Inilah Tips Merawat Mobil Pasca Terendam Banjir

heroycool

New member
Mobkas-8.jpg


0000405883.jpg
.

atasi-mobil-terendam-banjir.jpg



Jakarta, MUSIM hujan seperti saat ini, bagi pemilik kendaraan, banjir memiliki risiko besar. Semua komponen bisa tak berfungsi bila terendam banjir. Apabila hal itu terjadi sebaiknya tidak perlu panik, pindahkan segera mobil yang terendam ke tempat yang aman. Berikut tips menangani mobil pasca banjir:

A. Penanganan Darurat

1. Putus semua sumber kelistrikan untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting

Melepas kabel aki di terminal plus adalah tindakan bijak sebab meski mesin dalam kondisi off pun sistem kelistrikan mobil masih menyisakan aliran listrik ke beberapa perangkat elektronik mobil. Bila tak diputus, sistem kelistrikan mobil bisa rusak.

2. Jangan mengaktifkan mesin saat memindahkannya meski air sudah surut

Pindahkan mobil dengan cara mendorong saja. Menyalakan mesin berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek sistem kelistrikan. Selain itu, bila sisa air masuk ke saluran isap udara ke ruang bakar, maka akan terjadi water hammer di mesin sehingga mesin jebol.

B. Pemulihan pasca-banjir

1. Lakukan pengeringan setelah mobil dipindahkan

Selanjutnya lakukan pengeringan berbagai komponen. Caranya, lepas semua kabel kelistrikan kemudian semprot dengan angin dari kompresor angin. Bila tidak ada kompresor, Anda bisa menggunakan pengering rambut atau hair dryer.

Komponen yang wajib dikeringkan dan dibersihkan adalah busi, saluran angin, saringan angin, karburator, coil, delco, alternator, dinamo starter, V-belt, serta seluruh rangkaian kabel.

2. Ganti oli adalah tindakan yang dianjurkan guna menunjang kerja mesin

Setelah oli di mesin dikuras habis, semprotlah menggunakan angin melalui kompresor. Bila Anda tidak memiliki kompresor, gunakan pompa angin, hingga oli dan air benar-benar terkuras. Setelah itu, isilah mesin dengan oli.

3. Kuras tangki bahan bakar adalah tindakan sangat penting sebab dikhawatirkan air ke tangki atau saluran bahan bakar selama air banjir merendam mobil

Bahan bakar yang terkontaminasi air berpotensi merusak komponen mesin hingga mobil mogok. Cara menguras tangki BBM adalah dengan memasukkan selang kecil hingga ke dasar tangki dan hisap dengan mulut hingga bahan bakar keluar mengalir hingga habis.

4. Keringkan panel dan lampu

Pasalnya, lampu selain berfungsi sebagai penerangan di malam hari, arus listrik di lampu juga rentan korsleting. Setelah itu, keringkan wiper, klakson, door trim, karpet dek, serta jok. Keluarkan karpet dan lepas sarung jok kemudian cuci dan jemur. Keringkan bagian interior dengan vacuum cleaner dan buka keempat pintu mobil.

5. Pastikan peranti pengereman aman

Selanjutnya adalah membersihkan peranti sistem pengereman. Lepas roda dan buka perangkat rem, keringkan dan bersihkan kanvas rem, piston kaliper, dan karet teromol. Setelah terendam air, biasanya kanvas rem mengeras.

6. Bawa ke bengkel untuk memastikan ECU dan Injektor

Setelah semua langkah tersebut Anda jalankan dan tangki sudah terisi bahan bakar, lakukan pemanasan mesin dan siap berkendara. (sumber: Shop n Drive)


cahaya.co
 
Back
Top