Tutorial : Desain Efek Tinta Pada Muka :: Photoshop

jaya28inside

New member
PERSIAPAN
pertama-tama, anda siapkan dulu brush dengan efek Splatter/Spray. Unduh saja dari Brusheezy (842-Splatter). Lalu sebuah gambar (image) muka.

LANGKAH-1
Copy background dan masukkan ke layer baru. Namai layer tersebut "Subject" lalu ubah background layer ke putih.

Buat pula Layer dengan label "Extra Skin". Lalu gunakan Clone Tool, Alt + Klik pada bagian muka yang ingin diClone (tipsnya: pilih warna kulit yg serupa). Gunakan Soft brush untuk memberikan efek blur pada ujung2nya. Hasilnya kurang lebih seperti ini:

faceless_1.jpg




LANGKAH-2
Setelah bagian muka beres, kini gunakan "Extra Skin" layer dan "Subject" Layer, lalu Merge keduanya. Kini namai layer yg baru menjadi "Faceless Subject".


faceless_2.jpg




LANGKAH-3
Sekarang kita siap buat memberikan efek percikan (Splatter). Buatlah layer baru, lalu beri nama "Paint Map". Gunakan Brush Tool dan mulailah memberikan efek percikan (Splatter) di area yg anda inginkan. Ga perlu ribet kan, klo sudah ada Brushnya? Tinggal sret-sret! Jadi.

Ga masalah klo anda mau pake warna lain, hanya saja dalam tutorial ini saya pake warna kuning (#ffc924). Lalu Opacity levelnya saya rendahkan sehingga nampak seperti gambar dibawah ini.

Oya, gunakan pula kombinasi Mask/Erase untuk mendapatkan efek percikan (Splatter) yg mantap. Karena disini prosesnya variatif.


faceless_3a1.jpg

faceless_3aa.jpg

faceless_3b.jpg

faceless_3c.jpg

faceless_3d.jpg




LANGKAH-4
Seusai langkah2 tadi diawal. Kini Convert seluruh Layer "Paint Map" menjadi Smart Object. Lalu ganti Overlay, sehingga nampak percikan (Splatter) yang satu kepada percikan yg lainnya serupa.


faceless_4.jpg




LANGKAH-5
Buat Layer dibawah "Paint Map". Lalu namai dengan "Extra Skin-2". Lalu sertakan "Paint Map" layer sebagai Layer Mask.


faceless_5a.jpg




LANGKAH-6
Lenyapkan dulu Visibility "paint Map" menjadi off. Aktifkan "Extra Skin-2" lalu Cloning lagi area yg belum ada lapisan kulitnya.

Lalu atur pencahayaan dengan membuat Layer yg baru setiap kali ingin mengatur lapisan kulit yg sesuai.


faceless_6a.jpg

faceless_6b.jpg




LANGKAH-7
Kalau sudah selesai membuat percikan (Splatter) dari ulit tadi. Kembalikan "Paint Map" layer seperti semula. Lalu hasilnya kurang lebih seperti ini:


faceless_7.jpg




LANGKAH-8
Buat Layer baru, pada "Extra Skin-2" Lalu namai dengan "Shadow". Dengan menahan ALT lalu Klik diantara "Extra SKin-2" dan "Shadow" Layer. Maka dengan sendirinya akan diClipping dua Layer tersebut.


faceless_8.jpg




LANGKAH-9
Pilih brush yg agak lembut dan besar. Buat bayangan sedikit untuk "Extra Skin" Layer.


faceless_9.jpg




LANGKAH-10
Ubah Opacity "SHadow" Layer ke 75%.


faceless_10.jpg




LANGKAH-11
Buat Layer baru diatas "Faceless Subject" lalu namai dengan "Paint Background". Gunakan Foreground warna ke hitam, lalu buatlah percikan (Splatter) disekitar area tersebut.


faceless_11.jpg




LANGKAH-12
Kini anda cuma perlu membuat bayangan sedikit untuk memberikan efek ilusi pada bagian wajah. Buatlah Layer baru, namai dengan "Shadow-2" lalu CTRL + Klik pada "Paint Map" Layer, dan bubuhi dengan warna hitam pada selection tersebut.


faceless_12.jpg




LANGKAH-13
Pastian selection masih aktif. Klik Create Layer Mask.


faceless_13.jpg




LANGKAH-14
Lalu gunakan mask untuk "Shadow-2" Layer, invert dengan Image >> Adjustment >> Invert. Dengan sendirinya bagian Mask akan terbalikkan bagian hitamnya.


faceless_14.jpg




LANGKAH-15
Non-aktifan link diantara Mask dan Shadow dengan cara klik rantai (Chain) pada Layer dan Mask icon seperti gambar berikut:


faceless_15.jpg




LANGKAH-16
Pastikan bagian "Shadow-2" Layer masih aktif, lalu klik Edit >> Transform >> Wrap.

Atur secara teratur bayangan sehingga nampak dibelakang percikan (Splatter). Kalau sudah sesuai maka Apply saja.


faceless_16.jpg




LANGKAH-17
Kita punya bayangan yg tidak diinginkan dari "Shadow-2" Layer, tapi untuk menghilangkannya cukup dengan menghilangkan area tersebut pada maskingnya saja.


faceless_17.jpg




LANGKAH-18
Rendahkan Opacity Shadow ke 72%, dan semua kini beress!


faceless_18.jpg




FGroupLogoBesarTransparan2.png

Untuk referensi.
Dan juga kelengkapan ebook.
 
Back
Top