Agar Flu Lebih Cepat Sembuh, Kurangi Stres

Kalina

Moderator
KOMPAS.com - Bersin berulang kali disertai rasa pusing merupakan salah satu gejala flu dan pilek. Walau kita sudah berusaha menjaga kondisi tubuh, tapi terkadang sulit mengelak dari penyakit ini. Tapi tenang, banyak yang bisa kita lakukan untuk mempercepat penyembuhannya.

Meskipun beberapa obat-obatan bisa meredakan gejala flu dan pilek, tak ada yang mampu menghentikan penyumbatan, hidung berair, dan sakit badan yang membuat Anda tak bisa beraktivitas secara maksimal. Akan tetapi, Anda masih bisa berdaya saat pilek. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan serangan virus flu.

1. Tingkatkan kualitas tidur
Kurang tidur bisa membuat sistem imun melemah. Kurang tidur akan merusak fungsi sel T (tentara pelawan patogen dalam tubuh) dan meningkatkan peradangan sitokin. Kemampuan keduanya akan menurun untuk melawan pilek dan flu. Jadi, perbaikilah kualitas tidur Anda.

2. Mengonsumsi banyak makanan
Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian berserat mengandung banyak antioksidan, yang penting untuk memperbaiki sel dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Makan lebih banyak jamur
Jamur memiliki kekuatan untuk meningkatkan imunitas, tetapi jamur ini harus jamur shitake. Jamur shitake sudah terkenal dalam dunia pengobatan Tiongkok kuno. Kandungan dalam jamur bisa meningkatkan jumlah sel yang memerangi infeksi, seperti interleukin dan interferon.

4. Kurangi stres
Seperti kurang tidur, stres jangka panjang bisa melepas hormon stres dalam sistem tubuh, akan mengurangi produksi sel darah putih yang penting dalam menangkis infeksi.

5. Tetap terhidrasi
Hidrasi atau cairan bisa berasal dari sup, teh, atau cairan lainnya yang hangat. Sajian tersebut bisa membantu melonggarkan mokus dan membuat radang tenggorokan lebih baik. (Purwandini Sakti Pratiwi)
 
kalin benci flu..
Jadi, begitu terasa gejalanya, langsung perang. Minum wedang jahe, makan makanan pedas, banyak tidur, sedia inhealer, minyak kayuputih, dan tissue satu box (kalo mulai meler ingusnya). Oh ya, satu lagi.. Tukang kerok. Kalo flu harus kerokan :D

Kalin sudah dua tahun ini, kalo flu cuma sehari semalam. Paling lama 3 hari udah mampet.
 
klo sy beda lg klo udh mulai mau flu...hrs bnyk2 mimnum jus alpukat sama makan buah bangkwang dehhh klo msh flu juga pling lamanya 2-3hr aja
 
Back
Top