Setiap 1 Jam, 3 Orang di Tanah Air Tewas Kecelakaan

acamitraca

New member
kecelakaan-lalulintas.jpg

Di Indonesia, tingkat kecelakaan lalu lintas tercatat cukup tinggi. Hal tersebut tak lepas dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Nah, maka dari itu tak heran bila faktor kesalahan manusia menjadi penyebab utama kecelakaan bahkan yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Berdasarkan data yang dimiliki Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri), sepanjang 2013 lalu, tercatat 101.037 kasus kecelakaan dengan jumlah korban jiwa mencapai 25.157 orang.

“Tingginya korban jiwa akibat kecelakaan ini masuk kategori penyakit tidak menular menurut Kementerian Kesehatan,” ungkap Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono.

Menurut data kecelakaan di tahun 2013 lalu saja, Condro menjelaskan setidaknya ada 277 kasus kecelakaan yang menelan 69 nyawa korbannya setiap hari. Praktis, dalam 12 kasus kecelakaan yang terjadi setiap jam, ada tiga orang yang meninggal dunia.

Meski angka kecelakaan menurun pada 2014, Condro menurutkan jumlah orang yang meninggal dunia akibat insiden di jalan justru meningkat dengan 28.648 korban.

“Selain dari faktor jalan dan kendaraan, yang dominan menjadi penyebab utama kecelakaan berasal dari faktor pengendara,” Condro menambahkan.

Tak hanya itu saja, Condro pun mengungkapkan jika banyak orang yang tidak memanfaatkan sekolah mengemudi yang ada untuk mengasah keterampilan mengemudi.

“Dengan adanya keterampilan mengemudi, pengendara dapat mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi di jalan,” pungkasnya.

Sumber: www.mitracaonline.com
 
pengendara motor dan mobil banyak yang ugal-ugalan mengendarai kendaraannya, makanya jadi banyak kecelakaan karena tidak ada kesadaran diri
 
Back
Top