dengan benar, darah tidak bisa beku, dan saraf tidak bisa bekerja maksimal. Kalisum penting saat hamil, karena berguna dalam membentuk tulang pada janin dan pembentukan gigi.

Dan menurut info, kalsium yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 1200mg per hari. Dan jika tidak dipenuhi, nih akibat yang ditimbulkan :

• Pertumbuhan tulang janin tidak sempurna
Jika ini terjadi, biasanya akan timbul gangguan elektrolit yang secara langsung pun berpengaruh pada janin. Dampaknya, janin tidak tumbuh secara maksimal, dan besar kemungkinan bayi akan memiliki bentuk tulang yang tidak bagus dan mudah rapuh.

• Kram selama masa kehamilan
Kurang kalsium, kadar potasium rendah, dan kadar fosfor tinggi plus beban kehamilan semakin besar, menyebabkan saraf-saraf yang mengarah ke kaki juga tertekan sehingga kaki jadi lebih mudah tegang. Jadi perlu memperbanyak asupan kalsium plus agar ketegangan berkurang lakukan peregangan pada kaki. Caranya luruskan kaki, perlahan gerakkan pergelangan dan jari jemari. Pijat bagian yang sakit dan hangatkan otot-ototnya dengan botol isi air hangat. Atau non bisa berdiri dan jalan-jalan.

• Bayi terlambat duduk dan merangkak
Gejala kekurangan kalsium pada bayi yang sudah agak bedar terlihat dari terlambatnya masa perkembangan kemampuan duduk dan merangkak. Bahkan ada sebagian bayi yang mengalami ubun-ubunnya terlambat tertutup. Positifnya jika selama masa hamil kebutuhan kalsium ini tercukupi adek bayi kelak saat dewasa akan terlindung dari resiko hipertensi.

• Terkena penyakit tulang
Yang disebut juga dengan rakitis, ini disebabkan kandungan kalsium pada ASI yang diberikan kurang. Bayi yang menderita rakitis biasanya mengalami gejala awal berupa kejang otot atau tetanus.

• Tulang mudah keropos
Kebutuhan kalsium yang tidak terpenuhi selama masa kehamilan, akan mengakibatkan janin mengambil cadangan kalsium ibunya yang tersimpan dalam tulang. Akhirnya rangka tulang lebih cepat rapuh, karena terjadi demineralisasi pada tulang.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium sampai 1000 mg per hari, non bisa minum 2-3 gelas susu per hari pagi dan sore.
 
wah,,bahaya ia,,
berarti ibu hamil wajib minum susu khusus ibu hamil itu ia,apa ada cara lain yg menjaga tidak kekurangan Kalsium?
 
pantes aja dokter selalu menghimbau agar ibu hamil selalu memenuhi nutrisi untuk di konsumsi... ternyata pengaruhnya sangat besar ya bagi ibu dan si bayi
 
gak selalu susu hamil sih, ada banyak yang laen kok. yang penting nutrisinya tetap terjaga baik buat ibu dan bayi nya
 
kadang2 calon ibu muda krn mungkin kelewat girang mau mendapatkan anak pertamanya meminum segala yang dianggapnya bergizi termasuk susu sesacara berlebihan demi kesehatan bayi yang dikandungnya, akibatnya ketika anak lahir menjadi obersitas
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top