RUMAH DHARMA

riwancack

New member
http://tattwahindudharma.blogspot.com Agar dapat menumbuhkan hati belas kasih kepada orang atau mahluk lain, kita perlu mendidik diri untuk melihat kesamaan-kesamaan diantara kita semua.

Lupakanlah perbedaan, karena jika melihat perbedaan-perbedaan pasti akan menimbulkan tembok pemisah antara diri kita dengan yang lainnya.

Antara yang dianggap benar dan yang dianggap salah, antara yang dianggap baik dan yang dianggap buruk, dsb-nya. Sebaliknya dengan melihat kesamaan diantara kita semua akan menimbulkan keterhubungan yang sakral. Sehingga belajarlah memandang kesamaan-kesamaan diantara kita semua, yaitu :

- Sama seperti saya, orang atau mahluk lain juga mencari kebahagiaan di dalam hidupnya.

- Sama seperti saya, orang atau mahluk lain juga tidak mau disakiti dan berusaha menghindari kesusahan dan kesengsaraan di dalam hidupnya.

- Sama seperti saya, orang atau mahluk lain juga pernah menjalani hari-hari buruk yang berat.

- Sama seperti saya, orang atau mahluk lain juga pernah mengalami kesusahan, kesengsaraan, kesedihan, keputus-asaan dan kesepian di dalam hidupnya.

- Sama seperti saya, orang atau mahluk lain juga berusaha memenuhi apa kebutuhan atau keperluan hidupnya.

- Sama seperti saya, orang atau mahluk lain juga sedang sama-sama dalam proses belajar dan bertumbuh di dalam perjalanan kehidupan.

Lihatlah orang lain dan mahluk lain dengan senyuman belas kasih, karena dalam samudera samsara ini mereka semua sama seperti diri kita. Terima mereka seperti sebagaimana adanya, karena kita semua sama dan kita semua sedang sama-sama dalam proses belajar dan bertumbuh di dalam perjalanan kehidupan dengan jalan serta cara kita masing-masing.

Jangan pernah mengecilkan peran kata-kata yang baik [wacika] dan perbuatan yang baik [kayika], serta pikiran yang baik [manacika].

Berbicaralah kalau kita yakin mengeluarkan kata-kata yang baik. Berbuatlah kalau kita yakin melakukan perbuatan kebajikan.

Belajarlah melihat sisi-sisi indah dari hati orang lain.

Dengan cara ini kita membuat hati kita menjadi lapang dan bahagia, serta sekaligus kita juga sedang membuat dunia lebih indah dari hari ke hari http://www.facebook.com/rumahdharma
 
Back
Top