Harga Karet Tocom Jumat Pagi Rebound Iringi Kembali Turunnya Yen

adidananto

New member
tapped_rubber_tree-700x357.jpg



Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo pagi ini harga karet berjangka tampak bergerak menguatnya (20/3). Harga karet Tocom kembali terangkat di tengah pelemahan nilai tukar yen terhadap dollar AS.

Dollar AS kembali menguat terhadap rival-rivalnya setelah pada perdagangan Rabu kemarin mengalami penurunan tajam. Dollar sempat terkoreksi dari level tertinggi dalam 7 tahun terhadap yen setelah Fed mengatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan di Amerika Serikat akan dilakukan dengan berhati-hati dan lebih lambat dari perkiraan.

Akan tetapi hari ini dollar sudah rebound lagi dan melanjutkan kenaikannya, juga termasuk terhadap yen. Melemahnya yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya meningkat.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Agustus mengalami kenaikan yang lumayan pagi ini. Harga karet alami untuk kontrak tersebut pagi ini dibuka pada posisi 210,5 yen per kilogram. Harga mengalami penurunan sebesar 0,3 yen per kilogram dibandingkan posisi penutupan Kamis sore yang ada di level 210,8 yen. Tetapi saat ini harga karet sudah bergerak ke teritori positif 211,5 yen, naik 0,7 yen dibandingkan posisi penutupan kemarin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di zona hijau. Anjloknya nilai tukar yen terhadap dollar yang kembali terjadi diperkirakan mampu membuat harga karet terjaga kenaikannya, meskipun pola konsolidasi akan membuat pergerakan harga karet amat terbatas.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 213,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 216,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 208,00 yen dan 205,00 yen.



SUmber http://commodity-academy.co.id/2015/03/20/harga-karet-tocom-jumat-pagi-rebound-iringi-kembali-turunnya-yen/
 
Back
Top