Kreasi Scrapbook

satriaekamulya

New member
845958_m0msw757h504q90v9025_scrapbooking-druckerpatronen.jpg

Dari asal katanya scrap berarti barang sisa. Definisi scrapbook adalah seni menempel foto atau gambar di media kertas, dan menghiasnya hingga menjadi karya kreatif. Scrapbooker adalah sebutan yang biasa ditujukan kepada orang yang hobbynya membuat scrapbook.

Kegiatan mengasyikkan yang merupakan penuangan ekspresi si pembuatnya adalah perpaduan keterampilan menempel kertas, foto, dan gambar dengan seni memadukan warna, motif, dan bentuk ini menghasilkan karya-karya yang kreatif.

Kegiatan scrapbooking menjadi sutau gaya hidup di Amerika sekitar 20 tahun lalu. Sedang di Asia baru berkembang enam tahun terakhir ini. Sejarah Scrapbook jika ditengok dalam buku Manuscript Gleanings and Literary Scrap Book karya John Poole yang terbit tahun 1826 berisi koleksi ukiran dan puisi, menyebutkan cara-cara mencari, mengumpulkan dan mengatur scrap atau potongan kertas cetakan dengan disain hiasan.

Media yang paling penting dalam seni scrapbook adalah albumnya sendiri. Sekarang sudah banyak dijual album scrapbook dengan berbagai ukuran. Ada album yang sudah dijilid secara permanent, ada pula album yang halamannya dapat dipasang dan dilepaskan. Banyak album scrapbook yang dijual sekarang sudah diberi plastic transparan sebagai pelindung.

Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat scrapbook terdiri dari kertas background, perekat foto, gunting, pemotong kertas, pena kaligrafi, dan lem. Untuk disain yang lebih kompleks mungkin memerlukan alat-alat khusus seperti template, stempel karet, gunting craft, pelubang kertas, embossing tool, stencil, tinta warna, dan mesin potong kertas. Berbagai aksesoris atau “hiasan” juga digunakan untuk mendekorasi halaman scrapbook seperti stiker, stempel, elemen bentuk, elemen huruf, pita, renda, kawat dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan kesukaan scrapbooker.

Hal penting yang selalu diperhatikan oleh para scrapbooker mania adalah bahan-bahan tersebut haruslah mempunyai kualitas yang tinggi supaya scrapbook yang dihasilkan tahan lama.


images


images
 
cxixixixi.. d/p susah2 edit layer2 pake potosop.
swearrr.. aq naruh layer kedepan pa belakang blum ktemu menunya di potosop! yg ginian kepeksa pake paint.net
 
Back
Top