Mohon disable addblok untuk situs ini, lalu klik reload

Please disable addblok for this site, then click reload
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #21   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Rebung)

Jamur Tiram



oyster mushrooms contain significant levels of zinc, iron, potassium, calcium, phosphorus, vitamin C, folic acid, niacin, and vitamins B-1 and B-2.

Jika kita membicarakan jamur, yang sering terlintas pertama kali di benak orang awam adalah beracun. Namun, faktanya ada beberapa jamur yang dapat dikonsumsi dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah jamur tiram. Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh, ternyata tak hanya untuk mengenyangkan perut, namun berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung asam amino esensial yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berbagai manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh ini akan dibahas lengkap di bawah ini. Simak, ya!

Manfaat jamur tiram bagi kesehatan

Pengendali Kolestrol Jahat

Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Namun, yang membedakannya adalah kandungan kolestrol 0% di dalamnya. Kelebihan jamur tiram dibanding dengan daging adalah jamur tiram dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolestrol jahat pada tubuh. Pada penelitian yang dilakukan oleh United Statates Drugs and Andmiration juga membuktikan bahwa mengonsumsi jamur tiram secara rutin dapat menurunkan kadar koletrol jahat pada tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jamur tiram satu ini sudah dapat dibuktikan oleh para ahli kesehatan. Kandungan vitamin C dalam jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung magnesium yang juga baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut membuat beberapa ahli merekomendasikan mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga.


Membantu Melawan Radikal Bebas

Jamur tiram mengandung senyawa yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh yakni riboflamin, niacin dan selenium. Antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.

Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Bagi wanita hamil yang sedang membutuhkan nutrisi yang lebih, bisa mengkonsumsi jamur tiram. Manfaat jamur tiram untuk ibu hamil yakni sebagai asupan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan dalam sehari-hari agar tumbuh kembang janin semakin baik.

Penghancur Virus Tumor

Zat besi terdapat pada jamur tiram memiliki peranan penting yang membantu pertumbuhan limfosit. Senyawa ini berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tumor atau virus penyakit. Bagi kaum adam, setidaknya harus mengkonsumsi 8 miligram zat besi setiap harinya sedangkan untuk wanita membutuhkan 18 miligram. Satu cangkir jamur tiram memiliki prosentasi 12 persen dari asupan sehari-hari untuk pria dan 6 persen bagi wanita.

Sumber Protein Alternatif

Jamur tiram mengandung asam amino yang sangat lengkap. Karena itulah, protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5-30.4% yang berarti lebih tinggi dari beras yang hanya 7.3% dan gandum yaitu 13.2%. bahkan, yang lebih mencengangkan adalah kandungan protein dalam jamur tiram bisa lebih tinggi dari pada susu sapi yang mencapai 25.2%.

Membantu Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Zat ergosterol pada jamur tiram akan berubah menjadi vitamin D saat terkena sinar ultraviolet. Peran dari vitamin D disini untuk mengataur enzim kekebalan tubuh dan mengatur berbagai gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel di dalam tubuh. Vitamin D pada jamur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

Pencegah Penyakit Kanker Payudara

Pada jamur terdapat beta-glucan dan asam linoleat. Untuk Beta-glucan sendiri dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Sedangkan asam linoleat memiliki peran untuk menekan timbulnya efek estrogen yang menyebabkan kanker payudara pada kaum hawa setelah menopause.

Anti Bakteri

Pada jamur tiram apabila saat dikonsumsi ternyata memiliki aktivitas antibakteri yang cukup signifikan. Seperti informasi yang diambil dari studi pada tahun 1997 yang diterbitkan oleh “Journal of Agricultural and Food Chemistry.” Mengatakan bahwa, senyawa benzaldehida aktif pada jamur tiram dapat mengurangi tingkat bakteri yang menyebabkan stres.

Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Jamur mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Karena dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 kali porsi dalam sehari dapat menurunkan resiko kanker prostat.

Dapat Mengatasi Liver

Fungsi utama dari hati adalah sebagai penawar racun dan jikatidak di jaga dengan baik akan beresiko terkena penyakit liver. Salah satu fungsi jamur tiram sebagai antibakterial dan antitumor yang dapat sebagai penawar racun yang terdapatdalam tubuh.

Dapat Menurunkan Badan

Jamur memiliki kandungan protein yang tinggi akan tetapi memiliki kalori dan kolesterol yang rendah serta memiliki kandungan air yang tinggi hingga 80 %. Jamur juga kaya akan serat sehingga dapat menurunkan berat badan.

Nah, mulai sekarang Anda tidak perlu mempunyai pikiran bahwa jamur itu beracun atau jamur hanya sebagai pilihan camilan yang mengenyangkan. Setelah mengetahui khasiat jamur tiram di atas, Anda dapat menganggap jamur tiram sebagai salah satu makanan yang bergizi.

Selain itu, ternyata manfaat jamur tiram bagus untuk ibu hamil karena mengandung gizi yang cukup tinggi untuk pertumbuhan janin dalam kandungannya. Intinya tumbuhan yang identik dengan warna putih ini berfungsi untuk menekan kolesterol jahat.

Sumber
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   
       





    #22   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Jamur Kancing dan Jamur Tiram)

KEJU





Bagi sebagian orang, keju adalah makanan yang perlu dihindari karena kandungan lemak dan sodium di dalamnya. Tapi, keju juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sebagian orang mungkin menyukai keju bahkan menjadikannya camilan, tapi ada juga sebagian orang justru merasa takut untuk mengonsumsinya.

Keju merupakan produk makanan yang terbuat dari susu yang memiliki beragam bentuk dan rasa sesuai dengan susu yang digunakan. Oleh karena itu, keju masih memiliki beberapa kandungan yang hampir sama dengan susu yang digunakan tersebut.
Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan Anda ragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat keju bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui
Keju mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena ibu adalah sumber nutrisi bagi bayi, jadi selama masa kehamilan dan menyusui, Anda boleh mengonsumsi keju agar membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Terlebih lagi pada wanita hamil, dalam sehari setidaknya dibutuhkan 300 kalori untuk pembentukan bayi pada trimester kedua.
Cobalah untuk mengkombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti brokoli, buah, sup, atau roti. Dan selalu pilih keju yang menggunakan susu yang sudah melalui proses pasteurisasi atau sudah disterilkan, hindari keju yang menggunakan susu mentah.
Manfaat keju untuk kesehatan gigi
Kandungan kalsium, fosfor, dan protein yang ada di dalam keju baik untuk kesehatan gigi. Meski belum 100 persen penelitian menyatakan hal tersebut, namun beberapa studi mengklaim bahwa keju seperti keju mozarella dan cheddar dapat membantu dalam pencegahan kerusakan atau kerapuhan gigi.
Manfaat keju untuk kesehatan
Sebuah penelitian menunjukkan anak perempuan yang secara teratur mengonsumsi keju memiliki densitas tulang yang lebih padat daripada mereka yang tidak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan suplemen atau vitamin.

Selain beberapa manfaat di atas, keju juga diduga bisa menjadi salah satu cara melindungi diri Anda dari kanker, terhindar dari obesitas jika yang dikonsumsi rendah lemak dan tidak berlebihan, serta merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung.
Keju dan Cara Sehat Menikmatinya

Keju memiliki beragam jenis dan bentuk. Seperti keju semi-lembut, keju keras, keju segar, keju biru, keju yang bagian kulitnya dicuci, dan keju yang diproses. Setiap keju ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, misalnya keju cottage yang termasuk ke dalam jenis keju segar memiliki banyak kasein yaitu protein yang dibutuhkan jaringan otot, dan beberapa jenis keju lainnya memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibanding dengan yang lainnya.

Guna mendapatkan hasil yang lebih sehat, ada baiknya Anda lebih meneliti kualitas kandungan yang ada di dalamnya dibandingkan seberapa banyak keju yang Anda konsumsi. Pilihlah keju rendah lemak jika Anda ingin menghindari kalori serta lemak yang tinggi.

Setelah memilih keju mana yang Anda konsumsi, cobalah untuk mencampurkan keju dengan beragam makanan sehat lainnya seperti daging tanpa lemak, buah dan sayuran. Misalnya mencampurkan krim keju rendah lemak dengan brokoli dan salmon, keju-semi lembut dengan apel, ataupun dengan potongan roti dan dada ayam.

Keju tidak hanya enak, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi keju dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium, protein, fosfor dan vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan tubuh. Namun, keju juga mengandung kalori dan lemak. Oleh karena itu, tetaplah cermat dalam memilih dan mengonsumsi keju.

sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-kejunutri.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #23   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Keju)

JERUK







Buah jeruk mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, serat, kalium, fruktosa, limonoid, Polyphonel, Karetonoid, Flavonoid, Beta karotin, gula, dan karbohidrat.
Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh
1. Mencegah Kanker

Buah jeruk dapat mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker kulit, kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker usus besar. Kemampuan buah jeruk mencegah penyakit kanker karena jeruk memiliki kandungan D-limonene yang merupakan senyawa anti kanker.
2. Menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang bermasalah dengan kadar kolesterol maka konsumsi buah jeruk setiap hari merupakan solusi murah untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, karena buah jeruk memiliki kandungan Pectin dan Hesperidin yang terkandung didalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol.
3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi Anda yang mempunyai masalah tekanan darah tinggi, konsumsi buah jeruk secara rutin dianjurkan karena berdasarkan penelitian buah jeruk mampu menurunkan tekanan darah tinggi melalui kandungan Hesperidin dan Magnesium yang terkandung didalamnya.
4. Mengurangi radang sendi dan otot kaku

Bagi Anda yang sedang menjalani masa pemulihan fisioterapi akibat patah tulang disarankan memakan buah jeruk karena dapat mengurangi kekakuan otot sehingga masa pemulihan Anda bisa berjalan lebih cepat.

5. Menjaga fungsi otak

Buah jeruk memberikan manfaat pada otak anda karena kandungan asam folat yang berdasarkan penelitian membantu perkembangan otak.
6. Daya tahan tubuh terhadap penyakit

Buah jeruk kaya citamin C yang dapat merangsang produksi sel darah putih sehingga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.
7. Antioksidan

Buah jeruk dapat menangkal radikal bebas. Dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk, maka anda akan terlihat awet muda dan mencegah potensi penuaan dini.
8. Menurunkan resiko kanker hati

Jeruk diyakini dapat menurunkan resiko potensi kanker hati karena kandungan karetonid yang terdapat didalamnya.
9. Memelihara kesehatan Jantung

Konsumsi buah jeruk diyakini mampu mencegah penyakit detak jantung tidak beraturan atau kardiak artimia, karena kandungan kalium didalamnya yang berperan menjaga detak jantung berjalan normal.
10. Terhindar dari infeksi bakteri

Melawan infeksi virus berkat kadar polyphenol yang terdapat dalam buah jeruk.
11. Mengobati sembelit dan sulit BAB

Mengatasi sembelit dan masalah susah BAB berkat kandungan serat yang ada dalam buah jeruk.

Selain itu, khasiat jeruk bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu :

Menyehatkan fungsi mata berkat karotenoid yang baik untuk fungsi mata.
Menetralkan kadar keasaman dalam tubuh.
Karbohidrat yang baik bagi yang menjalani diet. Buah jeruk memiliki kadar glikemik indeks yang rendah sehingga jeruk dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat tanpa meningkatkan berat badan.

Buah jeruk dapat dikonsumi mentah maupun dibuat jus jeruk. Cara membuat jus jeruk yaitu siapkan dua buah jeruk lalu kupas kulit kemudian blender dan tambahan air secukupnya lalu satu sendok madu sebagai pengganti gula alami yang baik untuk tubuh Anda.

Sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-orangenutri.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #24   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Keju)

BLACK GARLIC / BAWANG HITAM






KOMPAS.com - Black garlic atau bawang putih hitam, kini menjadi bahan makanan sehat yang tengah naik daun. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar swalayan. Namun, apa sebenarnya manfaat utama bawang putih berwarna hitam ini?

Bawang putih hitam merupakan bahan makanan kuno. Pertama kali dibuat di Korea sekitar 4.000 tahun, dan kini kembali digemari oleh pelaku gaya hidup sehat maupun ahli gizi. Para ilmuwan juga telah menemukan banyak manfaat kesehatan yang tidak ditemukan dalam bawang putih biasa.

Bawang putih hitam diolah melalui proses penuaan yang berlangsung sekitar 3 minggu. Diproses dalam kondisi lembab dan panas untuk membentuk karamel pada daging bawang, termasuk membentuk rasa yang lebih kuat. Gula dan asam amino menghasilkan melanoidin, membuat daging bawang putih menjadi hitam.

Proses penuaan menguatkan manfaat kesehatan tradisional bawang putih, yang mencakup memerangi demam, menurunkan tekanan darah, dan detoksifikasi tubuh dari logam berlebih.

Namun, bawang putih hitam dinilai mampu melakukannya lebih baik lagi. Berikut beberapa khasiat utamanya:


Tinggi Antioksidan

Sebuah studi “Antioxidant Effect of Garlic and Aged Black Garlic in Animal Model of Type 2 diabetes Mellitus” menemukan, bahwa bawang putih hitam memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi ketimbang bawang putih biasa.

Tingginya kandungan tersebut, dapat digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes. Antioksidan sendiri mampu melindungi integritas sel dan telah dikaitkan dengan menunda tanda-tanda penuaan.


Menurunkan Kolesterol

Bawang putih hitam mengandung konsentrasi tinggi dari senyawa S-allylcysteine, yang telah ditemukan mampu menurunkan kadar Kolesterol.

"Selama proses fermentasi, senyawa allicine (yang membuat bawang putih mentah berbau khas) berubah menjadi s-allcysteine," kata ahli gizi Robert Hobson.

Penelitian juga menemukan, penurunan kadar lipid dan Kolesterol pada tikus yang diberi diet bawang putih hitam.


Mencegah Kanker Usus

Sebuah 2014 studi yang dimuat dalam Spandidos Publications menemukan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua dapat menghambat pertumbuhan jalur perkembangan kanker usus besar.

Hal ini menunjukkan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua mungkin dapat digunakan dalam pencegahan dan pengobatan kanker usus besar di masa depan.
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #25   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

MERICA






Merica adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Merica mengandung energi sebesar 359 kilokalori, protein 11,5 gram, karbohidrat 64,4 gram, lemak 6,8 gram, kalsium 460 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 17 miligram. Selain itu di dalam Merica juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,2 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Merica, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Merica :

Nama Bahan Makanan : Merica
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Merica yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Merica yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Merica = 359 kkal
Jumlah Kandungan Protein Merica = 11,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Merica = 6,8 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Merica = 64,4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Merica = 460 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Merica = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Merica = 17 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Merica = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Merica = 0,2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Merica = 0 mg
Khasiat / Manfaat Merica : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : M
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :
Riset/penelitian pada Merica yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Merica ini. Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Merica ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih.

Organisasi.org

17 Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan

Manfaat lada putih bagi kesehatan telah terkenal semenjak dahulu kala dan hingga saat ini telah menjadi perhatian dunia medis internasional. Lada putih banyak di produksi di daerah bangka belitung sebuah pulau indah di Indonesia yang merupakan penghasil lada terbesar saat ini.

Lada putih merupakan rempah rempah yang penuh dengan khasiat hingga dapat digunakan untuk obat luar maupun untuk obat dalam. Berikut adalah beberapa manfaat lada putih yang dapat dirasakan untuk kesehatan.

1. Lada putih membantu mengurangi arthritis

lada putihLada putih mengandung capsaicin yang juga dimiliki dalam cabai, hal ini memiliki sifat antiinflamasi. Oleh karena itu, lada putih sangat bermanfaat bagi semua orang yang memiliki arthritis dan menderita pembengkakan otot dan nyeri.

2. Lada putih membantu menurunkan berat badan

Lada putih sendiri memiliki khasiat seperti lada hitam yaitu membantu dalam membakar lemak dalam tubuh sehingga membantu dalam menurunkan berat badan. Sehingga lada putih menjadi solusi penurunan berat badan alami karena berisi capsaicin di dalamnya.

3. Lada putih dapat mengobati kanker

Dalam penelitian yang dilakukan di University of Nottingham Amerika pada Association of Cancer Research, Capsaicin yang ada didalam lada putih dapat membunuh beberapa sel kanker. Temuan ini menjadi sangat bermanfaat dalam penyembuhan kanker prostat. Namun, penelitian lebih lanjut tentang hal ini tetap dilakukan.

4. Lada putih dapat menyembuhkan sakit kepala

Lada putih ternyata dapat membantu dalam mengobati sakit kepala. Rasa sakit di kepala terjadi ketika neuropeptida yang merupakan zat yang mengirimkan rasa sakit ke otak. Namun, capsaicin dapat menghalangi transmisi ini dan dengan demikian mengurangi gejala sakit kepala.

5. Lada putih dapat mengobati batuk

Dengan mengkonsumsi bubuk lada putih ditambah dengan sedikit madu akan bisa menjadi obat batuk alami. Madu dan lada putih jika digabungkan akan memiliki sifat antibiotik dan juga menghasilkan panas. Sehingga dua bahan ini dapat mengurangi batuk.

6. Lada putih dapat mengurangi hidung tersumbat

Seperti juga denga lada hitam, panas yang dihasilkan oleh lada putih dapat membantu seseorang yang tersumbat saluran hidung nya. Karena sifat antiinflamasi yang dimiliki dapat melawan infeksi saluran hidung dengan membersihkan saluran udara dan sehingga membantu satu bernapas dengan benar.

7. Lada putih dapat mencegah luka lambung

Konsumsi lada putih dapat membunuh bakteri sebagai penyebab tukak di lambung dan usus. Selain itu membantu mencegah penyakit perut seperti sakit perut.

8. Lada putih dapat mengontrol tekanan darah

Lada putih kaya akan flavonoid, vitamin C dan vitamin A dimana hal ini sangat membantu dalam menjaga tekanan darah. Individu yang memiliki tekanan darah tinggi dan masalah terkait dengan tekanan darah dapat mempertimbangkan lada putih dalam diet harian mereka.

9. Lada putih dan kesehatan jantung

Lada putih dapat menyebabkan seseorang berkeringat banyak, sehingga mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh. Fakta bahwa terlalu banyak cairan di dalam tubuh terutama di sekitar jantung, dapat membuat beban pada jantung dan membuat fungsi jantung bertambah buruk. Selain itu bisa menyebabkan retensi air dalam tubuh, biasanya dapat disertai dengan kesulitan bernafas karena tekanan yang berlebihan pada paru-paru. Oleh karena itu, untuk kelebihan cairan dari tubuh dapat dikurangi dengan mengkonsumsi lada putih.

10. Lada putih dan kandungan antioksidan

Karena flavonoid dan vitamin dalam lada putih memiliki sifat antioksidan. Hal ini membuat lada putih melawan organisme yang masuk ke dalam tubuh dan merusak sel-sel di dalamnya. Selain itu tingginya kandungan antioksidan di lada putih, dapat mengurangi garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik gelap, yang merupakan beebrapa tanda-tanda dari penuaan. Menggunakan lada putih dalam diet sehari-hari dapat membantu terlihat cantik dan lebih muda.

11. Lada putih dapat meningkatkan pencernaan

Yang unik dari lada putih adalah dapat merangsang selera makan seperti lada hitam dan mengirim sinyal ke lambung untuk mensekresi asam klorida, asam yang penting untuk pencernaan makanan.

12. Lada putih dapat mengobati sakit gigi

Lada putih dikenal dapat memberikan bantuan sakit gigi bila digunakan dengan minyak cengkeh atau garam meja.

13. Lada putih dapat mencegah perut kembung

Lada putih diketahui memiliki sifat karminatif, karena yang mencegah pembentukan gas dalam usus. Hal ini terjadi karena lada meningkatkan sekresi asam klorida dan membantu agar pencernaan lebih efektif.

14. Lada putih dan manfaatnya untuk kulit

Hal ini tidak dianjurkan untuk diterapkan pada kulit secara langsung, karena sifat panasnya. Tapi ketika dikonsumsi secara teratur, dapat membantu beberapa masalah kulit dan membuat kulit lebih terawat. Penggunaan lada putih atau bubuk lada hitam pada kulit dapat mencegah dari sinar UV yang berbahaya dari matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit dan penyakit kulit lainnya. Namun, dianjurkan untuk mencari pendapat dari ahli kulit untuk lebih lanjut.

15. Lada putih dapat digunakan sebagai scrub

Sama dengan lada hitam, Lada putih adalah dapat digunakan untuk membuat scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit. Gunakan lada putih segar yang telah dilumatkan. Penggunaan scrub ini merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan racun dari kulit agar kulit lembut dan bercahaya. Pada saat yang sama, karena sifat antioksidan pada lada juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen di kulit sehingga tampak segar.

16. Lada putih untuk mengobati ketombe

Lada putih dan hitam dianggap bahan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah ketombe. Kombinasikan lada putih dengan yogurt plain dan menerapkan campuran ini pada kulit kepala. Cuci campuran dengan air setelah setengah jam dari pengolesan tersebut. Campuran ini dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Jangan biarkan campuran ini dalam waktu yang lama karena bisa membakar kulit kepala. Selain lada putih memiliki sifat panas sehingga efektif dalam mengobati ketombe. Pada saat yang sama, juga menjadi obat yang berguna untuk revitalisasi rambut.

17. Lada putih dapat merevitalisasi rambut

Manfaat lada putih juga bekerja sebagai revitalizer untuk rambut bila digunakan dalam kombinasi dengan lemon. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan biarkan selama 10-15 menit. Kemudian mencuci rambut, maka hal ini dapat membuat rambut lebih berkilau.

Demikianlah kita telah membahas manfaat lada putih. Semoga artikel ini membantu wawasan anda untuk lebih mengenal bahan-bahan yang ada disekitar kita dan dapat menggunakannya dengan lebih maksimal. Selamat mencoba.

Sumber
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





    #26   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

Nangka



Manfaat nangka untuk kesehatan

1. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.

2. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.

4. Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.

5. Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.

6. Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

7. Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.

8. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

9. Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.

10. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Merdeka
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





    #27   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

DAGING SAPI








Kandungan gizi daging sapi yang cukup lengkap, membuatnya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seperti kita ketahui bersama, daging sapi ini tergolong kedalam daging merah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Daging sapi bisa dibilang lebih spesial dari pada daging kambing. Sebab daging satu ini tidak memiliki bau menyengat atau prengus. Sehingga sangatlah cocok apabila kita olah menjadi masakan-masakan yang lezat.

Manfaat daging sapi untuk kesehatan

Biasanya daging sapi diolah menjadi berbagai macam kuliner. Sebut saja seperti dendeng, rendang, steak, bistik, sate, dan masih banyak lagi. Untuk bisa membuat olahan kuliner tersebut, tidak semua bagian daging sapi bisa Anda gunakan. Sebab ada beberapa bagian yang kurang pas apabila diolah menjadi sebuah kuliner.

Mengenal Bagian Daging Sapi Berdasarkan Kegunaanya

Seperti yang telah saya singgung diatas, tidak semua daging sapi bisa diolah menjadi sebuah sajian kuliner. Sebut saja iga sapi, dia tidak cocok diolah menjadi sajian kuliner sate, tetapi lebih cocok manakala kita olah menjadi sup berkuah.


Dengan mengetahui bagian daging sapi berdasarkan kegunaannya diatas, maka kita dapat menyajikan kuliner lezat dari daging sapi untuk keluarga tercinta.

Kandungan Gizi Daging Sapi

Daging sapi tidak hanya lezat diolah menjadi berbagai macam kuliner saja, namun jenis daging merah satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaat daging sapi ini bisa kita dapatkan dari kandungan gizi di dalamnya.

Apa saja kandungan gizi daging sapi yang sebenarnya? berikut beberapa gizi yang akan kamu dapatkan dari konsumsi daging sapi:

- Kalori
- Protein
- Zat besi
- Selenium
- Seng dan zinc
- Vitamin B kompleks
- Omega 3


Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan Berdasar Kandungan Gizinya

Ada banyak sekali khasiat daging sapi yang bisa kita dapatkan, mulai dari mencegah penyakit sampai mengobatinya. Berikut beberapa manfaat daging sapi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

1. Zat besi

Zat besi termasuk kedalam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Tanpa zat besi, tubuh tidak akan mampu memproduksi sel-sel darah secara optimal. Sehingga akan menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah).

Maka dari itu, cegahlah anemia dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin. Selain dapat mencegah dan mengatasi anemia, konsumsi zat besi yang cukup juga bermanfaat untuk:

- Mencegah bayi dalam kandungan lahir cacat
- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- Meningkatkan semangat belajar
- Mengoptimalkan proses metabolisme
- Mengatasi lemas, lesu, dan nyeri saat haid

2. Protein

Seperti kita ketahui bersama, daging sapi cukup terkenal dengan kandungan protein di dalamnya. Kandungan protein di dalam daging sapi termasuk kedalam jenis protein hewani.

Ada banyak sekali manfaat daging sapi berkat adanya protein ini, mulai dari meningkatkan kecerdasan anak sampai dengan membentuk masa otot.

3. Selenium

Selenium termasuk kedalam antioksidan yang cukup baik untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh kita terhadap serangan penyakit. Sebenarnya kandungan selenium yang tinggi tidak hanya terdapat pada daging sapi saja, tetapi juga terdapat daging kambing dan telur.

4. Seng dan zinc

Apakah kamu memiliki masalah seputar reproduksi? Jika benar, maka konsumsilah daging sapi secara rutin. Menurut penelitian yang dilakuka oleh WHO, daging sapi mengandung senyawa seng dan zinc yang cukup tinggi. Kedua kandungan gizi daging sapi inilah yang menjadikannya sangat bermanfaat untuk menjaga sistem reproduksi pria dan wanita.

Untuk pria, kandungan seng dan zinc dapat membuat kualitas sperma menjadi meningkat. Sedangkan untuk wanita sangat berperan dalam menjaga sel telur dan menormalkan siklus mentruasi.

5. Vitamin B Kompleks

Manfaat daging sapi selanjutnya berasal dari kandungan nutrisi vitamin B kompleks. Menurut para ahli gizi, kandungan vitamin B kompleks sangatlah baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak) agar dapat bekerja secara maksimal. Dengan kata lain, khasiat daging sapi untuk kecerdasan sangatlah besar.

6. Omega 3

Kandungan gizi daging sapi yang terakhir adalah asam lemak omega 3. Manfaat omega 3 ada banyak sekali, mulai dari menjaga kinerja jantung, hati, dan bagian otak.
Dalam 150 gram daging sapi mengandung sekitar 30 gram asam lemak omega 3. Oleh sebab itu, jika ingin tubuh dan otak tetap bekerja secara optimal, konsumsilah daging sapi secara rutin setiap harinya.

Jenis-Jenis Daging Sapi

Daging sapi memang mengandung manfaat dan gizi yang cukup lengkap, namun jangan sampai kamu salah pilih, karena ada beberapa jenis daging sapi yang memiliki perbedaan dalam hal rasa dan penampilan. Perbedaan-perbedaan ini muncul disebabkan karena pakan/makanan sapi tersebut.

- Daging sapi wagyu

Daging sapi jenis wagyu memiliki ciri khas khusus yakni bintik putih halus yang merupakan lemak yang teranyam disepanjang dagingnya. Efek anyaman yang cukup unik ini disebut juga dengan lemak otot (marbling). Daging sapi jenis satu ini terkenal sebagai daging premium, sebab dia memiliki tekstur lebih empuk dan rasa yang sangat lezat.

Untuk mendapatkan kadar lemak otot (marbling) yang tinggi, sapi wagyu digemukkan selama kurang lebih 300 s.d 600 hari. Penilaian mengenai kualitas daging sapi wagyu sendiri berdasarkan banyaknya lemak pada otot. Semakin banyak lemak otot pada daging, maka kualitas daging tersebut akan semakin tinggi atau baik.

Daging yang memiliki lemak otot (marbling) tersebut tergolong favorit di kalangan masyarakat. sebab teksturnya yang lembut dapat dengan mudah lumer di mulut. Namun untuk bisa menikmati daging sapi wagyu, kamu harus merogoh kocek yang lebih besar.

- Daging sapi pemakan rumput (Grass Fed)

Bagi kamu yang ingin menikmati daging sapi tanpa lemak, maka daging sapi pemakan rumput atau grass fed bisa menjadi pilihan terbaik. Biasanya daging sapi jenis ini diternak pada padang rumput yang cukup luas.

Tidak perlu cemas mengenai rasa dari daging sapi grass fed. Daging ini juga memiliki tekstur empuk dan rasa lumayan lezat. Selain itu, karena tidak mengandung lemak tinggi, daging ini cocok juga untuk mendukung progam diet.

- Daging sapi pemakan biji-bijian (Grain Fed)

Daging sapi pemakan biji-bijian cenderung memiliki warna yang lebih merah dan konsisten. Sedangkan kandungan lemaknya, daging sapi grain fed tergolong tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (standar).

Dalam hal rasa, daging sapi pemakan biji-bijian jauh lebih gurih dan empuk dari pada kedua jenis diatas. Biasanya daging jenis satu ini banyak digunakan untuk bahan sate, sup, rendang, dan masih banyak lagi.

Sapi pemakan biji-bijian diternak selama beberapa hari. Namun biji yang diberikan tidak sembarangan, karena para pemiliknya biasanya akan mengatur kandungan gizi yang terdapat pada biji-bijian tersebut. Adapun jenis biji-bijian yang sering digunakan sebagai makanan sapi antara lain seperti sorgum, gandum, berley, dan jagung.

Tips Memilih Daging Sapi Segar Berkualitas

Memilih daging sapi bukan perkara yang mudah, terlebih sekarang ini banyak sekali beredar daging sapi kurang berkualitas yang dijual oleh para pedagang. Oleh sebab itu, bagi kamu yang masih awam ketahuilah ciri-ciri daging sapi berkualitas agar tidak mudah tertipu oleh pedagang nakal tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips memilih daging sapi berkualitas baik yang bisa kamu pelajari selengkapnya.

- Perhatikan warna daging

Daging sapi segar dan berkualitas tentunya berbeda dengan daging sapi yang sudah busuk atau tidak layak konsumsi. Cara termudah untuk mengetahui kualitas daging sapi adalah melalui warnanya.

Pilihlah daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Hindarilah daging sapi yang berwarna pucat apalagi kotor, sebab biasanya daging tersebut telah busuk dan kurang berkualitas.

- Tekstur daging

Daging sapi berkualitas memiliki tekstur yang lebih kenyal. Untuk mengetahuinya, kamu dapat menekan daging tersebut dengan jari. Apabila teksturnya kenyal dan kembali ke bentuk semula, maka kualitas daging tersebut baik.

Akan tetapi setelah disentuh daging tidak kembali seperti semula, jangan beli daging tersebut. Karena biasanya daging sapi lembek sudah tidak layak dikonsumsi lagi.

- Bau atau aroma

Ciri daging sapi segar memiliki bau atau aroma yang khas “sapi” dan segar. Kamu bisa mengetahui aroma tersebut dengan cara menciumnya. Jika terasa bau asam apalagi busuk, hindari daging tersebut dan cari yang lain.

- Tidak berair

Sekarang ini banyak sekali beredar daging sapi suntik, dimana daging tersebut telah disuntik air oleh pedagang agar lebih berat dari pada sebelumnya. Daging seperti ini tidak bagus untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, hindarilah membeli daging sapi yang banyak mengandung air. Namun jika menemukan daging sapi yang mengandung cairan mirip darah, kamu bisa membelinya.

- Cek sertifikat halal

Tips memilih daging sapi terakhir adalah melihat sertifikat halal. Ini hanya berlaku apabila kamu membeli daging sapi di swalayan atau supermarket. Karena biasanya daging yang dijual di pasar tradisional tidak mencantumkan sertifikat halal.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba daging sapi? Itulah sajian informasi seputar manfaat daging sapi berdasarkan kandungan gizinya secara lengkap. Untuk mendapatkan semua manfaat daging sapi diatas, olah dan konsumsi daging sapi dengan baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga informasi diatas bermanfaat, salam!

Sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-dagsap.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #28   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

DAGING AYAM





Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta mengurangi risiko kanker.

Ayam adalah hewan unggas yang paling umum di seluruh dunia, dan telah diternakkan dan dikonsumsi sudah selama ribuan tahun lalu. Hingga abad ke-19, ayam masih hanya dipelihara di rumah tangga, dengan tujuan untuk daging serta diambil telurnya. Dan pada akhir dari ke-19 dan awal abad ke-20, peternakan ayam rumahan menjadi cikal bakal peternakan ayam untuk tujuan bisnis, karena permintaan pasar yang terus meningkat. Skala peternakan ayam yang besar telah memunculkan banyak varian ayam untuk meningkatkan produksi ayam. Beberapa varian baru yang telah dikembangkan, beberapa di antaranya adalah ayam Amerika, Mediterania, Inggris, Asiatic, Plymouth Rock, Wyandotte, Rhode Island Red, New Hampshire, Black Cochin, Leghorn, dll Fakta kandungan gizi daging ayam Menurut USDA, 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K. Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan: Kandungan protein yang tinggi: Ayam adalah salah satu bahan makanan berprotein tertinggi. Jumlah protein daging ayam adalah 18 g per 100 g ayam, ini sangat tinggi. Protein sangat penting dalam diet sehat kita. Protein yang ada pada ayam adalah asam amino yang bermanfaat untuk membangun blok otot kita. Nilai yang disarankan kebutuhan protein dalam diet harian adalah 1 g per 1 kg berat badan, atau 0,4 g protein per pon berat badan. Jumlah ini bagi orang yang normal. Untuk atlet, kebutuhan harian protein adalah sekitar 0,6 g menjadi 0,9 g per kg, yang lebih dari dua kali lipat kebutuhan rutin.

umber vitamin dan mineral penting: Ayam bukan hanya sumber protein yang sangat baik, tetapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik juga. Vitamin dan mineral yang ditemukan pada ayam sangat banyak, dan berguna untuk berbagai proses dalam tubuh kita. Misalnya, vitamin B berguna untuk katarak, gangguan kulit, kekebalan tubuh, kelemahan, pencernaan, sistem saraf, migrain, gangguan jantung, rambut beruban, kolesterol tinggi, diabetes, dll. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Vitamin A membantu menjaga penglihatan mata, dan mineral seperti zat besi sangat membantu untuk pembentukan hemoglobin, aktivitas otot, mencegah anemia. Kalium dan natrium adalah elektrolit, fosfor sangat membantu dalam menanggulangi kelemahan, kesehatan tulang, fungsi otak, perawatan gigi dan metabolisme tubuh. Berat badan: Diet dengan kandungan protein yang tinggi telah diketahui efektif mengurangi berat badan, dan ayam menyediakan kandungan protein yang tinggi. Studi dan percobaan telah menunjukkan bahwa kontrol berat badan yang signifikan ditemukan pada orang-orang yang makan ayam. Kontrol tekanan darah: Konsumsi ayam telah ditemukan juga berguna dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini diamati pada orang dengan gangguan hipertensi. Meskipun begitu, diet juga harus terdiri dari kacang-kacangan, produk diet rendah lemak dengan sayuran dan buah-buahan. Mengurangi risiko kanker: Studi telah menemukan bahwa pada pemakan non-vegetarian, konsumsi daging merah, daging babi / ham yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Sedangkan pada ayam dan ikan, risiko mengembangkan kanker kolorektal akan diturunkan di kemudian hari. Penelitian menunjukkan bahwa makan daging ayam menempatkan risiko yang lebih rendah, daripada makan daging merah, meskipun bukti-bukti yang ada tidak begitu meyakinkan. Mengurangi resiko penumpukan kolesterol: Jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang ditemukan dalam daging merah seperti daging sapi, babi dan domba jauh lebih tinggi daripada apa yang ditemukan dalam daging ayam, ikan dan sayuran. Dengan demikian, American Heart Association telah menyarankan untuk mengkonsumsi ayam atau ikan sebagai pengganti daging merah, untuk menurunkan resiko perkembangan penyakit jantung, kolesterol dan lainnya. AHA juga mengatakan bahwa konsumsi ayam atau ikan juga harus dibatasi, karena konsumsi yang lebih tinggi juga dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung.

Meringankan gejala Flu: Sup ayam hangat juga dapat membantu meringankan pilek, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Beberapa langkah-langkah keselamatan yang harus dilakukan saat membeli ayam. Daging ayam juga paling dikenal banyak membawa bakteri atau virus yang bisa membahayakan kesehatan. Perlakuan daging ayam yang baik sebelum dikonsumsi adalah langkah terbaik untuk menjauhkan kita dari resiko tertular panyakit. Ini adalah beberapa aturan dan rekomendasi yang ditetapkan oleh USDA untuk memastikan distribusi yang aman dan konsumsi ayam. Ayam bisa menjadi baik segar atau beku, menurut aturan USDA, daging ayam segar adalah bahwa di mana unggas mentah belum dibekukan di bawah 26 ° F atau -3.3 ° C. Sedangkan daging unggas mentah yang telah diselenggarakan pada suhu 0 ° F atau -17,8 ° C harus diberi label beku atau sebelumnya beku. Menurut USDA, ada hormon pertumbuhan yang digunakan saat beternak ayam. Di sisi lain, antibiotik digunakan untuk mencegah penyebaran atau pengembangan infeksi mikroba dan penyakit. Dan mengharuskan penarikan penggunaan antibiotik 1 minggu sebelum pemanenan ayam, sehingga tidak ada antibiotik yang tertinggal dalam daging ayam. USDA juga menentukan suhu di mana ayam dapat disimpan atau tidak harus disimpan. Pada suhu antara 40 ° F dan 140 ° F, bakteri bisa mulai berkembang biak pada ayam. Pembekuan tidak bisa membunuh bakteri, tetapi akan menghentikan bakteri berkembang biak penyebab daging ayam membusuk.Hanya dengan memasak daging ungga secara menyeluruh dengan suhu di atas 165 ° F atau 73,9 ° C akan membunuh bakteri dalam daging ayam. Beberapa bakteri yang dapat ditemukan pada ayam seperti Salmonella, Staphylococcus aureus, Campylobacter jejuni, Listeria monocytogenes dan Escherichia coli. USDA juga merekomendasikan untuk mencuci tangan dan membersihkan permukaan untuk menghindari infeksi bakteri. Daging Unggas mentah, daging merah dan ikan harus disimpan secara terpisah untuk menghentikan penyebaran bakteri kepada makanan lain.

Sumber


FYI:

Berbahaya! Jangan Cuci Daging Ayam Mentah

Nyatanya kebiasaan itu keliru. Mencuci daging ayam mentah tidak membunuh kuman sama sekali, justru berisiko menyebarkan bakteri ke permukaan perabot dapur, pakaian dan peralatan makan Anda.
Menurut penelitian, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mencuci daging unggas mentah dapat menyebarkan bakteri dan meningkatkan risiko keracunan makanan pada tubuh. Bakteri yang dimaksud adalah kampilobakter. Bakteri ini menjadi salah satu penyebab paling umum seseorang mengalami keracunan makanan.

Selain kampilobakter, daging ayam mentah juga berpotensi mengandung bakteri lainnya seperti Salmonella, E. Coli, dan enterokokus.
Bahaya Terinfeksi Kampilobakter
Ketika terinfeksi bakteri kampilobakter, gejala yang akan dirasakan adalah sakit perut dan diare. Gejala muncul dua hingga lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kondisi bisa menyebabkan komplikasi jika orang yang terinfeksi adalah anak-anak, orang tua, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan rendah seperti pengidap HIV dan kanker.

Komplikasi yang dapat terjadi akibat infeksi kampilobakter adalah:
  • Infeksi menyebar ke organ tubuh lain seperti sendi, hati dan pankreas.
  • Keracunan darah atau septikemia.
  • Keguguran pada ibu hamil.
  • Sindrom Guillain-Barre (kelainan langka yang menyebabkan kerusakan pada sistem saraf).

Kasus yang ringan biasanya bisa ditangani di rumah tanpa perlu perawatan medis. Namun, segera ke dokter jika mengalami gejala-gejala ini:
  • Kejang-kejang.
  • Muntah lebih dari dua hari atau ada darah dalam muntahan.
  • Diare selama lebih dari tiga hari atau ada darah di tinja Anda.
  • Penglihatan ganda.
  • Bicara tidak jelas.
  • Perubahan mental.
  • Tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, mata cekung, kurang buang air kecil.

Tips Mengelola Daging Ayam Mentah
Daging ayam mengandung protein tinggi dan banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B6 yang berguna untuk tubuh. Jangan biarkan “tamu tidak diundang” ikut masuk ke dalam tubuh Anda. Berikut ini bisa menjadi tips-tips yang dapat berguna dalam memasak dan menyimpan daging ayam yang masih mentah.
  • Cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan setelah menyentuh daging ayam mentah dan peralatan masak. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran.
  • Daging ayam mentah tidak perlu dibilas dengan air karena semua bakteri akan mati saat proses memasak. Mencuci daging hanya akan meningkatkan risiko penyebaran bakteri.
  • Sebaiknya Anda memiliki peralatan masak tersendiri untuk mengelola daging mentah agar bakteri tidak ikut tersebar ke makanan lainnya, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Daging ayam mentah harus dimasak hingga matang, jangan sampai menyisakan daging yang masih berwarna merah muda.
  • Pastikan semua bagian diperiksa kematangannya, terutama pada bagian kaki. Bagian tersebut membutuhkan waktu terlama dibandingkan yang lainnya.
  • Penyimpanan daging ayam mentah harus diperhatikan. Selalu simpan di wadah yang bersih dan tertutup.
  • Jika Anda ingin mencairkan daging ayam beku, lebih baik cairkan di dalam kulkas ketimbang mendiamkannya di area dapur. Anda juga bisa mencairkannya dengan merendamnya di air dingin jika daging berada di dalam kemasan plastik.
  • Daging ayam mentah biasanya bisa bertahan dua hingga tiga hari. Tapi jika sudah berbau tidak sedap, maka daging sudah tidak bisa dikonsumsi.

Kegiatan mencuci makanan tidak selamanya bermanfaat dalam menyingkirkan kuman. Upayakan untuk memasak makanan Anda dengan sempurna karena ini adalah cara yang paling efektif.

Sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-dagyam.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #29   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

DAGING KAMBING







Daging kambing termasuk kedalam jenis daging merah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. di daerah Meksiko dan India, masyarakatnya sudah mengonsumsi daging satu ini sejak berabad-abad lamanya.

Sedangkan di Indonesia sendiri daging kambing banyak diolah menjadi sate, gulai, sup, dan beragam olahan kuliner lezat lainnya. Sebenarnya rasa dari daging kambing sangatlah lezat, apalagi apabila dibuat menjadi sate, tetapi banyak orang yang menghindari daging tersebut karena takut kolesterol dan tekanan darah akan naik (hipertensi).

Kandungan Gizi Daging Kambing

Meskipun banyak yang menghindari daging satu ini, namun tidak menutup kemungkinan manfaat daging kambing bagi kesehatan tidak ada, malahan beberapa ahli berpendapat kandungan gizi daging kambing yang lengkap sangatlah baik untuk kesehatan.

Apa saja kandungan gizi daging kambing yang sebenarnya? Dikutip dari
Nutritiondata.com, berikut kandungan nutrisi daging kambing per 100 gram:

- Kalori: 234 kalori dari lemak sebesar 100
- Lemak: 11 gram (dapat memenuhi 17 % kebutuhan harian)
- Lemak jenuh: 5 gram (26 %)
- Kolesterol: 109 mg (mencukupi 36 % kebutuhan harian)
- Sodium: 135 mg (mampu mencukupi 6 % kebutuhan harian) dan masih banyak lagi.


Kandungan gizi daging kambing diatas hanya sebagian kecil dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi-nutrisi itulah yang menjadikan manfaat daging kambing untuk kesehatan sangatlah besar. Berikut informasi selengkapnya mengenai khasiat daging kambing tersebut.

Khasiat dan Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga kesehatan jantung

Apakah kamu sering mendengar orang berkata daging kambing dapat meningkatkan kolesterol? Itu sebenarnya adalah anggapan yang salah. Karena sebenarnya setiap 100 gram daging kambing hanya mengandung 1 gram kolesterol.

Daging kambing tidak akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, malahan daging merah ini membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah arteroklerosis, penyakit jantung koroner, dan masih banyak lagi.

2. Mencegah kanker

Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium yang cukup tinggi. kandungan kolin dan selenium tersebut dapat menangkal serangan kanker mamatikan dalam organ tubuh kita.

Selain itu, daging kambing juga termasuk daging yang mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA). Dimana kandungan asam tersebut mampu mencegah adanya peradangan penyebab kanker dan tumor ganas.

3. Menurunkan berat badan

Siapa yang ingin berat badannya turun? Jika kamu salah satunya, maka konsumsilah daging kambing secara rutin. Daging merah satu ini mengandung protein tinggi dengan lemak cukup rendah. Sehingga akan membantu mengontrol berat badan dan mencegah obesitas atau kegemukan.

Tidak hanya sampai disitu saja, konsumsi daging kambing ternyata juga bisa meningkatkan metabolisme pembakaran dalam tubuh kita lho. Mengingat daging ini mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk membantu pembakaran kalori dan lemak.

4. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat terjadi karena zat besi dalam tubuh mengalami penurunan. Manfaat daging kambing selanjutnya adalah meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin) tersebut.

Kandungan zat besi dalam daging kambing cukup tinggi, bahkan bisa dibilang lebih tinggi dari pada kandungan zat besi dalam telur yang notabenya sudah terkenal sejak dulu.

5. Mencegah bayi lahir cacat

Masih terkait khasiat daging kambing untuk anemia, kandungan zat besi tersebut dapat juga mencegah bayi lahir cacat. Hal ini terjadi karena kandungan zat besi tersebut mampu mencegah anemia pada bayi dan ibu hamil. Sehingga pertumbuhan janin tersebut akan berjalan secara optimal.

Untuk mendapatkan manfaat daging kambing bagi ibu hamil diatas, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin mulai dari masa kehamilan 3 bulan pertama. Selain mencegah bayi lahir cacat, kandungan mineral alami lainnya juga dapat mengoptimalkan suplai darah dari ibu ke janin.

6. Mengurangi nyeri saat haid/menstruasi

Biasanya para wanita yang sedang mengalami haid, mereka akan merasakan nyeri yang begitu dahsyat. Nyeri tersebut sebenarnya wajar, mengingat ketika haid zat besi dari tubuh banyak terbuang.

Untuk memenuhi kandungan zat besi dan mengurangi rasa nyeri, kamu bisa mengonsumsi daging kambing secara rutin setiap harinya. Dengan demikian, kebutuhan zat besi untuk tubuh dapat terpenuhi secara optimal.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daging kambing selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Daging kambing tidak hanya mengandung vitamin B, kolin, dan selenium saja, tetapi daging tersebut juga mengandung vitamin B12 cukup tinggi.

Menurut para ahli, kandungan vitamin B12 akan membantu menjaga kesehatan kulit kita. Mulai dari menjaga kekencangan kulit, mengatasi panu, menghilangkan bulu, dan masih banyak lagi.

8. Mencegah autisme, stres, dan depresi

Daging kambing mengandung senyawa omega 3 yang cukup tinggi, kandungan tersebut tersinergi secara sempurna bersama dengan vitamin B12. Omega 3 bermanfaat untuk mencegah anak autis. Karena salah satu kandungan gizi daging kambing tersebut mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat/otak pada anak.

Sedangkan kandungan vitamin B12, sangatlah baik untuk menenangkan pikiran dan mengatasi stres/depresi berat.

9. Mencegah penyakit stroke dan ginjal

Manfaat daging kambing untuk pencegah stroke dan ginjal sebenarnya sangatlah besar, tetapi banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Manfaat ini dapat muncul disebabkan karena daging tersebut mengandung kalium yang tinggi, serta kandungan sodium dan natrium yang rendah.

Kalium akan membantu melarutkan sodium dan natrium dalam tubuh. Dimana penimbunan natrium dan sodium ini biasanya menimbulkan stroke dan penyakit batu ginjal.

10. Sumber energi yang cukup besar

Lemak, protein, dan kalori dalam daging kambing lumayan tinggi. Kandungan ini akan membuat tubuh kita tetap fit selama menjalani aktivitas sehari-hari. Menariknya lagi, kandungan protein yang tinggi dari daging tersebut juga bermanfaat untuk membantu mengontrol berat badan secara optimal.

11. Menjaga kesehatan tulang

Tidak bisa kita pungkiri memang, manfaat daging kambing untuk tulang dan gigi sangatlah besar. Daging tersebut mengandung senyawa kalsium yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

Selain itu setiap 100 gram daging kambing juga mengandung fosfor sebanyak 272 mg. Kandungan fosfor tersebut menurut para ahli gizi dapat mencukupi 27 % kebutuhan harian. Manfaat fosfor sendiri adalah mampu menjaga kekuatan gigi dan tulang kita.

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Inilah manfaat daging kambing terakhir yang bisa kamu dapatkan. Diperkaya dengan kandungan selenium, daging kambing bisa dibilang mengandung antioksidan cukup tinggi. Seperti kita ketahui bersama, kandungan antioksidan sangatlah baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit.

Tips Konsumsi Daging Kambing Dengan Benar

Memang manfaat daging kambing diatas sangatlah besar, akan tetapi konsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

- Aturan konsumsi untuk orang normal (sehat): kamu bisa mengonsumsinya secara rutin maksimal 1x sehari, setiap makan usahakan jangan lebih dari 100 gram.

- Aturan konsumsi untuk tubuh kurang fit: sebaiknya batasi konsumsi daging kambing, terutama dalam bentuk sate. Kamu bisa mengonsumsi daging kambing 2 Minggu sekali @50 gram saja.

Efek Samping Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila kamu mengonsumsi daging kambing secara berlebihan, berikut ini ada beberapa efek samping yang mungkin bisa menyerang:

- Hipertensi (tekanan darah tinggi): sebab kandungan zat besi kambing yang terlalu tinggi akan meningkatkan tekanan darah.

- Kolesterol: meskipun hanya 1 gram, tapi jika sehari kamu konsumsi 100 gram daging kambing, maka seminggu kolesterol akan meningkat drastis.

- Diabetes: beberapa penderita diabetes tidak dianjurkan konsumsi daging ini. mengingat daging kambing dapat meningkatkan kadar gula darah.

Cara Memilih Daging Kambing Sehat Kualitas Terbaik

Menurut Food and Safety Inspection Service (FSIS), cara memilih daging kambing sehat sebenarnya sama dengan pemilihan daging domba. Sebab kedua daging ini memiliki tekstur, warna, dan kandungan yang hampir mirip.

Daging kambing berkualitas baik, ditkamui dengan warna pink merah, tegas, daging halus dengan lemak putih terdistribusi (menyebar), dan terlihat segar. Apabila kamu menemukan daging kambing selain kriteria diatas, usahakan jangan membelinya.

Itulah informasi seputar manfaat daging kambing dan efek sampingnya bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, intinya adalah daging kambing sebenarnya sangatlah bermanfaat asalkan dikonsumsi tidak berlebihan. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan semua manfaat daging kambing diatas, konsumsilah sesuai aturan yang berlaku. Salam.

Sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-dagmbing.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #30   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)

KURMA







Manfaat dari kurma diantaranya bebas dari masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain. Kurma juga sangatlah baik untuk menaikkan berat badan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa ahli kesehatan berkata bahwa mengkonsumsi satu buah kurma per hari diperlukan untuk pola makan yang seimbang dan sehat.

Manfaat kesehatan dari kurma telah menjadikan buah ini sebagai bahan baku terbaik untuk perkembangan otot. Orang-orang mengkonsumsi kurma dalam berbagai cara; mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega untuk menjadikannya lebih nikmat. Adonan kurma bermanfaat bagi orang dewasa dan anak-anak, khususnya pada masa pemulihan dari cedera atau sakit.

Berdasarkan survey dari pengobatan modern, kurma sudah diakui membantu proses pencegahan kanker abdomen. Banyak orang Muslim berbuka puasa dengan makan kurma dan minum air sesuai dengan tradisi agama mereka. Berbuka puasa dengan makan kurma membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir. Saat tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung pada kurma, rasa lapar juga hilang. Dan juga, sistem syaraf dapat terbantu dengan mengkonsumsi kurma, karena sistem syaraf memiliki potassium dalam jumlah yang tinggi.

Kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma dapat meningkatkan energi dalam waktu 30 menit bagi yang mengkonsumsinya. American Cancer Society merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari, yang dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma. Mengkonsumsi 1 buah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata anda seumur hidup. Kurma dikenal cukup efektif melindungi mata dari rabun senja.

Nilai Nutrisi dari Kurma

Kurma merupakan sumber beragam vitamin dan mineral. Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

1. Konstipasi: kurma seringkali dikategorikan sebagai makanan pencuci perut. Inilah sebabnya mengapa kurma sering dikonsumsi oleh orang yang menderita konstipasi. Untuk mencapai efek pencuci perut yang diinginkan, rendamlah kurma dalam air semalam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam sehingga menjadi seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar, sehingga dapat menyembuhkan gejala konstipasi.

2. Kesehatan dan Kekuatan Tulang: kandungan mineral yang sangat tiggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium; seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah. Jadi makanlah kurma dan rasakan manfaatnya pada tulang anda.

3. Gangguan Usus: kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus. Untuk masalah pencernaan, kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien, yang berarti lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.

4. Anemia: kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, yang bermanfaat untuk bermacam kondisi kesehatan, namun kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia. Kandungan tinggi zat besi menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga, dan disaat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.

5. Alergi: salah satu aspek paling menarik dari buah kurma adalah kandungan sulfur organik yang dimilikinya. Elemen ini bukanlah elemen umum yang bisa ditemukan pada makanan, namun memiliki manfaat kesehatan yang bermanfaat, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. Menurut penelitian di tahun 2002, kandungan sulfur organic dapat memiliki dampak positif pada penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis), yang mempengaruhi 23 juta penduduk Amerika Serikat. Kurma merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman dikarenakan kontribusi sulfur yang berasal dari kurma.

6. Menaikkan Berat Badan: kurma perlu diikutsertakan ke dalam pola makan sehat. Kurma mengandung gula, protein, dan vitamin penting lainnya. Jika kurma dikonsumsi bersama dengan adonan mentimun, anda bisa menjaga berat badan anda tetap normal, seimbang, dan tidak terlalu kurus. Satu kilogram kurma mengandung kurang lebih 3.000 kalori, dan kalori pada kurma cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. Tentu saja anda perlu mengkonsumsi makanan lain selain kurma. Jika anda memiliki tubuh kurus dan ingin meningkatkan berat badan anda, atau jika anda ingin mengolah otot tubuh anda untuk membuat seorang wanita terkesan, atau tubuh anda menjadi lemah karena masalah medis yang serius – maka anda perlu mengkonsumsi kurma!

7. Meningkatkan Energi: kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma merupakan camilan yang sangat baik jika anda memerlukan tambahan energi dengan cepat. Banyak orang di dunia mengkonsumsi buah kurma sebagai camilan sore saat mereka merasa ngantuk dan letih.

8. Kesehatan Sistem Syaraf: kandungan vitamin pada kurma menjadikan kurma ideal untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf. Potassium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Oleh sebab itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang menua dan daya sistem syaraf mereka menurun, juga bagi orang-orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.

9. Kesehatan Jantung: kurma cukup membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Jika kurma direndam semalam, ditumbuk pada pagi hari, lalu dimakan, kurma akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah. Kurma juga merupakan sumber potassium yang kaya, dimana penelitian telah menunjukkan bahwa potassium mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Lebih lanjut, mengkonsumsi kurma disarankan sebagai cara yang menyehatkan dan lezat untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi 2 kali seminggi, buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung secara signifikan.

10. Masalah Seksual: penelitian menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk meningkatkan stamina seksual. Rendam kurma dalam susu kambing murni semalam, lalu giling dicampur dengan serbuk kapulaga dan madu. Campuran ini menjadi tonik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi sterilitas yang disebabkan oleh gangguan seksual. Penelitian ilmiah yang dilakukan pada kurma disebabkan oleh pemakaian tradisional kurma yang akhirnya memicu penelitian formal. Pada tahun 2006, Bahmanpour meneliti efek daun palem dan minyak palem terhadap fungsi seksual dan menemukan bahwa kandungan tinggi estradiol dan flavonoid dari kurma adalah hal yang meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan, juga membantu mengingkatkan ukuran dan berat testis. Jadi jika anda ingin menjadi lebih maskulin; makanlah kurma karena kurma merupakan obat seksual alami.

11. Rabun Senja: manfaat dari kurma sangatlah banyak, dan seringkali digunakan untuk mengobati kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan. Jika daun dari palem kurma ditumbuk dan dioleskan di sekitar mata, atau ketika kurma dimakan, terbukti kurma dapat mengurangi frekuensi rabun senja, dan solusi ini seringkali digunakan di daerah pedesaan dimana kurma ditanam untuk digunakan sebagai pengobatan alternatif.

12. Mengatasi Mabuk: kurma sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi mabuk karena alkohol. Kurma memberikan kelegaan dalam waktu yang cepat dan menyadarkan anda jika anda telah mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sangat banyak. Kurma juga bisa digunakan pada keesokan harinya untuk mencegah rasa pening akibat mabuk. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pijat dan rendam buah kurma semalam.

13. Diare: kurma yang ranum mengandung potassium, yang dikenal efektif untuk mengendalikan diare. Kurma juga mudah ditelan, yang membantu meringankan diare kronis. Serat terlarut pada kurma juga dapat membantu penyembuhan diare, dengan membantu kinerja usus dan mempromosikan fungsi sistem pembuangan yang normal dan sehat.

14. Kanker Abdomen: penelitian menunjukkan kurma sebagai cara yang diakui untuk mengurangi risiko dan dampak dari kanker abdomen. Kurma bekerja sebagai tonik yang bermanfaat bagi seluruh kelompok usia, dan dalam beberapa kasus, kurma bekerja lebih baik dibandingkan pengobatan tradisional, dan alami, sehingga tidak memiliki dampak negatif pada tubuh manusia. Kurma dapat dicerna dengan cepat dan mudah untuk memperoleh energi secara cepat. Meskipun kurma memiliki kandungan nutrisi yang besar, proses pemilihan kurma perlu diperhatikan karena permukaan kurma sangatlah lengket, yang menyebabkan beberapa hal yang tidak diinginkan menempel pada kulitnya. Oleh sebab itu, anda sebaiknya mengkonsumsi buah kurma yang diproses dan dikemas dengan benar. Pastikan juga untuk mencuci kurma sampai bersih sebelum anda memakannya, karena hal ini akan membantu membersihkan kotoran yang ada pada permukaan kurma.

Sumber
Attached Thumbnails
Kamus Gizi/Nutrisi (Latest Updated: Bawang Hitam)-kurma.jpg  
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.519
 
Reputasi: 356

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Konsultasi Gizi (Status Gizi, Kebutuhan Asupan Makan, diet dll….) her_is_mine Kesehatan 6


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.