Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #1   Report Post  

Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

Di thread ini, kalian bisa membaca, dan mengetahui, apa saja kandungan gizi, nutrisi dalam berbagai macam makanan dan minuman, juga manfaatnya untuk kesehatan..
Misalnya dalam daging sapi, daging ikan, daging ayam, buah-buahan, sayuran, daun-daunan, hingga biji-bijian. Semoga bermanfaat ya..


Maaf, thread ini bukan untuk bertanya/konsultasi..
Jika kalian ingin berkonsultasi, silahkan ke Klinik II dot Com

Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-4sehat5sempurna.jpeg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   
       





    #2   Report Post     Original Poster (OP)

Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

Apel



Di dalam satu buah apel mengandung..

1% Vitamin A
5% Vitamin B6
14% Vitamin C
1% Calcium
1% Iron
2% Magnesium
5% Potassium 195mg
8% Karbohidrat
19% Gula
1% Protein 0.5mg

Kutip:
Buah apel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang semuanya bekerja sama untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap sistem tubuh manusia agar sehat dan terlindungi dengan baik.

Apel mengangung flavonoid, polifenol dan vitamin C yang bertindak sebagai anti-oksidan untuk melindungu tubuh dari bakteri dan virus yang mengancap kesehatan. Kandungan beta-karoten (Vitamin A) di dalamnya mampu melawan sel kanker dan menurunkan kolesterol. Terdapat pula turunan vitamin B komplek seperti tiamin, riboflavin dan piridoksin untuk memperkaya khasiat dari buah apel.

1. Mencegah Kanker
Apel bersifat sebagai anti-kanker yang tentunya sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker.

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research sepakat memberi pernyataan bahwa konsumsi flavonoid yang tersimpan banyak dalam buah apel dapat membantu menurunkan risiko terhadap penyakit kanker pankreas mencapai 23 persen.

Di dalam kulit apel juga terdapat senyawa bernama triterpenoid yang melengkapi kinerja flavoanoid untuk mencegah pertumbuhan tiap sel kanker, potensi tersebut telah diidentifikasi oleh para peneliti dari Cornell University. Maka dari itu ketika hendak konsumsi apel, jangan buang kulitnya karena bagian tersebut juga memberikan khasiat pada kesehatan.

Karena buah apel juga kaya akan serat (sekitar 4 gram) dalam ukuran sedang, penyakit kanker kolorektal dapat dikalahkan cukup rutin makan buah ini tiap harinya.

2. Menurunkn Kolesterol
Apel sangat kaya akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Dengan demikian memberi kesimpulan dengan sendirinya bahwa apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.

3. Meningkankan Sistem Kekebalan Tubuh
Apel mengandung anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit.

Ditambah dengan kandungan vitamin C dan serat yang bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga peranan quercetin sedikit diringankan oleh kedua nutrisi ini. Karena hal ini banyak ahli yang menganggap apel sebagai buah pemacu imunitas tinggi.

4. Mencegah Alzheimer
Satu cangkir jus apel yang Anda minum ketika cuaca terik dapat memperbaiki sel-sel saraf pada otak yang mengalami kerusakan, ini berkat peranan flavonoid sebagai antioksidan kuat. Jika begini terus, keistimewaan apel yang akan tubuh rasakan adalah terhindar dari penyakit Alzheimer.

5. Mengobati Asma
Masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini telah mengidap banyak orang, karena itu asma dikatakan sebagai penyakit umum.

Untuk mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenol nya membantu tubuh memulihkan asma.

Para peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang terbiasa minum jus apel secara teratur tiap harinya menunjukkan terjadinya penurunan risiko terhadap serangan asma dan masalah pernapasan lain. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa apel adalah buah yang ditakuti oleh penyakit asma anak.

6. Mengendalikan Gula Darah
Buah apel akan membantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menyebabkan diabetes. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut dan pektin yang memiliki peranan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.

Wanita yang setiap hari setidaknya makan satu buah apel dapat memperkecil kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga 28 persen dibandingkan dengan mereka (para wanita) yang tidak konsumsi apel.

7. Mencegah Batu Empedu
Batu empedu terbentuk karena dalam empedu menyimpan terlalu banyak kolesterol sehingga mengalami pengerasan, hal ini sangat identik pada orang yang kelebihan berat badan.

Untuk menghambat pembentukan batu empedu, dokter menyarankan mereka yang gemuk untuk melakukan diet tinggi serat agar kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuhnya terkontrol. Dalam mengendalikan kolesterol tubuh, serat pektin juga berkontribusi dalam mengurangi penyerapan LDL.

8. Menetralkan Irritable Bowel Syndrome
Irritable Bowel Syndrome adalah suatu kondisi medis yang diindikasikan dengan nyeri perut dan kram, serta ada perubahan pola buang air besar. Erat pula terhadap diare dan sembelit.

Untuk mengontrol gejala tersebut, dokter merekomendasikan tiap orang untuk menghindari susu dan makanan berlemak dan menggantinya dengan asupan tinggi serat yang terdapat dalam buah apel.

9. Mengeluarkan Racun
Makanan dan minuman yang dikonsumsi tiap hari selalu menyisakan racun dalam hati yang mana bila dibiarkan menumpuk akan merusak fungsi hati, bahkan merembet mempengaruhi organ tubuh lain.

Salah satu langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah makan buah-buahan yang tinggi vitamin, mineral dan serat seperti apel untuk membantu mendetoksifikasi racun dari dalam hati Anda, jika racun sudah disapu bersih Anda tidak perlu khawatir akan penyakit yang mungkin menyerang Anda akibat rusaknya hati.

10. Mencegah Katarak
Dalam sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini (merupakan jangka panjang) menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan makan buah-buahan yang kaya antioksidan seperti apel dapat memperkecil kemungkinan mengalami kerusakan mata seperti katarak sebanyak 10 sampai 15 persen.

11. Mencegah Wasir
Penyakit wasir disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan pembuluh darah akibat adanya tekanan berlebih yang membebani panggul dan dubur. Meskipun wasir bukan penyakit mematikan, rasa sakit yang dihadirkan dapat mengganggu keseharian Anda. Untuk membantu meringankan wasir Anda bisa makan buah tinggi serat seperti apel.

12. Menurunkan Berat Badan
Apel adalah buah yang banyak mengandung serat dan rendahnya kalori dapat Anda jadikan makanan untuk menunda rasa lapar. Hal ini berpotensi besar terhadap penurunan berat badan karena lemak dalam tubuh ikut terbakar.

13. Memutihkan Gigi
Menggigit daging apel sama seperti menggosok menggunakan sikat dan pasta gigi, yang menjadikan apel lebih hebat dari kedua alat dan bahan untuk memutihkan gigi tersebut karena membantu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi.

Buah apel merupakan sikat dan pasta gigi alami yang juga merupakan rahasia gigi putih para dokter, jadi jika Anda ingin memiliki gigi yang putih berseri seperti para dokter, rajin-rajinlah makan buah apel saat waktu santai.

14. Mencegah Kanker Kulit
Apel juga membantu memelihara kondisi kesehatan kulit dari dalam sehingga tampilan pesona yang terpancar sangat menakjubkan, salah satu kehebatannya adalah mencegah kanker kulit.

Apel merupakan sumber vitamin A yang menurut dokter membantu mengurangi risiko terhadap kanker kulit. Satu buah apel ukuran besar dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian pada pria sampai 5% dan wanita sampai 4%.

15. Menghilangkan Kantung Mata
Mata yang digunakan untuk melihat objek terlalu lama tanpa diberi waktu istirahat sejenak dapat mengakibatkan timbul kantung di bawah mata serta lingkaran hitam di area mata.

Jika Anda terpaksa untuk begadang, sebelum tidur lakukan perawatan dengan masker mata. Iris buah apel dan letakkan diatas kedua mata, pastikan agar kelopak juga tertutupi. Atau, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan sari apek dengan kentang parut untuk menutupi mata dengan memberi alas kain hangat. Setelah itu biarkan mata dirileksasi selama 10 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

16. Mengtasi Kulit Berjerawat, Kendur dan Berminyak
Campuran antara bubur apel mentah dan cuka sari apel yang dioleskan pada wajah dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak yang memicu timbulnya jerawat. Apel juga menyetarakan tingkat pH kulit yang menurunkan tingkat produksi minyak pada kulit wajah.

Untuk mengencangkan kulit wajah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh lapisan kulit Anda bisa mengoleskan cuka sari apel pada wajah menggunakan kapas yang dibentuk bulat seperti bola. Perawatan ini sama halnya seperti toner.

17. Mengangkat Kotoran Yang Menempel Pada Kulit
Wajah (terutama) dan kulit tubuh lain tidak bisa dipisahkan oleh debu jalanan, tugas Anda sebagai pemiliknya adalah merawatnya agar tetap bersih dan sehat. Cobalah membuat masker dari buah apel yang telah dimasukkan ke dalam lemari es selama satu jam atau lebih, kemudian balurkan pada seluruh kulit tubuh, terutama wajah.

18. Melindugi Kulit Dari Sinar Matahari
Terlalu sering terpapar teriknya sinar matahari dapat mengakibatkan kulit terbakar, kering, kusam bahkan mengalami pengelupasan. Untuk itu apabila Anda lebih sering bekerja di bawah terpaan matahari, mengolesi tubuh dengan pasta apel yang sudah dicampurkan dengan satu sendok teh gliserin dan pulp dan membiarkannya selama 15 menit dapat memberikan perlindungan lebih terhadap sinar ultraviolet.

19. Melindungi Kulit Kepala dan Rambut Agar Tetap Sehat
Apabila Anda sedang dihadapkan dengan masalah kesehatan rambut, sepertinya buah apek cocok dijadikan bahan perawatan untuk mengurus masalah terkait rambut seperi kerontokan, kepala kering, berketombe dan rambut beruban.

source
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-sunpride-fruit-fuji-apple-2.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

nangteng:
__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

IKAN BANDENG



Bandeng merupakan sumber protein hewani yang tinggi, menyediakan vitamin B kompleks, dan selenium, tetapi juga banyak mengandung lemak, lemak jenuh, kolesterol dan kalori. Berikut ringkasan kandungan gizinya :
Makronutrisi

Ikan bandeng sebanyak 3 ons yang dimasak dengan panas kering mengandung 162 kalori, 22,4 g protein, 7,3 g lemak, 2,9 g lemak jenuh, 78 mg sodium, dan 57 mg kolesterol. Protein adalah kandungan makronutrisi tertinggi, yaitu sekitar 55 persen dari kalori dan lemak 45 persen.
Kandungan vitamin

Porsi yang sama, bandeng menyediakan 116% vitamin B, yaitu 12, 44% niacin , 24% vitamin B6, dan 15 persen asam pantotenat. Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine merekomendasikan untuk orang dewasa untuk seri ng mengkonsumsinya. Keempat vitamin jenis vitamin yang disebutkan diatas adalah dari anggota vitamin B kompleks, yaitu jenis vitamin larut dalam air, yang berperan penting untuk metabolisme, fungsi sistem saraf pusat, kesehatan kulit, dan DNA, hormon dan pembentukan sel darah merah. Bandeng juga mengandung jejak riboflavin, asam folat, dan vitamin A. Namun ikan bandeng ini tidak banyak mengandung vitamin C, D, E, dan vitamin K.
Kandungan mineral

3 ons jumlah sajian ikan bandeng menawarkan sebesar 25% fosfor dan selenium, yang harus dikondsumsi oleh orang dewasa setiap hari. Fosfor adalah mineral penting yang menjadi bagian integral dari oksigenasi sel darah merah, sementara itu selenium sangat penting untuk kelenjar tiroid dan fungsi kekebalan tubuh. Bandeng juga mengandung jejak mineral penting lain yaitu kalsium, zat besi, kalium dan seng.
Perlu dipertimbangkan

Satu porsi bandeng mengandung sekitar 20% lemak jenuh, 19 % kolesterol, dan 9% dari total lemak, dan MayoClinic.com menyarankan bagi orang dewasa untuk membatasi konsumsinya setiap hari. Meskipun bandeng mengandung lebih banyak lemak, namun yang 60%nya adalah lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, termasuk asam lemak omega-3, yang terkait dengan penurunan kadar trigliserida darah, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan gejala atrithis.
Saran mengolah bandeng

Untuk menurunkan kadar lemak dan kalori, metode memasak yang dibutuhkan adalah menggoreng dengan sedikit minyak, termasuk mengukus dan memanggang.
Peringatan

Bandeng adalah jenis ikan yang sama seperti semua ikan pada umumnya, merupakan tambahan yang bagus untuk setiap diet. Namun hanya mengkonsumsi ikan saja setiap hari bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral. JIka Anda merencanakan diet menurunkan berat badan, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi Anda.

source
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-11702465_f520.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

KACANG PANJANG


Kacang Panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan.
Nilai gizi kacang panjang (mentah) per 100 g (3.5 oz)
Energi 196 kJ (47 kcal)
Karbohidrat 8 g
Diet serat 3,6 g
Lemak 50 g
Protein 200 g
Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa. Sumber: USDA Nutrient database

Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori, 50 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%). Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV vitamin A, dan 5% DV kalsium. (Persen nilai harian berdasarkan diet 20000 kalori nilai harian individu bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori masing-masing.)

wikipedia
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

BAWANG PUTIH

Kandungan gizi bawang putih adalah sebagai berikut..
  • Vitamin C
  • Mineral P. Ca dan K
  • Fe dan Vitamin B

Berikut manfaatnya bagi kesehatan..

  1. Mengobati Diabetes. Bawang putih sangat bermanfaat untuk mengontrol jumlah kadar gula pada darah. Oleh sebab itu, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang ini.
  2. Melancarkan peredaran darah. Salah satu manfaat bawang putih adalah melancarkan peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.
  3. Mengontrol berat badan. Bawang putih memiliki kandungan yang dapat membantu menekan nafsu makan kita. Di samping itu, bawang ini akan membantu kita dalam memacu metabolisme sehingga kalori dalam tubuh akan dibakar dan hasilnya akan membantu menurunkan berat badan.
  4. Menyembuhkan penyakit kulit. Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat anti radang, karena mampu melawan infeksi dan bakteri. Oleh sebab itu, bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit pada kulit.
  5. Mengobati radang. Bawang putih mengandung anti peradangan, bagi anda yang sedang demam dan mengalami radang tenggorokan, dengan mengunyah bawang ini akan melancarkan tenggorokan.
  6. Mengatasi keracunan. Bawang putih mengandung Antidioksida yang mampu untuk membantu menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh.
  7. Meredakan nyeri. Manfaat bawang putih yang lain adalah dipercaya dapat meredakan nyeri pada otot dengan cara mengompreskannya ke bagian yang terasa nyeri. Terutama bagi anda penderita arthritis.
  8. Menyembuhkan luka. Orang-orang jaman dahulu sering menggunakan bawang sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan luka-luka, dengan cara menaruh bawang yang sudah dihancurkan di atas luka tersebut dan dibalut dengan perban.
  9. Menghilangkan gatal karena jamur. Dengan merendam bagian tubuh yang terserang jamur kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan cincangan bawang putih. Bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.
  10. Menyembuhkan sariawan. Kandungan suplemen yang dimiliki bawang putih dapat membantu proses penyembuhan sariawan, dengan sifat alaminya yang anti inflamasi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sariawan.
  11. Pertolongan pertama pada keracunan merkuri. Bawang putih sangat berguna untuk meringankan keracunan merkuri. Namun, itu semua hanya untuk pertolongan pertama saja, untuk selanjutnya segera lakukan perawatan intensif dari dokter.
  12. Menghilangkan jerawat. Bawang putih adalah obat alami yang dapat menghilangkan jerawat di wajah, karena memiliki anti oksidan yang mampu membunuh bakteri. Gosokkan bawang putih perlahan-lahan ke bagian jerawat dengan rutin maka jerawat anda akan berkurang.
  13. Menyuburkan rambut. Kandungan alicin yang tinggi yang ada pada bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah pada rambut rontok. Caranya adalah menggosokkan irisan bawang putih ke kulit kepala dan pijat hingga merata.

source
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-khasiat-bawang-putih.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

PARE



Pare adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pare mengandung energi sebesar 29 kilokalori, protein 1,1 gram, karbohidrat 6,6 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 45 miligram, fosfor 64 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Pare juga terkandung vitamin A sebanyak 180 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 52 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Pare, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 77 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Pare :

Nama Bahan Makanan : Pare
Nama Lain / Alternatif : Paria
Banyaknya Pare yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Pare yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 77 %
Jumlah Kandungan Energi Pare = 29 kkal
Jumlah Kandungan Protein Pare = 1,1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Pare = 0,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Pare = 6,6 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Pare = 45 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Pare = 64 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Pare = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Pare = 180 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Pare = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Pare = 52 mg
Khasiat / Manfaat Pare : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : P
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :
Riset/penelitian pada Pare yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Pare ini. Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Pare ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih.






Organisasi.org
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-karela_1kg.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

JAHE



Manfaat jahe yang merupakan rempah pilihan para ibu untuk dijadikan bumbu masak bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Jahe (Zingiber officinale) adalah salah satu rempah berbentuk rimpan yang mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia dengan berbagai varietas seperti:
  • Jahe Gajah: Dinamakan seperti demikian karena bentuk rimpang yang besar namun rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas layaknya jahe jenis lain. Daging jahe berwarna kuning hingga putih. Jahe gajah atau jahe badan merupakan varian jahe yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.
  • Jahe Kuning: Merupakan jenis jahe yang lebih sering dijadikan bumbu masakan untuk masyarakat lokal. Hasil masakan yang diberi bumbu jahe akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran rimpang lebih kecil dibanding jahe gajah dan memiliki warna kuning.
  • Jahe Merah: Jahe jenis ini menyimpan kandungan minyak atsiri paling banyak dibanding jenis lain, karena rasanya yang pedas dari jahe merah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Rimpang berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe biasa.


Jahe Gajah


Jahe Kuning


Jahe Merah

Khasiat Tanaman Jahe untuk Kesehatan

Tanaman jahe yang telah dibersihkan juga sering dikonsumsi bapak-bapak dalam bentuk air seduhan untuk menghangatkan tubuh, misalnya ketika mendapat tugas ronda di kampung. Dari situ banyak industri yang meneliti lebih jauh tentang jahe agar bisa dikemas berbentuk produk seperti kopi jahe atau wedang jahe bermerek.

Pada akhirnya para ahli pengobatan tradisional ikut melakukan serangkaian riset terhadap rimpang ini sebagai tumbuhan obat karena mendengar banyaknya khasiat dibalik rasa pedas jahe bagi kesehatan. Dan terbukti akan manfaat jahe untuk menangani banyak penyakit.

Manfaat Jahe

Berikut ini merupakan bahasan mengenai manfaat jahe selain menghangatkan tubuh:

1. Menurunkan berat badan
Di dalam tubuh jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

2. Menjaga kondisi jantun
Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

3. Mengatasi mabuk perjalanan
Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual.

4. Mengatasi gangguan pencernaan
Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin.

5. Mengatasi morning sickness
Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

6. Mencegah kanker usus
Salah satu universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

7. Mengobati sakit kepala
Seharian bekerja dapat memicu stres berlebih yang berisiko terserang penyakit lain. Maka dari itu sepulang ngantor coba santai di taman sambil menikmati hangatnya wedang jahe dan roti bakar, otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

8. Mengobati alergi
Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.

9. Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin
Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

10. Mengobati penyakit rematik
Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik. Itulah manfaat jahe untuk mengobati rematik.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

Manfaat Lain dari Jahe:
  • Obat radang sendi.
    Pengontrol gula darah yang baik untuk penderita diabetes.
    Menghilangkan gatal pada tenggorokan.
    Melancarkan sistem peredaran darah
    Membasmi bakteri atau zat berbahaya yang menginap dalam tubuh, khususnya bagian perut, usus dan lambung.
    Menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan kuat.
    Obat kompres untuk menurunkan suhu tubuh.
    Mengobati migrain (sakit kepala sebelah).
    Menghilangkan batuk berdahak dan kering.
    Mengatasi masalah perut kembung akibat usus terkena iritasi.
    Mengobati sakit gigi dengan cara berkumur.
    Meringankan rasa nyeri ketika datang bulan.
    Meredakan rasa nyeri pada otot akibat mengangkat beban berlebihan.
    Mengatasi jerawat dengan mengaliri atau mengoleskan pada wajah.
    Mencegah peradangan sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis dan osteorarthritis.
    Mengobati luka terkena bisa ular.

Sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-jahe.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #9   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi yang Terkandung dalam Berbagai Makanan/Minuman

Pepaya


Pepaya Indonesia


Pepaya Callina (Pepaya Kalina)


Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat pepaya bagi kesehatan penting sekali terutama untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, mengurangi risiko kesehatan, bahkan mendukung kecantikan kulit seperti berikut :

1. Anti inflamasi

Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

2. Menguatkan sistem imun

Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

3. Menyehatkan tulang

Kekurangan asupan vitamin K banyak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Pada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

5. Mencegah Penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin dalam pepaya membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium, yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium , merupakan perubahan pola makan yang paling penting, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.

6. Pencernaan

Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

7. Mencegah Degenerasi Makula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

9. Pencegahan Asma

Risiko untuk mengembangkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang banyak terkandung dalam pepaya. Seperti yang juga terdapat pada manfaat brokoli, manfaat melon, labu dan manfaat wortel.

10. Mengurangi Berat Badan – Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Selain memberikan efek yang baik terhadap kesehatan fungsi tubuh, terdapat beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan seperti berikut :

Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.
Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

Potensi Resiko Kesehatan di Dalam Buah Pepaya

Meskipun manfaat bauah pepaya ini cukup melimpah, namun terdapat resiko kesehatan yang harus diwaspadai. Seseorang yang alergi terhadap bahan lateks, mungkin akan alergi terhadap pepaya karena pepaya mengandung chitanases, yang sering menyebabkan reaksi silang terhadap lateks atau pada makanan yang mengandung zat tersebut

Asupan diet keseluruhan atau pola makan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Tentu saja, mengkonsumsi bahan makanan yang beragam, akan lebih baik daripada berkonsentrasi pada jenis makanan tertentu, sebagai kunci kesehatan yang seimbang.

sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-pepaya.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Jahe & Pepaya)

DURIAN





Fakta dan Mitos Durian

Buah durian adalah buah tropis yang memiliki julukan raja buah ini biasanya menjadi favorit jika musim panennya tiba. Beberapa orang mungkin tidak menyukai durian karena baunya yang sangat kuat, tapi sebagian orang yang lain justru menantikan kehadiran buah ini pada setiap musimnya. Bagi mereka yang menyukainya, biasanya cenderung sulit untuk berhenti mengkonsumsinya. Banyak mitos kesehatan yang berkembang sekitar buah yang berduri ini, diantaranya ada yang mengatakan bahwa buah durian tinggi kolesterol, meningkatkan lib*do, dsb. Benarkah?…

Berikut Fakta dan mitos buah durian
Fakta

Fakta #1 : Durian dapat menyebabkan penambahan berat badan

Rata-rata durian dengan berat yang mendekati 1 kg akan memberikan sekitar 1.350 kalori. Makan satu buah durian sudah mencukupi sekitar 68% dari kebutuhan kalori yang disarankan untuk orang dewasa rata-rata yaitu 2.000 kalori. Satu biji durian saja, yang memiliki berat sekitar 40 g, memiliki sekitar 54 kalori. Jadi bagi orang yang sedang diet menurunkan berat badan, maka durian bisa menggagalkan tujuan Anda.

Fakta #2 : Durian kaya akan nutrisi

Durian adalah sumber yang secara alami kaya akan kalium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan demikian raja buah-buahan ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan menjaga tekanan darah, mencegah kesulitan BAB, dan menyehatkan kulit. Hal ini juga mendukung sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh yang baik, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Fakta #3 : Orang dengan diabetes harus membatasi makan durian

Jika Anda dengan diabetes serta harus menghitung asupan karbohidrat Anda, maka Anda tidak bisa makan banyak-banyak buah durian karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Durian mengandung jenis gula sederhana, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa.

Fakta #4 : Durian cepat membangkitkan energi

Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, maka durian bisa membantu mengisi kembali energi yang rendah dengan cepat (pada orang sehat). Kandungan kalium yang tinggi pada buah ini juga bisa membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi stres dan kecemasan .
Mitos

Mitos #1 Durian sangat tinggi kolesterol

Hal ini sama sekali tidak benar. Durian mengandung 0 (nol) kolesterol. Kolesterol adalah zat yang ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Perlu diketahui bahwa semua buah-buahan, sayuran, bijian, atau makanan dari sumber tanaman tidak mengandung kolesterol. Durian justru menyediakan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan jantung, bahkan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL).

Mitos #2 : Jika makan durian, makan harus makan manggis untuk mengurangi panas dalam yang ditimbulkannya

Menurut kepercayaan, manggis adalah buah yang bersifat mendinginkan, sehingga akan mengurangi tingkat panas dalam yang mungkin bisa ditimbulkan oleh durian. Tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung kepercayaan ini. Kebiasaan makan durian dan manggis secara bersama-sama mungkin karena dua buah ini selalu panen pada waktu atau musim yang sama.

Mitos #4 : Makan durian dan minum bir menyebabkan kematian

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kedua makanan ini merupakan perpaduan yang mematikan. Namun kombinasi ini bisa menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan ketidaknyamanan, karena hati harus bekerja lebih keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alk*hol pada bir, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Mitos #5 : Makan durian dapat meningkatkan lib*do Anda

Panas dari buah durian memang bisa menyebabkan suhu tubuh naik, tapi hal ini bukanlah afrodisiak.
Underline :

Walaupun banyak mitos yang berkembang disekitar buah durian, tapi yang jelas itu adalah buah yang bergizi. Dan jika dimakan dalam jumlah yang cukup, durian akan memberikan bagi tubuh kita vitamin, mineral, dan lemak sehat. Namun beberapa hal harus diperhatikan, sebagai berikut :
  1. Makan 2 atau 3 biji saja sudah cukup memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan, dan apapun jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang buruk.
  2. Jangan mengkonsumsi buah durian yang sudah terlalu matang, karena akibat fermentasi, buah ini menjadi mengandung alk*hol. Jadi, hal ini menjadikan durian sebagai salah satu makanan yang perlu diwaspadai oleh wanita hamil dan orang dengan tekanan darah yang tinggi.



Sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-durian.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Konsultasi Gizi (Status Gizi, Kebutuhan Asupan Makan, diet dll….) her_is_mine Kesehatan 6


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.