Anjlok Harga Minyak Mentah Ikut Seret Turun Harga Karet Tocom

adidananto

New member
karet1-700x357.jpg



Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo pagi ini harga karet berjangka tampak tertohok turun (16/3). Harga karet Tocom melempem lagi di tengah anjloknya harga minyak mentah global akibat tingginya pasokan.

Pada perdagangan terakhir pekan lalu harga minyak mentah mengalami pukulan keras. Harga terpuruk hingga mencapai posisi paling rendah sejak bulan Januari lalu. Pelemahan harga minyak mentah terjadi setelah International Energy Agency menyatakan bahwa pasokan minyak mentah global masih tinggi dan terus bertambah. Produksi minyak mentah di Amerika Serikat juga tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Melemahnya harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dengan demikian permintaan terhadap karet alami berkurang dengan signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Agustus mengalami pelemahan yang dalam pagi ini. Harga karet alami untuk kontrak tersebut dibuka di posisi 212,80 yen per kilogram. Harga pembukaan mengalami penurunan sebesar 0,5 yen atau setara dengan 0,23 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga karet makin terpukul dan sudah berada pada posisi 210,8 yen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk tertahan di teritori negatif. Anjloknya harga minyak mentah membuat harga karet tidak bisa melanjutkan kenaikan yang sempat terjadi pada perdagangan sebelumnya.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 213,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 216,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 209,00 yen dan 205,00 yen.



sumber http://commodity-academy.co.id/2015/03/16/anjlok-harga-minyak-mentah-ikut-seret-turun-harga-karet-tocom/
 
Back
Top