Pengertian Penyakit Asam Urat

agaricpros

New member
pengertian-asam-urat.jpg

Apa itu asam urat? Kita seringkali mengartikan asam urat dengan penyakit reumatik yang menyerang bagian bagian persendian tubuh dengan keluhan linu hingga nyeri,padahal asam urat dan reumatik memiliki pengertian yang berbeda. Pengertian penyakit asam urat secara medis adalah penyakit yang diakibatkan penumpukan kristal kristal asam urat pada persendian yang berasal dari kelebihan kadar asam urat dalam darah. Ini juga bisa disebabkan karena proses yang tidak seimbang dari ginjal. Bila pengeluaran zat makanan yang dikeluarkan ginjal mengandung kadar asam urat berlebih maka juga akan diedarkan kepada bagian sendi yang menyebabkan keluhan nyeri tersebut. Pengertian penyakit asam urat harus kita pahami secara jelas agar kita menjadi tahu tentang seluk beluk penyakit yang satu ini.

Meski terbilang penyakit kambuhan namun asam urat tergolong penyakit berbahaya yang harus ditangani secara tepat. Para ahli medis memberi pengertian penyakit asam urat kepada kalangan masyarakat dengan cara yang mudah dipahami untuk membuat masyarakat lebih sadar tentang pentingnya pencegahan penyakit ini. Sakit asam urat cukup mengganggu karena serangan yang datang pada bagian sendi ini membuat penderita jadi sulit beraktifitas. Keluhan nyeri yang dirasakan bahkan bisa berakibat fatal karena kadar asam urat yang tinggi pada darah juga bisa berhubungan dengan penyakit gagal ginjal. Definisi penyakit asam urat dan hubungannya dengan gagal ginjal harus kita perhatikan secara jelas. Kristal asam urat yang bertumpuk pada bagian bagian sendi disebabkan karena sistem kerja ginjal yang tidak lagi normal. Inilah yang menyebabkan pengertian penyakit asam urat sangat erat hubungannya dengan penyakit ginjal.

Penyakit asam urat yang telah parah membuat beberapa bagian tubuh menjadi kurang berfungsi dengan baik. Setelah kita memahami pengertian penyakit asam urat dengan tepat maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa penyakit asam urat tidak berhubungan dengan reumatik yang sering diderita sebagian kalangan. Sakit asam urat yang diderita memerlukan penanganan yang menyeluruh dengan cara menyehatkan bagian ginjal dalam tubuh. Setelah organ ginjal berfungsi secara baik maka ini bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Pengertian penyakit asam urat yang lengkap akan membuat kita mendapatkan solusi penanganannya secara tepat dan aman.

Sumber : pengertian penyakit asam urat
 
Akibat Penyakit Asam Urat

Tubuh memerlukan kadar asam urat sebagai komponen pembentuk inti sel,namun bila kadar asam urat tersebut tersedia dalam jumlah yang berlebih maka itu akan menyebabkan penumpukan Kristal purin (zat asam urat) pada beberapa bagian persendian.Akibat asam urat ini kita seringkali menimbulkan keluhan nyeri atau linu pada bagian sendi tangan atau kaki dan bahkan terjadi pembengkakan pada bagian tersebut. Kita sering salah persepsi dan menyamakan keluhan tersebut sebagai penyakit reumatik padahal asam urat dan reumatik memiliki persepsi yang berbeda. Kadar asam urat berlebih dalam darah hanya bisa diketahui melalui sejumlah pemeriksaan laboratorium. Para penderita menjadi sulit beraktifitasakibat asam uratyang telah menyerang bagian bagian tubuhnya.

Resiko terkena penyakit asam urat bisa disebabkan dari makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis kacang kacangan,jeroan hewan dan juga beberapa jenis ikan sarden dapat memicu kadar asam urat berlebih.Akibat asam uratyang berlebih dari hasil metabolisme tubuh akan menjadikan zat tersebut tersebar secara tidak sehat dan menyebabkan gangguan yang serius. Penanganan asam urat oleh para dokter seringkali dilakukan dengan cara meredakan rasa sakit yang ditimbulkan. Kita harus bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasiakibat asam uratberlebih ini dengan menurunkan kadar asam urat tersebut dan bukan sekedar meredakan sakitnya saja.

Penyakit asam urat tidak bisa diabaikan begitu saja karena akibat asam urat ini telah membuat banyak penderita merasakan sakit yang amat hebat. Otot otot persendian menjadi kaku,nyeri yang hebat hingga terjadi kelumpuhan,bahkanakibat asam uratini bisa merembet pada kerusakan organ lain dalam tubuh. Kadar zat purin atau Kristal asam urat yang berlebih bisa menyumbat bagian ginjal dan ini akan menyebabkan pembentukan batu ginjal karena salurannya tersumbat. Asam urat juga bisa mengganggu kinerja jantung karena Kristal asam urat akan melapisi jaringan endotel sebagai pembuluh darah dalam jantung. Penanganan yang tepat diperlukan dengan cepat dan jangan coba menghilangkan sakit asam urat dengan mengurut bagian yang sakit karena itu tidak akan memberikan reaksi apapun untuk kesembuhan.


Sumber : Akibat Asam Urat
 
Cara Diet Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

cara-diet-penyakit-asam-urat.jpg

Kesembuhan penyakit asam urat memang sangat dipengaruhi oleh diet asam urat yang dijalani penderita. Saat ini penyakit asam urat banyak dikeluhkan oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda. Ini disebabkan factor makanan yang dikonsumsi memicu peningkatan kadar asam urat. Cara diet penyakit asam urat dilakukan dengan cara membatasi konsumsi makanan yang pengandung zat purin tinggi dan juga melakukan olahraga secara teratur agar kelebihan asam urat dalam tubuh dikeluarkan lewat urine atau keringat. Setiap orang memiliki kandungan asam urat dalam tubuhnya karena zat purin asam urat diperlukan sebagai komponen pembentuk inti sel untuk metabolisme tubuh,namun hasil metabolisme yang berlebih inilah yang menjadi pemicu timbulnya penyakit asam urat. Cara diet penyakit asam urat dapat dijalani dengan program yang kita buat sendiri.

Ketika usia anda telah mencapai usia 40,maka itu merupakan warning agar anda mulai memperhatikan pola hidup anda dengan baik. Pada usia ini anda sudah harus memikirkan program cara diet penyakit asam urat terlebih bila dalam pemeriksaan kadar asam urat anda terbukti lebih tinggi. Menurut riset yang dilakukan para ahli pada usia 40 tahun,kadar kelebihan asam urat dalam darah menjadi lebih sulit dibuang lewat urine oleh karena itu anda harus melakukan olahraga secara teratur agar kadar asam urat berlebih bisa dikeluarkan lewat keringat. Ini merupakan cara diet asam urat yang bisa anda jalani dengan mudah. Cara diet penyakit asam urat juga dimaksudkan untuk mencapai kesehatan tubuh yang optimal. Bila seluruh fungsi tubuh telah bekerja dengan baik maka itu berarti program diet asam urat telah sukses anda jalankan.

Melaksanakan cara diet penyakit asam urat yang baik bukan hanya untuk para penderita asam urat namun juga baik untuk semua individu yang ingin menjaga kesehatan tubuh. “Lebih baik mencegah daripada mengobati “ adalah sebuah ungkapan yang tepat dalam metode pencegahan penyakit. Ketika anda merasakan beberapa gejala awal penyakit asam urat seperti sering kesemutan atau linu pada area persendian maka itu berarti anda harus mengambil langkah yang tepat dengan menjalankan cara diet penyakit asam urat.

Sumber : Cara Diet Penyakit Asam Urat
 
Re: Akibat Penyakit Asam Urat

Oh gitu y...asem urat berbahaya bgt...ok deh thx infonya
 
Re: Cara Diet Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

Intinya olahraga yg cukup gk berlebihan juga y....thx
 
Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

pantangan-penderita-asam-urat.jpg

Nyeri yang dirasakan oleh para penderita penyakit asam urat memang sangat mengganggu. Penderita terkadang sampai tidak bisa berjalan karena terjadi pembengkakan pada bagian sendi. Ini tentu memerlukan strategi penyembuhan yang tepat dan bukan hanya sekedar mengobatinya saja. Penyakit asam urat bisa timbul dari konsumsi makanan yang kita makan,oleh karena itu kita harus mengenali makanan penyebab asam urat. Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat adalah makanan yang harus dihindari bila kita mengharapkan kesembuhan secara total dari derita penyakit tersebut. Ada beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat yang telah dikenal secara umum dan sebaiknya dihindari:

Jenis jeroan hewan

Berbagai jenis jeroan hewan seperti limpa,hati sapi,ginjal,atau ususnya dan jeroan yang lain akan menyebabkan penyakit asam urat semakin parah bila dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ini merupakan salah satu Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat.

Beberapa jenis sayuran

Tidak semua sayuran bagus untuk kesehatan. Jenis sayuran seperti kol, kembang kol, kacang kacangan, bayam dan kangkung juga jamur adalah jenis sayuran yang mengandung kadar purin cukup tinggi sehingga akan memicu kambuhnya penyakit asam urat. Ini juga merupakan makanan pantangan asam urat.

Beberapa jenis hewan laut

Meskipun anda menyukai hidangan seafood namun untuk beberapa jenis seperti tuna, ikan teri atau kerang dan juga ikan sarden merupakan pantangan makanan untuk penderita penyakit asam urat. Resiko kambuh akan semakin besar bila anda memaksakan diri mengkonsumsi jenis seafood ini.

Disamping beberapa pantangan makanan asam urat diatas, masih ada lagi Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat yang lainnya namun akibatnya tidak seberat makanan makanan diatas. Pembatasan konsumsi makanan tersebut diatas sangat penting bila kita ingin memperoleh kesembuhan. Berbagai metode pengobatan yang sedang anda jalankan tidak akan menghasilkan reaksi positif untuk kesembuhan anda bila Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat tetap dikonsumsi. Ini akan memicu penyakit asam urat yang lebih parah. Anda telah merasakan bagaimana akibat yang ditimbulkan dari bahaya asam urat yang cukup parah,maka ada baiknya anda mulai menjalankan program Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Asam Urat sebelum semuanya lebih parah.

Sumber : pantangan makanan untuk penderita penyakit asam urat
 
Back
Top