Tips Untuk Para Desainer Grafis Indonesia

jaya28inside

New member
Tips Untuk Para Grafis Desainer


Tips #1 :: Gunakan contrast penekanan pesan.
tips1.jpg

Penggunaan kontras berarti penekanan terhadap sesuatu. Pastikan warna yg ditekankan itu jelas secara benar. Caranya? Ketika backgroud berwarna cerah, maka gunakan warna gelap untuk Text dan sebaliknya ketika Background berwarna gelap, gunakan warna cerah untuk Text Font.


Tips #2 :: Pilih Palette Font yg tepat.
tips2.jpg

Kayaknya kalo kamu punya font spesial ketika mendesain sesuatu itu sudah jadi ciri khas milikmu. Tetapi ingat, setiap tema harus mengandung Font nya masing-masing. Agar tidak kacau dari segi seni Font yg nampak di user nantinya. Pilih font yg jelas untuk Title, lalu Subtitlenya menyesuaikan dan juga terakhir body text yg tidak terlalu besar. Gunakan selalu font yg mudah dan enak dibaca khusus untuk Body Font. Jangan kekecilan dan sulit kebaca.


Tips #3 :: Pilih Skema warna.
tips3.jpg

Seperti memilih suatu kategori font. Dalam hal pewarnaan pun sama, pilih palet skema yg pas untuk warna thema kamu saat ini. Misalkan warna yg cerah itu bisa diterapkan diberbagai desain brand yg ada pada umumnya. Dan dengan 2-3 warna utama sbenarnya sudah cukup untuk penyesuaian konten lainnya. Ingat, terlalu banyak warna boleh jadi malah memusingkan user yg melihatnya. Bukannya enak dilihat dan diterima pesannya malah lewat begitu saja.


Tips #4 :: Gambar + Frame (Efek)
tips4.jpg

Menggunakan gambar pada desainmu akan menolongmu untuk tampil lebih baik. Tipsnya sebenarnya ialah senantiasa gunakan grid / frame alur (efek) yg jelas, sehingga akan nampak professional. Perhatikan perbedaannya dari gambar diatas.


Tips #5 :: Buat sesimpel mungkin.
tips5.jpg

Terakhir, ketika konten dipenuhi dengan gambar dan text yg terlalu banyak boleh jadi hal yg terjadi ialah user mulai bingung seperti mana yg sudah disebutkan tadi diatas. Ingat, gunakan elemen2 yg pas dan pantas, batasi banyaknya penggunaan Font, warna sampai ke SHape (bentuk) object yg kita gunakan pada Canvas, minimum it's okay. The point is simple and Clean. Bukan berarti Full tp Busy yah?​

logo.png


Unduh Ebook : The Principles of Web Design.
Thanks to Canva.
Daftar Kelas Desain Grafis Online disini.
 
masalahnya selera untuk memilih warna dan font yang bagus itu kan beda-beda.. itu yang bikin desainer grafis lebih unggul :)
 
Back
Top