Tips Agar PC kita tidak Lemot saat sedang Digunakan

Tips Agar PC kita tidak Lemot saat sedang Digunakan - Komputer sekarang ini sudah menjadi barang yang tidak bisa di lepaskan dari aktivitas sehari-hari. Untuk keperluan bekerja, mengerjakan tugas sampai hanya sekedar untuk menghibur diri, nampaknya masih membutuhkan komputer.

Begitu pentingnya komputer, sampai untuk cara perawatannya juga perlu di perhatikan. Komputer yang bagus akan memiliki performa yang berbeda dari komputer yang tidak terawat dan terlalu banyak beban di dalamnya. Komponen dalam komputer memiliki batasan waktu yang jika sudah habis masa pakainya harus di ganti.
Seringkali banyak di antara kita yang kurang memperhatikan hal-hal yang membuat komputer kita tidak bekerja maksimal. Diantara masalah yang sering muncul, lambat/lemotnya kinerja komputer menjadi yang paling sering di keluhkan pengguna.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebelum menuju ke cara mengatasi komputer yang lemot,ada baiknya anda memperhatikan penyebab komputer menjadi lemot terlebih dahulu.

1. Spesifikasi yang tidak cocok.

Setiap komputer dibuat dengan versi dan tujuan yang berbeda-beda sehingga penggunaannya juga haruslah bijak. Jika anda menggunakan komputer dengan maksud untuk kepentingan bermain game dan grafis, maka sebaiknya memilih komputer yang khusus untuk gaming. Karena spesifikasi baik dari hardsik,RAM,VGA maupun processornya akan support. Jangan memaksakan menggunakan komputer yang memiliki sumber daya low untuk bekerja terlalu berat.

2. Terlalu banyak program yang di install.

Kadang-kadang karena tertarik mencoba banyak aplikasi/software di komputer akan membuat komputer di penuhi dengan aplikasi yang jumlahnya sangat banyak. Beberapa dari aplikasi tersebut mungkin hanya dicoba sesekali saja karena hanya ingin tau fungsinya. Akibatnya space untuk hardisk menjadi sedikit dan akan memberatkan proses loading start up. >>> Selengkapnya . . .
 
katanya kalau pakai windows 7 juga bikin pc lemot

???
gak lahh. pakai windos apapun, OS apapun.. kalo ngertinya cuma pakai ga paham teknik IT ya sama aja bo-ong..
- Berapapun banyak aplikasi yg diinstall ga masalah di speed-pc/performance.
- Space HDD? meski sampe sisa 0 juga masih ok.(biasa kerja OS di dvd,ntar OS diinstal di RAM.. cepet!)
...
kalo nurut aku, yg ngebuat kinerja ga maksimal biasanya:
- hardware kurang pas.(hrs diatas dikit spec minimum app yg terinstall)
- ada app resource prosesor besar, makan memori ram juga berlebih.(indikator pakai gadget/everest) nonaktivkan yg ga perlu dari service management.
- panas berlebihan di prosesor.(pakai gadget/everest lihatnya) kipasin pa cari t4 berAC.
- cara susun folder dan file acak2an.(paham DOS+sering defrag)
- multitasking terlalu banyak.(winamp,IDM,potosop,Firefox jalan rame2)
- antivirus ga smart dobel2 pula! cuma 1 katanya kurang aman...
- mood lagi down.

- n1 -
lapyku spec murahan. tp ga memalukan kalo boss minjem(sering lagi!). dia punya harganya 4-5X lapyku. habis tak utik cepet, seminggu kedepan acak2an lagi.
 
Last edited:
Klo aku sih biasa na full scan PC ane bwt ngebuang semua virus2. Then uninstall program2 yg ngga kepake sama skali di PC ane
 
Biasanya kalau saya pribadi cukup menggunakan Cleaner kalau saat menggunakan OS Win kalau Linux paling install Bleachbit :)
 
-hardisk jangan sampe penuh
-ramnya jangan terlalu kecil
-sering" di defragment sama ccleaner
-jangan asal instal aplikasi, soalnya ga di pake juga udah makan prosesor.
 
Back
Top