Tips Merawat Komputer Dengan Baik dan Benar

1. Menutup program yang tidak di perlukan.

Kita sering membuka banyak program bersamaan ketika menggunakan komputer, biasanya agar lebih cepat melakukan kegiatan dengan komputer. Namun seringkali lupa untuk menutupnya setelah tidak di gunakan. Jika di biarkan tetap aktif ,program tersebut akan memakan memory RAM yang cukup banyak. Hal ini menyebabkan komputer berjalan lambat/lemot, karena terbebani oleh program dan bisa juga berdampak pada umur komponen yang menjadi lebih pendek.

2. Memberi ruang udara yang cukup.

Ruang udara ini sifatnya sama seperti jendela, tempat keluar masuknya udara. Jika anda menggunakan CPU, pastikan ada ruang diantara CPU dengan tembok. Ruang ini nantinya akan menjadi tempat masuknya udara yang bisa mendinginkan CPU. Minimal ada jarak 30 cm antara CPU dengan tembok, agar komponen di dalam CPU tidak cepat panas dan awet digunakan. Cara ini berlaku juga untuk laptop ,yaitu dengan memberi fan di bawah laptop agar tidak langsung mengenai lantai/kasur sehingga ada ruang bebas untuk udaranya.

3. Defrag hardisk secara berkala.

Defragment merupakan salah satu cara ampuh merawat program dalam komputer. Fungsi defrag adalah untuk mengurutkan jenis data untuk memudahkan proses read/write sehingga akan menjaga processor komputer dalam keadaan baik. Caranya dengan klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter.

Sumber : www.penelusuranartikel.com
 
No 1 dan nomor 3 SALAH

Dipikirin lagi apa sih RAM itu? Apa RAM tidak boleh digunakan seluruhnya? Kalau gitu untuk apa beli RAM kalau nggak bisa dipakai sampai full..

Tidak ada hubungan secara langsung defrag dengan processor komputer yg terjaga baik. Perlu dipikirin lagi kenapa sih suatu partisi harus sering didefrag?
 
Back
Top