Hanya 76% situs go.id yang aktif Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Internet
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Domain] Hanya 76% situs go.id yang aktif

Tanggal: 03 Apr 2002
Sumber: Bisnis Indonesia


NamaDomain.com, Situs e-government yang aktif hanya sekitar 281 situs atau sekitar 76% dari total populasi situs pemerintah dengan alamat domain berakhiran go.id.

Hasil survai yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informasi menyebutkan saat ini terdapat 369 situs e-government, yaitu situs dengan alamat berakhiran go.id yang dikelola baik oleh instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun Badan Usaha Milik Negara dan BUMD.

Menurut survai itu, dari total 369 situs e-government, terdapat 303 situs atau 82% yang merupakan situs dengan domain name system ( DNS) aktif.

"Selain itu, dari total 369 situs go.id tersebut, hanya 281 situs web atau 76% masuk kategori situs aktif," tulis laporan sementara dari hasil survai yang dilakukan Kementerian Kominfo tersebut.

Kementerian Kominfo mengelompokkan situs e-government aktif ke dalam tiga kategori, yaitu presence, interaction, dan underconstruction. Sebanyak 166 situs e-governement atau sekitar 59% masuk kategori presence.

Laporan sementara itu memang mengakui sebagian besar situs e-government yang disurvai lebih banyak menampilkan fitur publikasi dan informasi. "Sedangkan fasilitas interaksi masih jaring dijumpai," tulis laporan tersebut.

Survai itu mendefinisikan situs e-governement sebagai situs milik instansi yang terdaftar secara resmi di Indonesia Network Information Center (IDNIC), selaku lembaga registrasi NIC untuk Indonesia.

IDNIC (www.idnic.net.id) mengelompokkan pendaftaran situs lembaga pemerintah ke dalam alamat situs dengan akhiran go.id.

Menurut IDNIC, yang berhak mendaftarkan alamat situs go.id adalah badan/ lembaga/institusi pemerintah, yang meliputi lembaga departemen, non-departemen, Badan Usaha Milik Negara, serta Industri Strategis.

Situs Pemda

Dalam situsnya, IDNIC masih mencatumkan ketentuan yang mengatakan bahwa pemerintah daerah di bawah provinsi tidak diperbolehkan mendaftarkan situs e-government. Namun, IDNIC tetap memproses pendaftaran nama domain go.id pemda tingkat II, kendati ketentuan itu belum direvisi.

Beberapa situs pemda tingkat II yang terdaftar di IDNIC misalnya, Takalar.go.id, Temanggung.go.id, Sleman.go.id, Surabaya.go.id, dan ratusan situs lainnya.

Hasil survai Kementerian Kominfo menyebutkan semakin maraknya pengembangan situs e-government oleh pemerintah daerah tingkat I (provinsi) dan pemerintah daerah tingkat II (kabupaten dan kotamadya).

Menurut laporan itu, belum semua pemerintah Dati I dan Dati II mengembangkan situs e-government, karena hingga saat ini baru baru 141 situs go.id mili pemda yang terdaftar resmi di IDNIC.

Laporan Kominfo itu menyebutkan hanya 127 situs go.id pemda yang mempunyai DNS aktif. "Sedangkan situs e-goverment pemerintah provinsi, kabupaten, dan kotamadya yang aktif mencapai 99 situs," tulis laporan itu.

Ditambahkannya sebanyak 67 situs (68%) merupakan situs e-government daerah yang masuk kategori presence, sisanya 29 situs (29%) masuk kelompok interaction, dan 3 situs (3%) masih under construction.
irigster
National Level

Post: 776
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Perawatan penderita gagal ginjal yang aktif bekerja nurcahyo Kesehatan 7
Situs Situs Ini Yang Bisa Merusak Komputer Jika dibuka serigalahitam Internet 17
[yang minat]PS3, WII, Macbook gratis dengan aktif di LOCKERZ sukses Bisnis Online 0
Inilah Situs-situs Yang Di-hacked 'Anti Indon' ryan_anshari Debat yang Sudah Selesai 8
Hanya 50 Mili-Detik, untuk Menilai Kualitas Situs irigster Internet 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.