Harga Karet Tocom Menguat Didukung Lompatan Harga Minyak

adidananto

New member
karet-tocom3.jpg



Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo Rabu pagi ini harga karet berjangka terpantau mengalami kenaikan yang masih cukup baik (26/3). Dollar AS yang makin terinjak seharusnya memberikan dorongan yang negative karena yen yang menguat menurunkan minat para investor untuk membeli asset dan komoditas dalam yen.

Akan tetapi sentiment negative berupa menguatnya nilai tukar yen tidak membuat kinerja karet yang menguat terganggu. Harga rebound setelah ditutup di teritori negative pada perdagangan Rabu sore. Dukungan kenaikan harga minyak mentah menjadi penyebab kenaikan harga komoditas di bursa Jepang tersebut.

Harga minyak mentah terangkat menguat dan mencapai posisi tertinggi dalam 5 minggu belakangan pada perdagangan hari ini. Capaian harga minyak tersebut disebabkan oleh kekhawatiran mengenai potensi gangguan pasokan akibat konflik yang terjadi di Yaman.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak September yang sudah menggantikan kontrak Agustus hari ini tampak bergerak menguat seiring dengan kenaikan kontrak-kontrak lainnya. Harga karet alami untuk kontrak tersebut menguat sebesar 0,70 yen atau setara dengan 0,33 persen dan berada di posisi 214,50 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk meanjutkan kenaikan. Lonjakan harga minyak mentah menjadi faktor fundamental yang kokoh untuk mendukung kinerja harga karet.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 217,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 220,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 211,00 yen dan 208,00 yen.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/03/26/harga-karet-tocom-menguat-didukung-lompatan-harga-minyak/
 
Motif Allan Nair Indonesia 2015

Ujug-ujug saja muncul si Allan Nairn. Entah apa motivasinya, entah apa maksudnya, tiba-tiba saja ia muncul dengan opininya soal Indonesia

Siapa sih si Allan ini?

Rupanya si Allan ini bukan tokoh baru memang dalam hubungannya dengan Indonesia. Menurut data dari Wikileaks, si Allan ini wartawan AS yang pernah dipenjara di Indonesia saat terjadi huru hara di Timor Timur.

Si Allan ini juga pendiri organisasi East Timor Action Network (ETAN), yang sukses memprovokasi lepasnya Timor Timur dari Indonesia. Si Allan dan ETAN ini rajin berteriak-teriak di dunia internasional mendukung kemerdekaan Timtim. Makanya, si Allan ini pernah dicap sebagai ancaman nasional Indonesia dan dilarang masuk Indonesia.

Berita Allan Nairn oleh TNI kemudian dibantah dengan adanya dua fakta, seperti yang dimuat di situs TNI yakni:

Pertama, bahwa sesuai dengan salah satu butir kesepakatan dalam MoU Helsinki, pasukan non organik TNI harus segera ditarik dari Provinsi NAD. Penarikan pasukan non organik dilaksanakan akhir tahun 2005 dan sejak tahun 2006 hingga sekarang tidak ada lagi pasukan non organik (termasuk Kopassus TNI AD) yang bertugas di Provinsi NAD.

Kedua, bahwa selama penyelenggaraan Pemilu tahun 2009, institusi TNI tidak pernah menerima laporan dari Polri atau Pengawas Pemilu yang menyatakan adanya prajurit Kopassus TNI AD yang melakukan pembunuhan terhadap rakyat sipil atau aktivis partai lokal di Provinsi NAD.

Bahkan kemudian TNI juga mempertanyakan, ada motif apa dibalik bidikan Allan Nairn terhadap Kopassus TNI tersebut.

Kalau dilihat dari jejak tulisan yang dimuat di blog Allan Nairn, banyak sekali tulisan-tulisannya yang memojokkan TNI, khususnya lagi terhadap satuan Kopassus. Maka, patut kiranya jika kemudian muncul pertanyaan, apa sebenarnya motif Allan Nairn?

Banyak orang berkata Allan Nairn ini menghantam TNI Indonesia. Sebetulnya kurang tepat. Yang dihantam Allan Nairn itu adalah Indonesia. Bukan sekedar TNI Indonesia saja. Allan Nairn itu adalah satu agen AS untuk melemahkan Indonesia. Jika Indonesia lemah, tentu perusahaan2 MNC AS seperti Freeport, Chevron, Exxon, dsb leluasa menguras kekayaan alam Indonesia.

http://allandaveblog.blogspot.com/
 
Back
Top