New.net Akuisisi Basic Fusion

irigster

New member
Tanggal: 01 Mar 2002
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Dalam mendukung pengembangan usahanya, Idealab - pemilik dari New.net telah mengakuisisi perusahaan penyedia piranti lunak registry, Basic Fusion. Berita ini disampaikan langsung dalam jumpa pers yang diadakan pada hari Kamis kemarin.

New.net yang bermarkas di Sherman Oaks, California merupakan satu-satunya registry yang berada di luar kelompok Internet Corporation Assigned Names and Numbers (ICANN).

New.net didirikan pada bulan Maret 2001 dimana pada saat itu ICANN baru mulai membuka pintu untuk menambah gTLD-gTLD baru selain .com, .net dan .org seperti .biz, .info dan .name.

Akuisisi ini dilakukan New.net dikarenakan mereka telah membeli hak penggunaan piranti lunak yang diperlukan untuk mendukung sistem registry nama domain dan aset Basic Fusion.

Basic Fusion memang cukup terkenal sebagai penyedia piranti lunak registry yang akan memudahkan perusahaan registry dalam mengatur dan mengelola database ccTLD dan gTLD.

Dengan adanya akuisisi ini akan membuat New.net menduduki posisi yang sama seperti Verisign Inc. sebagai registry. Bedanya New.net bukanlah pengelola dari gTLD .com, .net maupun .org, namun gTLD-gTLD seperti .agent, .love, .family, .love, .shop dan lain-lainnya. Saat ini New.net telah memiliki 28 gTLD yang dapat dipilih untuk diregistrasikan. Perlu diingat bahwa ke-28 gTLD tersebut belum diakui oleh ICANN.

Sayangnya tidak semua orang dapat membuka situs internet yang menggunakan nama domain milik New.net. Pengguna internet diharuskan mendownload software tambahan agar dapat menikmati sajian situs tertentu yang menggunakan gTLD milik New.net.

Untuk menyikapi kendala ini, New.net juga melakukan kerjasama dengan beberapa penyelenggara sistem jaringan internet di Amerika untuk memudahkan pengguna dalam mengakses situs tertentu yang menggunakan nama domain New.net ini.

New.net juga menyediakan piranti tersebut di situs mereka yang dapat didownload secara gratis.

Bila anda berminat, anda dapat meregistrasikan nama domain anda dengan biaya per tahunnya adalah $25.50.
 
Back
Top