Biksu penentang Junta

Megha

New member
Udah seminggu para biksu di Myanmar beramai-ramai menggelar aksi unjuk rasa. semula mereka menentang kenaikan harga BBM yang menurut sebagian besar rakyat disana, mencekik leher. Tapi sekarang aksi demo berangsur-angsur mengarah pada rezim junta, militer yang menguasai negeri yang dulu bernama burma ini pada 1988.


Aktifitas biksu :

senin 17 September
500 biksu turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa damai di KyuakPadaung.

selasa 18 September
lebih dari 100 biksu menggelar demo di Yangoon,dan disuguhi tembakan peringatan dan gas air mata.100 lebih menggelar aksi demo di Pegu,Aungian,Pakokku, dan Mandalay

Rabu 19 september
lebih dari 2000 disekujur Myanmar menggelar unjuk rasa.

kamis 20 September
1.300 biksu long march ke Yangoon.Mereka juga mengujungi pagoda Swedagon dan pagoda sule yang merupakan situs utama budha.

jumat 21 september
lebih dari 3.000 rakyat Myanmar berunjuk rasa bersama 1.500 biksu

sabtu 22 september
Tokoh prodemokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi,menyambut para demonstran yang lewat dimuka rumahnya.ada sekitar 1000 biksu & 1000 warga sipil,yang merupakan awal besar-besaran demonstrasi di Mandalay.

minggu 23 september
10 ribu biksu & 150 biksuni mendukung lebih dar 10 ribu orang yang mendesak bernego dengan junta.



Entar kalo Biksunya Rusuh Bahaya Lho!!!
 
Junta tueh kata dari bahasa Spanyol yang berarti komite (secara spesifik dewan direktur). Sebuah kudeta militer di Amerika Latin akan selalu mendudukkan junta yang berkuasa, sehingga dari kata inilah diturunkan istilah junta militer.
 
Back
Top