Harga Minyak Mentah Brent Terpukul, WTI Hanya Naik Tipis

adidananto

New member
oil-wiki1-700x357.jpg



Harga minyak mentah di bursa komoditas Amerika Serikat di akhir perdagangan Rabu dini hari tadi masih melanjutkan kenaikan harian meskipun tipis (25/3). Sementara itu harga minyak mentah Brent justru ditutup melempem. Mixed harga minyak mentah disebabkan oleh dollar yang kembali menemukan pijakan untuk rebound pada perdagangan malam.

Harga minyak mentah Brent terpukul setelah dollar menghapuskan penurunan yang sempat terjadi dan ditutup menguat sebesar 0,4 persen terhadap euro dini hari tadi. Menguat kembalinya dollar mengakibatkan harga komoditas yang diperdagangkan dalam dollar menjadi relatif lebih mahal bagi pembeli luar negeri sehingga permintaanya melemah.

Akan tetapi pergerakan harga minyak WTI tampak terbantu oleh rilis data ekonomi Amerika Serikat yang cukup baik. Departemen Perdagangan AS mengumumkan bahwa penjualan rumah baru meningkat 7,8 persen menjadi 539 ribu unit bulan lalu.

Harga minyak mentah berjangka jenis WTI untuk kontrak Mei yang merupakan kontrak paling aktif saat ini ditutup masih di zona hijau. Harga minyak mentah tersebut menguat sebesar 6 sen atau 0,01 persen menjadi 47,51 dollar per barel.

Harga minyak mentah Brent untuk kontrak paling aktif yaitu Mei justru ditutup anjlok cukup dalam. Harga minyak mentah Brent melemah sebesar 1,5 persen dan ditutup di level 55,15 dollar. Harga sempat mencapai level harian terendah di 54,93 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini masih akan cenderung sideways dan terbatas. Meskipun masih tidak terlalu kuat, sentiment positif mulai menguasai pergerakan harga minyak mentah.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI kontrak April diperkirakan akan mengalami level resistance di 48,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 50,00 dollar. Jika terjadi pergerakan retreat sehingga harga melemah support akan ditemui pada posisi 46,00 dollar dan 45,00 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/03/25/harga-minyak-mentah-brent-terpukul-wti-hanya-naik-tipis/
 
Back
Top